Mengenal Geotextile, Fungsi, Jenis, dan Pengaplikasiannya

Geotextile adalah jenis tekstil yang banyak dimanfaatkan untuk proyek-proyek konstruksi dan rekayasa lingkungan. Geotextile dibuat dari bahan polimer seperti polipropilen atau poliester yang dikaitkan atau dijahit bersama-sama. 

Geotextile memiliki beberapa keunggulan dibandingkan bahan-bahan lain yang digunakan dalam proyek-proyek konstruksi, seperti kekuatan mekanis yang baik, daya tahan terhadap cuaca, dan daya tahan terhadap biodegradasi.





Ciri-Ciri Geotextile


Geotextile adalah jenis lapisan permeable yang digunakan dalam berbagai aplikasi pengembangan tanah, termasuk pembentukan jalan, rel kereta api, dan jembatan. 

Karakteristik geotextile yang ideal membuatnya efektif dalam menguatkan tanah. Selain itu sifat geotextile ini adalah permeable sehingga memungkinkan tanaman yang berada di atasnya bisa tumbuh dengan baik tanpa adanya gangguan.

Berikut ini selengkapnya mengenai ciri-ciri geotextile adalah:


1. Memiliki berat, kekakuan, dan kepadatan yang tepat


Geotextile memiliki kekuatan yang cukup untuk mendukung beban dan mempertahankan stabilitas tanah. Selain itu, geotextile juga harus memiliki mekanis yang baik, termasuk keuletan tepat, kekuatan tarik, fleksibilitas, kelengkapan, kekuatan sobekan, dan ketahanan gesekan.


2. Bersifat hidrolik yang baik

Artinya memiliki transitivitas, permeabilitas, porositas, dan permitivitas. Ini memungkinkan air hujan untuk masuk dan diserap oleh tanah dengan normal dan baik, serta mencegah erosi ketika terjadi kelebihan air.


3. Tahan terhadap degradasi 

Geotextile memiliki ketahanan akan degradasi biologi, kimia, hidrolik, dan mekanis. Ini memastikan bahwa geotextile akan tetap efektif dalam jangka waktu yang lama.



Fungsi Geotextile


Meskipun geotextile memiliki karakteristik yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, beberapa fungsi umum dari geotextile antara lain:


1. Filter/Penyaring

Geotextile memiliki sifat permeabilitas yang tinggi sehingga mampu mengalirkan air berikut dengan partikel tanah, namun partikel tanah tidak menembus bahan geotextile.


2. Separator/Pemisah

Geotextile sendiri telah diketahui sebagai material yang efektif mencegah tercampurnya tanah lunak dengan tanah perkerasan di atasnya, seperti pada kasus pembangunan jalan di atas tanah lunak. 

Geotextile memiliki daya mulur yang baik. Bahan ini juga mampu menahan gaya gesek yang terjadi, sehingga mampu mencegah naiknya tanah lunak ke tanah perkerasan. Dengan demikian, geotextile sangat cocok dijadikan pemisah antara tanah lunak dan tanah perkerasan diatasnya.


3. Stabilization/Stabilisator


Selain berfungsi sebagai separator, geotextile juga memiliki fungsi sebagai stabilisator karena memiliki kuat tarik yang baik. Geotextile dapat menyalurkan beban di atasnya secara merata sehingga dapat meningkatkan kekuatan tanah saat proses pengurugan.

Secara keseluruhan, geotextile dapat digunakan untuk memfilter, memisahkan, dan menstabilkan tanah, sehingga dapat digunakan untuk berbagai aplikasi pengembangan tanah. Namun masih di dalam proses riset untuk meningkatkan kualitas dan efektifitas dari geotextile


Jenis-Jenis Geotextile





Beberapa jenis geotextile yang umum digunakan adalah:


1. Geotextile Non Woven

Geotextile Non Woven adalah jenis geotextile yang berbentuk lembaran dan tak beranyam (non woven) yang terbuat dari serat-serat polymer yang berbahan dasar polypropylene/polyester.

Geotextile ini umum digunakan dalam aplikasi seperti pemisah, filter, dan penguatan, dan dapat digunakan sebagai bahan dasar geobag dan perkuatan jalan.


2. Geotextile Woven

Geotextile Woven adalah jenis geosynthetics yang terbuat dari bahan dasar serat sintetis yang dianyam. Geotextile ini berbentuk mirip dengan karung plastik, tetapi fungsi dan bahannya berbeda.

Geotextile Woven digunakan dalam aplikasi seperti perkuatan dasar timbunan, konstruksi jalur rel kereta api, perkerasan jalan, pekerjaan bendungan, konstruksi bronjong, pengembangan lahan untuk hunian ataupun industri, dan lain sebagainya.


3. Geotextile Woven Multifilament Yarn

Geotextile Woven Multifilament Yarn adalah geotextile yang dianyam dengan pola Uniaxial dan Biaxial. 

Jenis geotextile ini digunakan khusus untuk perkuatan yang memerlukan tensile strength (kekuatan tarik) yang cukup tinggi dan daya serap air yang cukup tinggi.


4. Geotextile Non Woven Continous Filament

Geotextile Non Woven Continuos Filament adalah salah satu jenis geotextile yang dibuat dengan spesifikasi khusus untuk keperluan yang memerlukan material dengan kekuatan dan ketahanan yang extra lebih dari standar bahan. 

Kekurangan dari geotextile ini adalah kurang cocok untuk keadaan tanah yang lunak/berlumpur.


Pengaplikasian Geotextile Pada Proyek Bangunan



Geotextile merupakan bahan yang sangat bermanfaat dalam dunia konstruksi dan teknik sipil. Selain memiliki sifat yang kuat, geotextile juga memiliki fungsi yang beragam dalam pengaplikasiannya. Berikut ini adalah 5 penggunaan geotextile dalam proyek bangunan yang paling banyak digunakan:


1. Pekerjaan Jalan/Landasan Bandara

Geotextile dapat digunakan untuk memperkuat kondisi tanah dalam pembangunan jalan dengan cara menambah kekuatan tarikan. Selain itu, geotextile juga dapat digunakan sebagai lapisan yang menghilangkan air di atas landasan pesawat udara.


2. Rel Kereta Api

Geotextile dapat digunakan sebagai lapisan pemisah antar tanah dan sub tanah bagian bawah dalam pembangunan rel kereta api. Geotextile dapat mencegah getaran dan guncangan yang dialami tanah ketika kereta sedang berjalan.


3. Pertanian

Geotextile dapat digunakan dalam dunia pertanian sebagai lapisan yang mengendalikan lumpur dan menjaga kadar air dalam tanah serta menjaga sistem drainase.


4. Drainase

Geotextile dapat digunakan sebagai penyaring dalam sistem drainase, seperti pada bendungan dan waduk.

5. Pekerjaan Sungai, Kanal, dan Pesisir

Geotextile dapat digunakan untuk melindungi sungai, kanal, dan pantai dari erosi yang disebabkan oleh arus air. Geotextile dapat digunakan bersamaan dengan material lain seperti batu, pasir, atau kerikil untuk membuat barier yang efektif.


Secara keseluruhan, geotextile dapat digunakan dalam berbagai proyek konstruksi dan teknik sipil, yang memiliki fungsi sebagai penguat, penyaring, pemisah, dan pelindung. Keunikan dari geotextile sebagai material alternatif yang dapat digunakan dalam berbagai macam proyek bangunan, membuatnya menjadi pilihan yang sangat tepat dan bermanfaat dalam dunia konstruksi.

0 Response to "Mengenal Geotextile, Fungsi, Jenis, dan Pengaplikasiannya"

Posting Komentar