1 Sak Mortar Plester Berapa M2? Ini Cara Hitung Kebutuhan Mortar untuk Plesteran

Produk semen mortar dibuat dengan tujuan untuk mempercepat pekerjaan konstruksi. Jenisnya pun kini semakin beragam, mulai dari semen mortar pasangan bata dan plesteran, semen mortar acian, semen mortar pasangan bata ringan, dan semen mortar perekat keramik.

Secara khusus di sini akan dibahas mengenai semen mortar plesteran. Sebelum diaplikasikan semen mortar plester ini hanya perlu dtambahkan air secukupnya. Pekerja atau tukang bangunan tidak perlu menambahkan pasir. Nah, kira-kira 1 sak mortar plester bisa diaplikasikan ke berapa luas meter persegi.

Mengetahui sak mortar acian berapa m2 berguna untuk mempermudah penyusunan Rencana Anggaran Biaya (RAB) sehingga nantinya proses belanja bahan semen mortar tidak berlebih ataupun kekurangan.





Keunggulan Dan Kekurangan Semen Mortar


Beberapa keunggulan semen mortar adalah:

  • Jumlah kandungan komposisi semen mortar sudah sesuai dengan standar dan terukur sehingga ketika diaplikasikan dapat menghasilkan bangunan yang berkualitas.
  • Proses pengerjaan akan jauh lebih cepat karena tidak perlu lagi ditambahkan material lain, cukup diaduk dengan air secukupnya dan langsung dapat diaplikasikan.
  • Memiliki kualitas, kekuatan, dan warna yang konsisten.
  • Daya serap yang baik sehingga bisa kering lebih cepat.
  • Semen mortar plester mampu meminimalisir terjadinya permasalahan pada bangunan seperti  kegagalan mutu, gejala dinding retak rambut, rembesan air pada dinding, munculnya lumut dan jamur, dan lain sebagainya.


Selain memiliki keunggulan yang telah disebutkan di atas, penggunaan semen mortar untuk plesteran juga memiliki kekurangan, yaitu pengaplikasian semen mortar lebih boros jika dibandingkan penggunaan semen konvensional. 



1 Sak Mortar Plester Berapa M2? Ini Cara Hitung Kebutuhan Mortar untuk Plesteran!





Sama seperti perhitungan kebutuhan bahan material lainnya, perhitungan jumlah kebutuhan semen mortar ini juga sangat penting dilakukan. Karena perhitungan 1 sak mortar plester berapa m2 ini berguna untuk estimasi biaya pekerjaan dinding. 

Jika pekerjaan proytej bangunan tidak memperhitungkan hal ini di awal, bisa-bisa volume yang dibutuhkan ternyata melebihi dari rencana anggaran biaya (RAB) proyek.

Setiap merek semen, termasuk mortar, biasanya sudah menuliskan informasi mengenai hal ini pada kemasannya. 

Umumnya semen mortar untuk plesteran memiliki kemampuan untuk digunakan plesteran 20 kg/m2 dengan tebal 10 mm. Artinya untuk membuat plesteran seluas 1 m2  dibutuhkan 20 kg semen. Sedangkan air yang dibutuhkan untuk campuran tambahan adukan adalah 8-9 liter/50 kg. 


Sebagai contohnya, Pak Ribut berencana untuk melakukan plesteran rumahnya dengan luasan dinding bata ringan 300 m2. maka cara menghitungnya adalah V= 300 m2 x 20 kg/m2 = 6000 kg. Nah, ketika dikonversi ke sak semen mortar maka tergantung merk semen yang akan digunakan karena beda merk beda berat per saknya. Pak Ribut bisa mengambil 1 sak semen mortar = 50 kg maka jumlah zak semen = 6000/50 = 120 sak semen mortar. 


Apabila Pak Ribut menggunakan semen konvensional, bukan semen mortar, maka hasil pekerjaan plesterannya akan berbeda. Penggunaan semen mortar sangat cocok untuk diaplikasikan pada susunan bata ringan karena memiliki pori-pori yang lebih besar dibandingkan dengan bata merah. 

Hal ini disebabkan semen mortar memiliki daya rekat yang lebih kuat dengan pengeringan yang lebih cepat. Tak hanya itu, semen mortar plesteran menghasilkan permukaan yang lebih halus. Jika Pak Ribut menggunakan semen mortar untuk plesteran dinding bata ringannya, maka selisih 36 jam kemudian plesteran sudah bisa diaci. Jadi, pengaplikasian semen mortar pada proyek rumah Pak Ribut tersebut menjadi poin plus karena bisa mempercepat progres pekerjaan. 

0 Response to "1 Sak Mortar Plester Berapa M2? Ini Cara Hitung Kebutuhan Mortar untuk Plesteran"

Post a Comment