Serba-Serbi Kunci Inggris: Fungsi, Ukuran, Cara Menggunakan, Merk dan Harganya

Kunci inggris merupakan salah satu perkakas yang kerap digunakan untuk memperbaiki perabot rumah tangga atau bahkan kendaraan. Selain memiliki bentuk yang khas, ukuran kunci inggris juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Anda mungkin penasaran mengapa perkakas ini disebut dengan kunci inggris. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai kunci inggris beserta fungsi, ukuran, dan harga di pasaran, jangan lewatkan pembahasan lengkap berikut ini.



Apa Itu Kunci Inggris?


Kunci inggris berasal dari bahasa Belanda Engelse sleutel yang bermakna kunci inggris. Perkakas dengan bentuk kepala melebar kemudian menyempit ini sering digunakan memasang dan melepaskan mur atau baut pada kendaraan maupun benda lainnya.

Kunci inggris didesain sedemikian rupa sehingga memiliki rahang yang dapat diatur ukurannya. Dengan begitu, perkakas ini bisa mencengkeram mur dan baut dengan kuat sehingga Anda bisa mengencangkan atau mengendurkannya sesuai keinginan.

Lantas, bagaimana asal muasal nama kunci inggris? Sejarah kunci inggris bermula pada tahun 1842 ketika seorang insinyur Inggris bernama Richard Clyburn membuat perkakas yang bertujuan untuk mempermudah kerja para mekanik saat memperbaiki kendaraan.

Mulanya kunci ini dinamakan Clyburn Spanner dan berfungsi untuk meringkas peralatan para mekanik. Pasalnya pada tahun tersebut, kebanyakan mekanik menggunakan banyak kunci set yang cenderung merepotkan.

Sekitar tahun 1892, seorang pria berkebangsaan Swedia Johan Petter Johansson menyempurnakan desain kunci inggris. Inilah sebabnya beberapa negara seperti Denmark dan Polandia menyebut kunci ini dengan nama Swedish Key alih-alih English key.

Kendati dikenal dengan nama English key di beberapa negara Eropa seperti Spanyol, Perancis, dan Belanda, tidak demikian halnya dengan negeri asal kunci tersebut. Di Inggris, kunci ini dikenal dengan nama adjustable spanner atau adjustable wrench.


Fungsi Kunci Inggris


Sebelum membahas ukuran kunci inggris, Anda perlu mengetahui fungsi dari perkakas yang satu ini. Fungsi utama kunci inggris adalah untuk mengencangkan dan melepaskan mur atau baut. Kunci ini dapat dipakai sebagai alternatif jika kunci ring tidak ada yang sesuai.


Kendati demikian, kunci inggris tidak disarankan untuk penggunaan pada beban berat. Hal ini disebabkan oleh sifatnya yang fleksibel karena memiliki rahang yang dapat disesuaikan. Oleh karena itu, sistem penguncian dianggap kurang aman untuk pekerjaan berat.


Singkatnya, kunci inggris berfungsi sebagai alternatif apabila tidak ada kunci ring yang sesuai dengan ukuran mur dan baut. Atau jika Anda tidak ingin membawa banyak kunci ring, perkakas ini juga bisa menjadi pilihan.


Ukuran Kunci Inggris


Seperti yang disampaikan sebelumnya, kunci inggris mempunyai berbagai ukuran yang berbeda. Meskipun ukuran rahang dapat disesuaikan, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kunci inggris dengan ukuran yang tepat.


Berikut ini daftar ukuran kunci inggris yang tersedia di pasaran:

1. Kunci 4 inci


Kunci inggris 4 inci mempunyai panjang keseluruhan 10 cm. Rahang kunci dapat terbuka secara maksimal dengan ukuran 12,7 mm.


2. Kunci 6 inci


Kunci dengan ukuran ini memiliki panjang 15 cm dari gagang hingga kepala. Bukaan rahang maksimal adalah sekitar 23,8 mm.


3. Kunci 8 inci


Jika diukur dari gagang hingga kepala, kunci inggris ini memiliki panjang sekitar 20 cm. Diameter bukaan rahang adalah 28,5 mm.


