Pilih Mana: Aquaproof Vs No Drop? Ini Keunggulan Dan Kekurangan Masing-Masing

Mencegah kebocoran dan rembes pada rumah saat musim hujan adalah hal yang sangat penting. Selain merusak estetika rumah, kebocoran dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur bangunan dan bahkan membahayakan keselamatan penghuni rumah. Untuk mencegah hal ini, penggunaan waterproof atau pelapis anti bocor pada dinding dan atap rumah sangat disarankan.


Di Indonesia, ada dua merek cat waterproof yang sering dibandingkan yaitu Aquaproof dan No Drop. Keduanya terus melakukan inovasi untuk mendapatkan hati konsumennya. Mana yang lebih baik, Aquaproof Vs No Drop?

Aquaproof adalah merek cat waterproof yang sudah cukup dikenal di masyarakat Indonesia. Cat ini diklaim mampu mencegah kebocoran dan rembes pada dinding dan atap rumah, bahkan pada kondisi cuaca yang ekstrem sekalipun. Selain itu, Aquaproof juga diklaim tahan terhadap sinar UV sehingga tidak mudah pudar atau mengelupas.


Sementara itu, No Drop merupakan merek cat waterproof yang juga sudah cukup dikenal di Indonesia. Keunggulan dari cat ini adalah kemampuannya untuk menutupi dinding yang sudah bocor dengan sangat baik. Selain itu, cat ini juga tahan terhadap sinar UV dan tidak mudah pudar atau mengelupas.


Nah, pilih mana Aquaproof Vs No Drop? Simak penjelasannya di bawah ini.


Mengenal Aquaproof



Aquaproof terbuat dari acrylic dan berbahan dasar air, membuatnya sangat mudah digunakan. Pelapis ini tidak hanya berfungsi untuk mencegah kebocoran air, tapi juga memberikan lapisan dekoratif pada dinding samping rumah Anda. Anda tidak perlu khawatir tentang kondisi cuaca ekstrem karena Aquaproof mampu bertahan dalam kondisi hujan atau panas matahari yang terik.

Aquaproof memiliki sifat elastis yang cukup tinggi, yaitu 500% sampai 600%. Sifat elastis ini memungkinkan Aquaproof untuk menyesuaikan diri dengan kondisi cuaca dan geografis Indonesia yang beragam.

Fitur menarik lainnya dari Aquaproof adalah sifat thixotropic yang dimilikinya.

Sifat thixotropic pada Aquaproof membuatnya tidak menetes saat diaplikasikan pada permukaan dinding. Hal ini memudahkan penggunaan dan memberikan hasil aplikasi yang lebih baik. Anda tidak perlu khawatir tentang kebocoran atau tumpahan yang bisa merusak lantai atau furnitur di sekitarnya.


Baca juga: Rekomendasi Jasa Epoxy Lantai Murah Berkualitas Bagus


Kelebihan dan Kekurangan Aquaproof

Untuk bisa memilih Aquaproof Vs No Drop, sebaiknya pahami dulu kelebihan dan kekurangan cat Aquaproof berikut:


A. Keunggulan Aquaproof


Aquaproof merupakan salah satu produk cat pelapis yang memiliki keunggulan dalam mencegah kebocoran air pada dinding dan area lainnya. Berikut adalah beberapa keunggulan Aquaproof yang perlu Anda ketahui:


1. Sudah Terkenal

Aquaproof sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia melalui iklan yang menarik dan review pengguna yang positif. Produk ini telah menjadi prioritas utama bagi mereka yang mencari cat pelapis anti-bocor.


2. Elastis

Cat pelapis ini terbuat dari bahan polimer sintetis yang memiliki elastisitas teruji. Karena itu, Aquaproof cocok digunakan sebagai pelapis pada dinding bagian luar bangunan dan kawasan atap.


3. Mudah Digunakan

Aquaproof dapat diaplikasikan dengan menggunakan berbagai jenis alat, seperti kuas biasa dengan berbagai ukuran, roll cat, atau alat airless spray. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengaplikasikan cat pelapis ini.


4. Anti Retak

Keunggulan Aquaproof yang satu ini sangat berkaitan dengan elastisitasnya. Cat pelapis ini mampu menyerap ke bagian terluar dinding, termasuk bagian yang rentan retak. Sehingga, ketika air merembes dari dalam retakan, tidak akan terjadi kebocoran yang lebih parah.


5. Tahan Air

Aquaproof mampu menahan rembesan air dengan maksimal. Ketika air merembes pada dinding, material cat akan mencegahnya merembes ke bagian lain. Sehingga, kebocoran air pada dinding dapat dicegah dengan baik.

