√ Jenis Motif Krawangan Masjid Modern dan Kisaran Harganya

Tidak hanya menjadi tempat beribadah bagi umat Islam, tidak sedikit masjid yang dijadikan sebagai destinasi wisata karena keindahan desainnya. Krawangan masjid modern menjadi pilihan terbaik untuk memberikan sentuhan aesthetic pada masjid. 

Ada banyak model krawangan yang biasa diaplikasikan pada bangunan masjid mulai dari pola kaligrafi, bulat, hingga abstrak yang menarik. Untuk mengetahui jenis motif krawangan masjid dan kisaran harganya, berikut ulasan selengkapnya. 



Apa Itu Krawangan Masjid? 


Krawangan masjid merupakan salah satu elemen dinding roster yang bisa ditemukan pada sebagian besar masjid yang ada di Nusantara. Krawangan atau layar kompleks merupakan kumpulan dari ventilasi udara sekaligus tempat cahaya matahari masuk ke dalam ruangan masjid. 


Di daerah tropis seperti Indonesia, krawangan masjid bermanfaat untuk membuat suasana di dalam ruangan bangunan masjid menjadi lebih sejuk. Tidak hanya untuk bangunan masjid saja, krawangan juga bisa diaplikasikan pada bangunan tempat tinggal maupun bangunan public. 


Jenis Motif Krawangan Masjid

Motif krawangan masjid modern memang banyak dipilih untuk diaplikasikan pada bangunan masjid karena bisa menambah nilai estetika. Berikut ini beberapa jenis motif krawangan masjid yang bisa dijadikan pilihan. 

1. Motif Kaligrafi



Kaligrafi memang menjadi salah satu motif yang paling identik dengan nuansa Islami. Krawangan dengan motif kaligrafi ini banyak diterapkan pada fasade masjid atau ornamen gerbang dan jendela karena dapat memberikan sentuhan aesthetic yang cantik. 

Dengan melihat krawangan motif kaligrafi, secara tidak langsung seorang muslim yang melihatnya akan membaca ayat Alquran tersebut. Ada banyak khat kaligrafi yang biasa digunakan sebagai motif krawangan, salah satunya khat kufi. 


2. Motif Geometris Islami



Motif krawangan selanjutnya yang biasa digunakan untuk krawangan masjid yaitu geometris Islami atau arabesque. Motif krawangan satu ini menjadi motif paling populer yang banyak digunakan untuk bangunan masjid. 

Salah satu ciri khas dari motif krawangan ini yaitu kombinasi antara motif geometris garis-garis dengan bintang segi delapan dan satu titik poros. 


3. Motif Batik



Motif batik juga menjadi salah satu jenis motif krawangan masjid yang banyak diaplikasikan pada bangunan masjid di Indonesia karena kental dengan budaya asli Nusantara. Dari berbagai macam motif batik yang ada di Indonesia, ada beberapa motif krawangan batik yang populer. 

Motif batik yang biasa digunakan untuk krawangan batik antara lain motif batik kawung, parang, dan sulur. Krawangan motif batik ini akan memberikan kesan dan nuansa etnik yang kental. 

Tidak hanya digunakan pada bangunan masjid saja, krawangan motif batik juga banyak diterapkan pada bangunan publik seperti fasade hotel, lobi hotel, fasade apartemen, restoran, bangunan pemerintah, dan ornamen pada gerbang. 


4. Motif Pohon dan Daun


Motif alam seperti pepohonan dan daun juga menjadi salah satu motif krawangan GRC masjid yang banyak diterapkan pada model bangunan masjid modern minimalis. Motif ranting pohon, daun, dan buah akan memberikan kesan natural yang dekoratif pada bangunan masjid. 


5. Motif Bunga




Bunga juga menjadi salah satu motif yang sering digunakan pada krawangan masjid modern minimalis. Motif bunga menjadi simbol keindahan dan keagungan sehingga tidak mengherankan jika model motif satu ini banyak diterapkan untuk pemanis dekorasi bangunan, termasuk masjid. 


