Cara Mengatasi Anak 2 Tahun Kecanduan HP

Orang tua mengeluh bahwa anak-anak mereka kecanduan smartphone, entah itu main game ataupun menonton video. Kegiatan tersebut tentu saja membuat waktunya habis untuk screen time. Tak sedikit mereka yang akhirnya melalaikan kewajibannya seperti mengerjakan tugas, PR, hingga absen di sekolah. 

Tidak bisa dipungkiri bahwa teknologi, khususnya penggunaan gadget/HP, memang memberikan dampak positif dan negatif bagi anak-anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua sudah seharunya melakukan upaya pencegahan agar si anak jangan sampai kecanduan HP.




Lantas, bagaimana jika anak nerumur 2 tahun sudah kecanduan HP? Bagaimanakah cara mencegah ataupun mengatasi anak agar tidak kecanduan gadget? Berikut ini adalah jawabannya:



1. Matikan paket data dan Bilang, "Ayah/ibu tidak bermain HP, melainkan sedang bekerja"


Ketika awal anak-anak mengetahui orang dewasa di sekitarnya pada sibuk dengan gadget-nya sudah wajar jika anak kemudian ingin tahu dan mencoba untuk mengoperasikannya. Nah, saat si anak mulai menunjukkan ketertarikan dan ingin memegangnya, segera matikan terlebih dahulu paket datanya.

Video reels baik di sosial media seperti TikTok, Instagram maupun Youtube dapat membuat anak, bahkan juga orang dewasa, merasa ketagihan untuk scroll-scroll terus menerus hingga lupa waktu. Untuk itu, segera matikan paket datanya dan tunjukkan saja dengan gambar/photo yang ada di memori penyimpanan.

Dan jangan lupa, untuk mengatakan "Ayah/ibu tidak bermain HP, namun sedang bekerja" kepada anak. 

2. Tetap beri hiburan melalui tayangan TV secukupnya


Setiap masa memang ada tantangannya, tak terkecuali dengan pola asuh. Pola asuh zaman dahulu dengan zaman sekarang tentu memiliki tantangan yang berbeda. Saat ini semuanya serba digital. Anak yang terlahir saat ini mau tidak mau harus bersentuhan dengan TV, gadget, atau mungkin komputer. Nah, yang perlu diketahui dan dikendalikan adalah porsinya. Berikan tayangan TV secukupnya, tidak lebih dari 3 jam per hari. Dampingi ketika si anak menonton TV, tetap ajak dia ngobrol tentang tayangan yang sedang dilihat bersama.


3. Gunakan Smart TV, atau Lengkapi dengan TV Box

Nah, jika TV bapak/ibu sudah menggunakan smart TV sejatinya dengan mudah kalian bisa mengalihkan tayangan dari gadget ke TV. Karena bagaimana pun gadget HP itu bisa dibawa kemana-mana sedangkan TV tidak. Tentu dampak buruk penggunaan gadget HP lebih buruk jika dibandingkan dengan TV. Anak yang sudah kecanduan gadget HP akan selalu menenteng atau memainkan gadgetnya di manapun dia berada. 

Jika TV ibu/bapak belum smart TV, maka solusi yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan TV Box. Set Top Box ini akan berfungsi menangkap siaran digital ke perangkat televisi analog. Dengan demikian, pengguna akan bisa memutar/menonton layanan streaming berbayar atau konten YouTube di televisi biasa.

Ibu/bapak dapat memutarnya ketika anak mulai bosan dengan bermain mainan tradisional. Ingat, ini hanyalah kegiatan pendamping, bukan kegiatan utama sehari-hari anak-anak ya.


4. Ajak aktivitas bermain mainan tradisional


Memang saat ini kebanyakan orang tua lebih banyak sibuk dengan pekerjaannya. Waktu untuk keluarga lebih sedikit. Nah, saat-saat family time seperti pas weekend usahakan untuk bermain dengan anak. 

Ajak anak untuk bermain mainan tradisional seperti gatrik, bola bekel, lompat tali, layangan, petak umpet, dan lain sebagainya.


Itulah keempat cara mengatasi anak 2 tahun yang kecanduan HP. Cara tersebut cukup efektif dan manjur dalam mencegah dan menangaani anak yang kecanduan gadget.

0 Response to "Cara Mengatasi Anak 2 Tahun Kecanduan HP"

Post a Comment