B. Kekurangan Aquaproof

Berikut ini adalah sejumlah kekurangan Aquaproof:

1. Menimbulkan Gelembung

Salah satu kekurangan Aquaproof adalah jika terlalu banyak menahan air yang merembes, dinding akan menghasilkan gelembung berisi air rembesan. Hal ini bisa terjadi pada permukaan dinding yang sering terkena hujan atau kelembaban tinggi. 

Gelembung-gelembung tersebut bisa mengganggu estetika ruangan dan bahkan menjadi tempat berkembangnya jamur atau bakteri.


2. Warna Terbatas

Cat Aquaoproof hanya tersedia beberapa pilihan warna. Bagi Anda yang ingin warna selain yang tersedia, maka harus menggunakan proses pencampuran warna menggunakan alat khusus.


Demikianlah beberapa keunggulan dan kekurangan Aquaproof. Sebelum membeli dan menggunakannya, sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi area yang akan diberi pelapis cat tersebut. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki, agar hasil yang didapatkan optimal dan memuaskan.


Mengenal No Drop


No Drop adalah salah satu brand cat pelapis anti bocor yang cukup populer di masyarakat. Sebagai pendatang baru di dunia waterproof, kehadiran No Drop memberikan warna yang lebih variatif sehingga dapat memberi fungsi lebih dari sekedar pelapis anti bocor.


No Drop memiliki beragam variasi produk di pasaran, mulai dari No Drop Wallguard yang bisa dipakai pada tembok kamar mandi, tembok samping rumah, hingga No Drop Roofer seperti atap seng/asbes, wuwungan, talang atau sambungan, dan atap beton. Cat ini sanggup menutup celah serta pori sebagai biang bocor, sehingga bisa mencegah rumah dari gangguan cuaca ekstrem seperti hujan dan banjir.

Baca juga: Kelebihan Dan 7 Pilihan Warna Cat No Drop Untuk Kamar Tidur


Kelebihan dan Kekurangan Cat No Drop




Untuk bisa memperbandingkan Aquaproof vs No Drop, silahkan cek penjelasan lengkapnya mengenai kelebihan dan kekurangan No Drop:

A. Keunggulan No Drop


No Drop memiliki berbagai keunggulan yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk melindungi rumah Anda dari bocor air. Berikut ini adalah beberapa keunggulan No Drop yang perlu Anda ketahui:


1. Tahan Cuaca

No Drop memiliki formula khusus yang membuatnya tahan terhadap cuaca apapun, bahkan saat kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Ini sangat penting terutama bagi pengguna yang tinggal di wilayah dengan cuaca yang mudah berubah, sehingga bisa membuat kondisi cat rumah menjadi bermasalah. Dengan menggunakan No Drop, rumah Anda akan terlindungi dari kebocoran air.


2. Bahan Resin Berkualitas

No Drop mengandung bahan resin berkualitas yang membuat kekuatan cat menahan rembesan air dari bagian dalam dinding maupun dari luar menjadi lebih maksimal. Karenanya, cat ini memiliki kualitas yang tahan lama, bahkan bertahun-tahun tanpa harus dilakukan pengecatan ulang.


3. Variasi Warna

Salah satu keunggulan dari No Drop adalah variasi warna yang lebih variatif. Sebagai cat pelapis anti bocor, No Drop menawarkan warna-warna yang lebih menarik seperti biru, hijau, merah, hitam, dan putih. Dengan adanya variasi warna yang menarik, Anda bisa memberikan sentuhan dekorasi yang berbeda pada dinding atau atap rumah.


4. Harga Murah

Dibandingkan dengan harga cat anti bocor lainnya, No Drop memiliki harga yang lebih murah. Namun, harga yang terjangkau tidak mengurangi kualitas dari produk tersebut. Ini juga menjadi nilai plus yang dicari banyak orang, ketika ingin punya rumah yang bebas dari kebocoran, tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal.



B. Kekurangan No Drop


1. Encer


Karena bersifat encer, cat No Drop ini lebih mudah menetes saat diaplikasikan pada dinding. 


2. Beda Penggunaan di Dalam dan Luar Ruangan

No Drop membuat varian tipe cat untuk eksterior atau luar ruangan dan interior dalam ruangan. Sehingga ketika akan mengaplikasikan cat merek ini pada rumah, perlu membeli dua jenis cat sekaligus yang tentunya tidak efisien.


Berdasarkan artikel yang telah diuraikan, dapat disimpulkan bahwa Aquaproof Vs No Drop keduanya merupakan merek cat anti-bocor yang mampu melindungi dinding rumah dari rembesan air dan cuaca ekstrem. Namun, kedua merek tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Nah, untuk itu dalam memilih merek cat anti-bocor, dibutuhkan pemahaman yang baik tentang kebutuhan dan karakteristik dari masing-masing merek.

0 Response to "Pilih Mana: Aquaproof Vs No Drop? Ini Keunggulan Dan Kekurangan Masing-Masing"

Post a Comment