Ini Lho Cara Menentukan Jarak TV ke Sofa yang Ideal dan Aman untuk Kesehatan!

Saat ini hampir setiap rumah memiliki TV. Dan TV di rumah biasanya menyala rata-rata lebih dari 5 jam sehari. Saat menonton acara TV, maka jarak antara TV ke sofa atau tempat duduk haruslah ideal sehingga nyaman dan aman untuk kesehatan mata bagi mereka yang sedang menikmati tontonan TV. 

Menemukan jarak ideal antara TV ke sofa tidaklah mudah. Mata tegang dan kejernihan gambar adalah faktor utama dalam menentukan jarak terbaiknya. Pada artikel ini, kita akan membahas berapa jarak sofa ke TV yang ideal sehingga Anda tidak perlu lagi menyipitkan mata untuk melihatnya.


Via www.verywellhealth.com


Jarak Terbaik Antara Sofa dan TV

Via idgallery.com.sg

Sebelum menentukan jarak TV ke sofa yang paling ideal dan aman, sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk memilih ukuran TV berdasarkan ukuran ruangan Anda. Yakni, ketika ruang TV berukuran kecil janganlah memilih TV yang ukurannya besar.

Pada dasarnya jarak pandang yang ideal untuk TV adalah rasio 5:11. Untuk setiap ukuran TV 5 inch, jaraknya harus 11 inch dari TV. Alasannya adalah bahwa TV saat ini menyebabkan mata kita sakit jika kita terus-menerus menonton atau duduk terlalu dekat dengannya untuk mencoba meningkatkan kejernihan gambar.

Sebagai contoh jika ukuran TV adalah sekitar 50 Inch, maka jarak yang ideal antara TV dengan tempat duduk untuk menonton TV adalah sekitar 2,8 meter (110 inch).

Rasio 5:11 adalah jarak yang ideal antara sofa dan TV karena penempatan TV pada jarak ini menghasilkan kejernihan gambar terbaik. Beberapa TV mungkin sedikit lebih dekat atau lebih jauh tergantung pada ruangan dan ukuran sofa. Ingat juga penting untuk mempertimbangkan faktor-faktor mengenai kesehatan.

Ada beberapa dampak yang timbul akibat dari jarak TV ke sofa yang tidak ideal. Dampak yang bisa dialami berupa mata tegang, penglihatan kabur, sakit kepala, dan kejernihan gambar TV yang buruk. Saat memutuskan untuk meletakkan TV, tentukan jaraknya dengan tempat duduk menggunakan rasio 1:2 yang mana akan menjadi pilihan teraman.

Nah, sebagai gambaran umum berikut ini adalah jarak TV ke sofa dengan berbagai ukuran TV yang ada di pasaran:


Dari gambar di atas maka jarak TV ke sofa untuk tiap-tiap jenis TV adalah sebagai berikut:

    • Jika Anda memiliki TV berukuran 32 inch, maka jarak TV ke sofa yang tepat adalah sekitar 1,8 meter.
    • Jika Anda memiliki TV berukuran 42 inch, maka jarak TV ke sofa yang tepat adalah sekitar 2,4 meter.
    • Jika Anda memiliki TV berukuran 50 inch, maka jarak TV ke sofa yang tepat adalah sekitar 2,8 meter.
    • Jika Anda memiliki TV berukuran 60 inch, maka jarak TV ke sofa yang tepat adalah sekitar 3,4 meter.
    • Jika Anda memiliki TV berukuran 71 inch, maka jarak TV ke sofa yang tepat adalah sekitar 3,8 meter.


  • Tinggi TV

Setelah menentukan jarak TV yang ideal, Anda juga perlu menentukan ketinggian dari TV agar bisa menonton dengan lebih nyaman dan tidak menyebabkan kram pada leher. Sebelum menentukan ketinggiannya, pastikan dahulu apakah TV akan diletakkan pada dinding ataukah pada meja TV.

Ukuran ideal untuk ketinggian TV adalah sekitar 100 cm hingga 110 cm. Namun, untuk TV berukuran besar, Anda mungkin bisa merendahkan sedikit ketinggian TV menjadi 60 – 90 cm.

Jika kursi yang Anda gunakan lebih tinggi daripada ukuran kursi standar pada umumnya, maka yang perlu Anda lakukan adalah mempertinggi posisi TV lebih dari 110 cm.


  • Menentukan Sofa TV


Menonton TV di ruang TV tentu lebih nyaman saat titik pandang tepat berada di tengah. Hindari memilih sofa TV yang memiliki bentuk memanjang untuk TV yang berukuran kecil karena yang berada di ujung sofa akan merasakan ketidaknyamanan saat menonton TV.

Untuk TV yang berukuran 24 inch dengan jarak TV ke sofa adalah 1,4 meter, mungkin sofa dua seater (dudukan) adalah pilihan paling yang ideal. Jika Anda ingin menggunakan sofa empat seater atau lebih, maka pilihlah TV yang berukuran di atas 24 inch.

Atau jika Anda memiliki ruangan TV yang besar dengan sofa yang panjang, maka TV berukuran minimal 40 inch atau lebih bisa jadi pilihan yang lebih baik. Atau saat ini sudah ada TV dengan teknologi khusus, yaitu TV dengan curved screen sehingga akan membantu menciptakan sudut pandang TV yang nyaman bagi penontonnya.

Saat menempatkan TV Anda, gunakan pengukuran ini untuk menemukan jarak yang tepat. Apakah Anda sedang duduk di sofa atau bersantai di kursi, pertimbangkan efek TV pada leher Anda jika diletakkan terlalu rendah atau terlalu tinggi.


  • Ukuran ruangan

Bangunan apartemen atau tipe rumah yang berukuran kecil pastinya memiliki ruangan dengan ukuran yang terbatas. Oleh karena itu, mungkin Anda perlu memilih TV dengan ukruan inch yang lebih kecil.

Secara umum, semakin besar televisi Anda, semakin jauh jaraknya dari sofa, sehingga dibutuhkan ruangan yang berukuran lebih besar. 

Nah, setelah membaca artikel di atas tentu Anda sudah dapat menentukan pemasangan TV yang pas dengan jarak TV ke sofa. Untuk membuat pengalamanan menonton TV yang lebih menyenangkan, sempurnakan desain interior ruang TV dengan memilih sofa atau tempat duduk yang memberikan kenyamanan yang baik.

Pastikan juga Anda memilih untuk mengaplikasikan pencahayaan yang fleksibel agar bisa disesuaikan saat tengah menikmati acara/film favoritmu di ruang TV.

Dengan penempatan dan penetaan ruang TV yang tepat,  Anda bisa menghasilkan desain ruang TV yang jauh lebih maksimal. Dengan jarak dan posisi yang pas antara TV dan sofa, Anda bisa menjadi lebih betah berlama-lama menonton TV. Dan jika Anda memiliki televisi di kamar tidur atau ruang tamu, pastikan Anda juga mempertimbangkan jarak dari tempat tidur ke dudukan TV!

0 Response to "Ini Lho Cara Menentukan Jarak TV ke Sofa yang Ideal dan Aman untuk Kesehatan!"

Post a Comment