12 Desain Kanopi Balkon Yang Aman dan Nyaman

Balkon merupakan area yang nyaman untuk bersantai sambil menyeruput minuman teh atau kopi. Untuk mendukung "kegiatan" tersebut sebaiknya pada bagian area ini diberi kanopi atau atap. Selain difungsikan untuk melindungi dari terik panas matahari ataupun hujan, kanopi balkon juga bisa memperindah fasad rumah.

Ada beberapa pilihan material yang bisa kamu gunakan untuk mendesain kanopi balkon. Sebagai contohnya, kamu bisa memilih untuk menggunakan material baja ringan, galvalum, kaca, kanopi membran dan besi.




12 Desain Kanopi Balkon Yang Aman dan Nyaman


Area balkon haruslah didesain aman. Karena balkon ini berada di ketinggian dan juga langsung menuju ke area luar yang terpisah dengan bagian dalam rumah. Nah, agar aman dan nyaman, balkon bisa ditambahkan kanopi. Berikut ini 12 desain kanopi yang mungkin saja menginspirasi untuk dipasang di rumahmu.


1. Kanopi Balkon dengan Taman yang Indah dan Menyejukkan



Desain kanopi balkon pertama adalah kanopi yang bisa kamu manfaatkan sebagai taman dan juga tempat lesehan. Pada inspirasi ini, kanopi balkon dibuat cor beton yang pada bagian langit-langitnya bisa dipasangi pot tanaman dengan tumbuhan merambat. Sedangkan pada bagian area lantai balkonnya, kamu bisa menaruh berbagai macam tanaman hias favorit yang diletakkan di pot-pot besar ataupun pot kecil. Tentunya ini akan membuat hunianmu tampak asri dan sejuk.


2. Kanopi Balkon Modern Lengkap Dengan Kursi dan Sofa Mewah



Ada pula inspirasi kanopi balkon yang dilengkapi kursi dan sofa cantik sehingga tampak terlihat mewah. Nampak kanopi yang digunakan terbuat dari besi yang memberikan kesan kokoh.

Tentunya desain kanopi balkon seperti pada gambar di atas sangatlah fleksibel untuk menunjang aneka kebutuhan, termasuk pemanfaatan bagian atas sebagai area untuk work from home (WFH), berjemur, dan bersantai bersama keluarga.


3. Desain Kanopi Kaca


Efektif membuat rumah tampak lebih stylish, desain kanopi balkon ini dibuat menggunakan material kaca transparan. Jika tertarik mengaplikasikan ide ini, kamu bisa menggunakan baja ringan ataupun besi sebagai rangkanya dan kaca transparan sebagai penutupnya untuk memberikan cahaya yang maksimal.

Pastikan menggunakan rangka dan kaca dengan kualitas terbaik, sehingga kanopi kaca tersebut aman dan tetap awet.

Baca juga: Desain Kanopi Akrilik


4. Kanopi dengan Kaca Es Buram


Selanjutnya adalah desain kanopi dengan kaca buram. Kombinasi kaca buram dengan pagar balkon yang terbuat dari kayu membuat desain balkon ini terlihat simple dan minimalis.

Warna putih tulang pada seluruh bagiannya membuat balkon ini nampak sejuh dan estetik. Desain ini dibuat dengan memadukan besi sebagai rangka, serta kaca es buram sebagi penutupnya. Dibandingkan kaca transparan, kaca es buram ini memberikan suasana pada area balkon terasa sejuk karena dapat meredakan pancaran sinar matahari.


5. Desain Kanopi Balkon Ruko



Kanopi balkon tidak hanya cocok untuk model rumah hunian. Namun, juga sangat efektif untuk rumah toko (ruko). Ruko akan tampil lebih menarik dan kekinian dengan adanya kanopi balkon. Kanopi ini bisa dijadikan tempat bersantai setelah toko tutup ataupun sebelum toko dibuka. 

Selain itu, kanopi balkon ini juga bisa dijadikan area untuk menerima tamu, karena lantai satunya digunakan untuk toko.


