Cara Membuat Makalah dan Contohnya

Baik mahasiswa maupun pelajar biasa, tentunya akrab dengan penugasan berbentuk makalah. Namun nyatanya, masih ada beberapa orang yang belum menguasai struktur makalah yang tepat. Padahal penting hukumnya untuk memahami cara membuat makalah dan contohnya.

Mengapa penting? Isi dari makalah yang strukturnya berantakan akan sulit dipahami oleh pembaca dan cenderung dinilai kurang bernilai. Oleh karena itu, khusus pada artikel ini, Anda diajak untuk mengetahui pedoman penulisan makalah yang baik. Seperti apa? Simak informasinya di bawah ini.


Via IG @journalbooks


Pengertian Makalah

Makalah adalah karya tulis yang digunakan untuk mendeskripsikan hasil laporan kegiatan maupun tugas kampus atau sekolah. Penulisan makalah umumnya bertujuan sebagai saran penyelesaian masalah ilmiah melalui studi kepustakaan. Adapun manfaat lain dari penulisan makalah di antaranya:

  • Mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah dikuasai untuk memecahkan masalah.
  • Melatih diri untuk menemukan solusi dari suatu masalah di lapangan.
  • Mendorong pola pikir terbuka guna menemukan solusi terbaik.


Pedoman Cara Membuat Makalah dan Contohnya 

Penulisan makalah tidak bisa sembarangan. Makalah mempunyai kaidah-kaidah penulisan yang harus diterapkan. Adapun komponen dari makalah yang benar adalah sebagai berikut:


1. Cover atau sampul



Ini adalah bagian yang berada di halaman paling depan makalah. Sampul memuat informasi identitas penulis logo, judul makalah, tempat dan tahun makalah diterbitkan. Kebanyakan cover atau sampul dibuat dengan aturan rata tengah (center).


2. Kata pengantar



Setiap makalah yang baik pasti tidak luput dengan kata pengantar. Fungsi kata pengantar sendiri adalah agar pembaca memahami alasan dibuatnya makalah tersebut. 

Anda juga bisa menyampaikan rasa terima kasih kepada pihak-pihak yang telah membantu pada bagian ini. Banyak sekali variasi format kata pengantar. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan makalah saja.


Berikut ini contoh Kata Pengantar yang baik dalam pembuatan penulisan makalah:


Segala puji syukur penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah melimpahkan kasihNya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik. Tanpa pertolongan dan campur tanganNya tugas makalah ini tidak akan selesai dengan baik.

Penulisan makalah ini guna memenuhi syarat lulus mata kuliah ABC di Program Studi XYZ  dan membantu penulis untuk memperoleh tambahan pengetahuan tentang ilmu MNOP serta menerapkan atau mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah di dapat di bangku kuliah untuk diterapkan di dunia pekerjaan.

Dalam penyusunan makalah ini, penulis mendapat dukungan dan bimbingan dari berbagai pihak, sehingga tidak lupa penulis untuk mempersembahkan ucapan terima kasih yang kepada:

  1. Bapak/Ibu JKLMN, selaku dosen pengampu mata kuliah ABC Universitas PQRST.
  2. Seluruh rekan sekelas Program Studi XYZ pada mata kuliah ABC, dan pada pihak-pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu namanya.

Akhirnya, semoga makalah yang sederhana ini dapat bermanfaat, baik bagi penulis sendiri maupun pembaca pada umumnya.

 

3. Daftar isi

Tanpa adanya daftar isi, pembaca pasti sungkan untuk membaca isinya. Bisa dikatakan fungsinya sangat krusial. Halaman ini berisi informasi daftar pokok informasi lengkap dengan halamannya. 

Dengan begitu, pembaca akan lebih mudah menemukan informasi yang sedang dibutuhkannya.


 


4. Pendahuluan


Pendahuluan adalah bagian dari inti makalah. Bagian ini terdiri dari 3 subbab, yaitu latar belakang, rumusan masalah dan tujuan. Ketiga subbab tersebut mendeskripsikan tentang pandangan umum mengenai alasan ditulisnya makalah, masalah yang diangkat, hingga tujuan makalah. 

  • Latar belakang

Bagian ini dibuat dalam bahasa yang baku, namun mudah dipahami. Latar belakang yang baik memuat fakta-fakta dan data-data yang mendukung pernyataan yang ditulis. Fokus utamanya adalah memberikan kejelasan atas pertanyaan-pertanyaan yang mengarah ke masalah utama.

Misalnya, mengapa masalah tersebut dipilih? Apa tujuan dari diadakannya penelitian tersebut? Lalu, apa yang mendorong Anda untuk mencari solusi masalah tersebut? 


  • Rumusan masalah

Bagian rumusan masalah berisi daftar pertanyaan yang akan dijawab pada bab berikutnya. Pertanyaan yang dibuat harus mengarah pada topik masalah yang diangkat. 

Anda bisa mengerucutkan isi dari latar belakang untuk menemukan pertanyaan yang relevan. Jumlah pertanyaannya tidak perlu banyak-banyak, buatlah 3 atau 4 pertanyaan saja. 