4. Kunci 10 inci


Kunci berukuran 10 inci mempunyai diameter kepala rahang sebesar 33,3 mm.


5. Kunci 12 inci


Kunci ini mempunyai rahang dengan bukaan maksimal sekitar 38,1 mm. Panjang dari gagang hingga kepala adalah 12 inci.


6. Kunci 15 inci


Panjang kunci berukuran 15 inci adalah sekitar 37,5 cm. Dengan kunci ini, Anda bisa menjepit baut dengan ukuran maksimal sekitar 42,5 mm.


7. Kunci 18 inci


Kunci dengan panjang badan 18 inci mempunyai bukaan maksimal hingga 52,4 mm.


8. Kunci 24 inci


Kunci inggris yang satu ini mempunyai panjang keseluruhan sekitar 60 cm. Sedangkan diameter bukaan rahang penjepit adalah sekitar 61,7 mm.


Cara Menggunakan Kunci Inggris


Setelah mengetahui berbagai ukuran kunci inggris, kini saatnya untuk mengetahui cara tepat menggunakan kunci ini. Mengingat kunci inggris tidak difungsikan sebagai kunci utama, Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya. Pasalnya, kesalahan pada penggunaan bisa berakibat fatal.


Berikut ini cara menggunakan kunci inggris yang tepat:

  1. Setel ukuran kunci sesuai dengan ukuran mur dan baut yang akan dilepas atau dikencangkan. Caranya adalah dengan menggeser sekrup ke arah kanan untuk membuka rahang dan ke arah kiri untuk menutup rahang.
  2. Pastikan rahang kunci sejajar dengan sisi kepala mur atau baut. Tidak disarankan memasang rahang kunci pada bagian sudut mur atau baut karena bisa menyebabkan kecelakaan kerja.
  3. Pastikan rahang berada di posisi atas dan berlawanan dengan arah Anda menarik gagang kunci.
  4. Hindari menarik kunci dengan rahang tetap di sisi bawah baut dan rahang geser di bagian atas baut. Posisi ini dapat menyebabkan kerusakan bahkan kecelakaan kerja.
  5. Gerakkan gagang kunci inggris sesuai kebutuhan, baik untuk mengencangkan atau mengendurkan. Jangan menggerakkan tangkai dengan gerakan dorong karena bisa berakibat fatal.


Merek dan Harga Kunci Inggris


Bagi Anda yang berencana untuk membeli kunci inggris, pastinya Anda perlu mengetahui referensi merek dan harga produk yang tersedia di pasaran. Mungkin terdapat perbedaan antara harga toko dengan harga yang tertera di bawah ini.

1. C Mart





Kunci inggris dengan merek C Mart tersedia dengan berbagai ukuran, mulai dari 4 inci, 8 inci, 12 inci, dan 18 inci. Perkakas ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 45.000 untuk ukuran 4 inci dan Rp 375.000 untuk ukuran 18 inci.


2. Krisbow





Krisbow menyediakan kunci inggris dengan ukuran yang cukup beragam mulai dari 6 inci hingga 24 inci. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 90.000 hingga Rp 712.000 per kunci.


3. Sata




Merek yang satu ini menghadirkan kunci inggris berukuran 6 inci hingga 24 inci. Harga yang ditawarkan cukup menguras kantong, yaitu berkisar antara Rp 115.000 hingga Rp 1.045.000.


4. Camel



Terakhir, Anda juga bisa menemukan kunci inggris dengan merek Camel. Tersedia dengan ukuran mulai dari 8 inci hingga 12 inci, Anda harus merogoh kocek mulai dari Rp 42.000 hingga Rp 52.000 saja.


Beragam ukuran kunci inggris yang tersedia di pasaran memudahkan Anda untuk menggunakan kunci dengan ukuran yang tepat. Jangan lupa memperhatikan cara penggunaan untuk mengurangi risiko kerja. 

0 Response to "Serba-Serbi Kunci Inggris: Fungsi, Ukuran, Cara Menggunakan, Merk dan Harganya"

Post a Comment