6. Desain Kanopi Balkon Minimalis


Memang untuk pembuatan dan pemasangan kanopi balkon yang kokoh memang dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Namun, kamu bisa menyiasatinya dengan memilih desain kanopi balkon yang berukuran minimalis, sekitar 1x1,5 meter. 

Kanopi ini nampak klasik yang mampu menyempurnakan tampilan fasad bangunan kuno ini. Tentunya, dengan ukuran minimalis ini, kamu hanya bisa memanfaatkan area ini untuk sendirian saja. Pasanglah pagar yang tinggi agar balkon ini aman ketika ditempati.

7. Desain Kanopi Balkon dengan Tangga



Kanopi dapat dibuat dengan desain yang dapat diakses dari luar. Seperti kanopi yang satu ini, yang dilengkapi dengan tangga dari luar untuk mengaksesnya. 

Untuk kamu yang ingin memiliki hunian ala resort, mungkin ide kanopi balkon yang terbuat dari besi seperti pada gambar di atas sangatlah pas untuk diadopsi. Pilih desain kanopi dan juga railingnya yang aman dan cenderung simpel. Sesuaikan konstruksi kanopi dengan tangganya, agar tetap kokoh dan tahan terhadap perubahan cuaca.


8. Atap Kanopi Biru




Mari menyeruput kopi dan membaca buku sambil menikmati pepohonan palm yang indah ini! Material kayu, kaca, dan tanaman hijau nampak indah dengan hiasan plafon bersemburat biru langit!

Jendela dan railing balkonnya didesain dari kayu jati lokal dengan kaca transparan. Lantainya terbuat dari ubin bertekstur kayu dan atapnya dicat biru yang terbuat dari plesteran semen.



9. Kanopi Balkon Galvalum Spandek





Untuk melengkapi area balkon agar nampak megah dan estetik, kamu bisa memilih kanopi dari galvalum atau spandek. Memiliki bentuk persegi panjang dengan material yang terdiri dari kombinasi galvalum dan baja ringan, tentunya balkon ini siap membuat hunian kamu tampak lebih simple!


10. Kanopi Membran Balkon




Tumbuhan tidak hanya menyediakan bahan makanan untuk manusia. Namun, tanaman juga bisa memberikan ketenangan ketika diletakkan di balkon. Kamu bisa duduk-duduk di balkon ini sehabis pulang dari kerja. Kepenatan akan hilang saat kamu duduk santai menikmati pemandangan luar dari atas sambil ditemani tanaman di dalam pot yang menyegarkan pikiran.

Kombinasi kanopi membran dan juga railing kaca semakin menambah cantik dan indah desain balkon yang satu ini.



11. Kanopi Balkon dengan Plafon Kayu Lambersering



Inspirasi lainnya adalah kanopi balkon yang terbuat dari papan kayu sehingga tampak natural dan sekaligus mewah. Jika tertarik mengadopsi kanopi balkonseperti pada gambar, kamu bisa memadukan material kayu dengan besi hitam sehingga tampak serasi dan sedap dipandang. 

Selain itu, tambahkan juga dudukan yang dibuat dari papan kayu lambersering pada bagian balkon agar hunian terlihat harmonis dan estetik. 



12. Railing Balkon Kaca Tempered




Kanopi balkon yang terakhir ini terbuat dari kanopi membran seperti layaknya payung patio. Dengan desain seperti ini, balkon ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasional keluarga. Tambahkan kursi pada sudut ruangan agar kamu dan juga keluarga dapat menikmati suasana luar rumah tanpa harus merasa kepanasan. 


Itulah dua belas inspirasi desain kanopi balkon yang bisa kamu adopsi dan tentunya sangat multifungsi. Dari semuanya, model kanopi balkon di atas mampu memberikan hunian nyaman dan aman untuk beraktivitas. Namun, jangan lupa untuk tetap mengawasi anak-anak jika mereka sedang berada di area balkon!

0 Response to "12 Desain Kanopi Balkon Yang Aman dan Nyaman"

Post a Comment