  • Tujuan

Sesuai dengan judul subbab, bagian ini merangkum tujuan penulisan makalah secara umum. Tujuan ditulis dalam bentuk ringkas dan mencakup informasi tentang tujuan dibuatnya makalah.


5. Pembahasan

Setelah pendahuluan, ada yang dinamakan sebagai pembahasan. Ini adalah bab yang menguraikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan pada rumusan masalah. 

Isi dari pembahasan sebaiknya disertakan dengan landasan teori, referensi terpercaya, penjelasan materi, hingga solusi dari masalah.

 

6. Penutup


Bagi Anda yang berpikir ini bab terakhir, Anda salah. Sebab masih ada dua bab lainnya. Bagian ini terdiri dari kesimpulan dan saran. Perhatikan cara membuat makalah dan contohnya agar tidak salah.

  • Kesimpulan

Informasi penting dari seluruh pembahasan makalah dirangkum pada bagian ini. Tak lupa untuk menganalisis poin-poin penting agar membuahkan kesimpulan serta solusi dari masalah yang tadi diangkat.


  • Saran

Sedangkan bagian saran berisi harapan-harapan penulis kepada pembaca agar makalah bisa menjadi bahan bacaan yang bermanfaat. Sisipkan juga permohonan kritik dan saran agar makalah bisa lebih baik lagi ke depannya.

 

7. Daftar pustaka

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daftar pustaka. Bagian ini mencakup semua sumber referensi yang Anda gunakan selama pembuatan makalah. Ada baiknya sumber referensi berasal dari jurnal, buku, maupun sumber referensi valid lainnya.

8. Lampiran

Terakhir adalah lampiran. Sebetulnya lampiran bersifat opsional. Tergantung dari ada atau tidaknya data-data pendukung makalah. Lampiran biasa digunakan untuk melampirkan dokumentasi kegiatan atau data pendukung lainnya.


Contoh Makalah Bahasa Indonesia dan Inggris

Komponen penyusun makalah yang disebutkan tadi kemudian disusun menjadi satuan yang padu dan sistematis. Tentu kurang afdal jika artikel ini tidak menyertai contoh. Yuk lihat beberapa contoh penulisan struktur makalah yang baik dan benar di bawah ini:



1. Contoh susunan makalah “Kerusakan Lingkungan”


DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

1.2. Rumusan Masalah

1.3. Tujuan

1.4. Manfaat

BAB 2 PEMBAHASAN

2.1. Definisi Polusi Laut

2.2. Penyebab Polusi Laut

2.3. Dampak Polusi Laut

2.4. Contoh Kasus Polusi Laut

2.5. Upaya Pencegahan Polusi Laut

BAB 3 PENUTUP

3.1. Kesimpulan

3.2. Saran


2. Contoh makalah bahasa Indonesia Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB 1 PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang

1.2. Rumusan Masalah

1.3. Tujuan

1.4. Manfaat

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

2.1. Definisi Narkoba

2.2. Jenis-jenis Narkoba dan Tingkatannya

2.3. Situasi Pergaulan Remaja Saat Ini

2.4. Jumlah Remaja Skala Kota

2.5. Alasan Penggunaan Narkoba oleh Remaja

BAB 3 PEMBAHASAN

3.1. Statistik Penyalahgunaan Narkoba di Kalangan Remaja

3.2. Faktor Penyebab Penyalahgunaan Narkoba

3.4. Peran Berbagai Pihak

a. Orang Tua

b. Sekolah

c. Lingkungan

BAB 4 PENUTUP

4.1. Kesimpulan

4.2. Saran

DAFTAR PUSTAKA


3. Struktur makalah bahasa Inggris tentang The Importance of Grammar

COVER

FOREWORD

TABLE OF CONTENTS

CHAPTER I INTRODUCTION

Background of the Paper

Purpose of the Paper

CHAPTER II DISCUSSION

Definit i on of Grammar

The Function Of Grammar

The Types Of Grammar

CHAPTER III CONCLUSION

Conclusion


4. Contoh makalah bahasa Inggris 2 tentang The Danger of the Greenhouse Effects

COVER

FOREWORD

TABLE OF CONTENTS

CHAPTER 1 INTRODUCTION

1.1. Background Of The Problem

1.2. Purpose

CHAPTER II DISCUSSION

2.1. Definition of the Greenhouse Effects

2.2. Cause of the Greenhouse Effects

2.3. Impact of the Greenhouse Effects

2.4. Control of the Greenhouse Effects

CHAPTER III CONCLUSIONS AND SUGGESTIONS

3.1. Conclusion

3.2. Suggestions

BIBLIOGRAPHY


Setelah memahami cara membuat makalah dan contohnya di atas, jangan sampai salah lagi, ya. Kalau sudah mengetahui kaidah penulisan makalah, wajib sekali Anda menerapkannya saat membuat makalah. Bagaimana, mudah dipahami, bukan?

0 Response to "Cara Membuat Makalah dan Contohnya"

Post a Comment