6. Motif Bundar





Motif geometris bundar juga menjadi motif krawangan masjid yang populer karena bisa memberikan kesan aesthetic pada bangunan masjid, namun tetap simpel dan netral. Motif krawangan satu ini juga lebih mudah untuk dipasang dan dibersihkan. 


7. Motif Ukiran Bali




Ukiran Bali termasuk salah satu motif etnik khas Indonesia yang cukup banyak digunakan untuk krawangan masjid minimalis modern. Seni ukiran Bali atau Balinese carving banyak dipakai untuk fasade bangunan yang ada di Bali, tak terkecuali dengan bangunan masjid. 

Ada beberapa jenis ukiran Bali yang sering digunakan untuk dekorasi bangunan seperti kekarangan, pepatran, relief, patung, dan keketusan. 


8. Motif Abstrak





Krawangan masjid dengan motif abstrak juga dapat memberikan kesan unik pada bangunan. Proses pembuatan krawangan dengan motif abstrak ini memang lebih rumit dibandingkan motif lainnya namun dapat memberikan kesan anti mainstream yang tidak membosankan.


9. Motif Kombinasi





Motif krawangan masjid selanjutnya yang cukup populer yaitu motif kombinasi. Sesuai dengan namanya, motif krawangan satu ini merupakan kombinasi atau perpaduan dari berbagai motif seperti motif bundar, abstrak, dan lain sebagainya sehingga mampu memberikan kesan unik. 


Cara Membuat Krawangan Masjid Modern


Beberapa orang mungkin penasaran bagaimana cara membuat krawangan masjid atau rumah sendiri, bukan? Krawangan masjid yang populer belakangan ini biasanya terbuat dari material GRC board atau Glassfiber yang diperkuat dengan semen agar lebih kokoh dan kuat. 

Krawangan bangunan ini bisa dibuat sendiri menggunakan cetakan. Namun, apabila Anda tidak punya banyak waktu untuk membuatnya, Anda bisa membeli krawangan dengan berbagai motif pada distributor atau toko bangunan terdekat. 

Krawangan GRC atau beton ringan ini terbuat dari campuran semen dan pasir. Dibandingkan dengan beton biasa, GRC sudah dilengkapi dengan bahan penguat serat sehingga bobotnya menjadi lebih ringan. 

Sebuah RCMP ukuran 8 mm biasanya hanya memiliki bobot sekitar 18 kilogram saja untuk setiap meter perseginya. GRC juga bisa dibentuk sesuai keinginan sehingga banyak pilihan motif dekoratif yang disediakan. Nah, berikut ini langkah-langkah membuat krawangan GRC. 


  • Siapkan cetakan krawangan terlebih dahulu sesuai keinginan. Cetakan krawangan bisa menggunakan kayu atau gypsum yang sudah dibentuk atau diukir. 
  • Selanjutnya, siapkan bahan baku bubuk molding GRC berupa campuran serat, pasir, dan semen. 
  • Campurkan semen dan pasir, kemudian buat lapisan bergantian dengan serat sesuai ketebalan yang diinginkan dengan cara disemprotkan. 
  • Keringkan dan tunggu hingga setiap lapisannya menguat satu sama lain dan membentuk unit yang solid. 


Cara Memasang Krawangan Masjid Modern

Cara memasang krawangan masjid bisa dilakukan dengan mudah, namun tentunya harus dilakukan secara hati-hati karena ukurannya yang terbilang tipis. Untuk memudahkan pemasangan, Anda bisa meminta bantuan tukang bangunan agar pemasangan bisa dilakukan dengan tepat. 

Harga Krawangan Masjid Modern




Harga yang dibanderol untuk krawangan masjid modern cukup variatif tergantung ukuran dan kualitas yang ditawarkan. Harga krawangan biasanya berada pada kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah saja untuk setiap meter perseginya. 

Dengan banyaknya pilihan jenis motif krawangan masjid modern, maka akan memudahkan Anda dalam memilih dan menyesuaikan keinginan. Harga yang dibanderol untuk krawangan masjid juga relatif terjangkau sehingga banyak dipilih untuk memberikan kesan aesthetic pada bangunan. 

0 Response to "√ Jenis Motif Krawangan Masjid Modern dan Kisaran Harganya"

Post a Comment