Cara Menggunakan Aplikasi Absensi Berbasis Android Selama WFH

Bekerja dari rumah atau work from home memang bukan lagi hal yang asing bagi banyak perusahaan khususnya di masa pandemi. Selain lebih fleksibel, bekerja dari rumah juga dinilai lebih praktis dan mampu meningkatkan produktivitas karyawan karena karyawan dapat mengatur ritme kerjanya sendiri. Sayangnya bekerja dari rumah sering kali menyulitkan karyawan untuk melakukan absensi. Maka dari itu banyak perusahaan menggunakan aplikasi absensi berbasis android.


aplikasi absensi linovhr


Apa itu aplikasi absensi berbasis android? 

Sesuai namanya, aplikasi absensi berbasis android adalah sebuah aplikasi yang dapat membantu karyawan melakukan absensi dari mana saja dan kapan saja. Alasan dibentuknya aplikasi berbasis android karena banyaknya pengguna android dibandingkan iOS. 

Aplikasi absensi berbasis android ini dapat diunduh dan diinstall di masing-masing ponsel android milik karyawan. Selain menguntungkan bagi karyawan, implementasi aplikasi absensi berbasis android sebenarnya juga menguntungkan perusahaan. Karena pihak perusahaan sudah tidak perlu menyediakan anggaran pemeliharaan mesin. 

Bagaimana cara kerjanya? 

Cara kerja aplikasi absensi berbasis android sangat sederhana. Pertama, karyawan harus login dengan memasukkan password dan username yang telah ditetapkan sebelumnya. Selanjutnya, karyawan bisa langsung mencatatkan waktu mulai kerja. Begitu karyawan sudah input jam mulai kerja yang sesuai ketentuan, data dan informasi akan masuk ke sistem dan terpantau oleh HRD. 

Begitu pula saat jam selesai kerja ketika karyawan mencatatkan jam selesai bekerja. Karyawan cukup mencatatkan waktu selesai kerja ketika waktu kerja selesai. Selain itu, karyawan juga dapat mengajukan cuti melalui aplikasi serta melihat profil karyawan yang bersangkutan. 

Karena langsung masuk ke dalam sistem, data kehadiran yang masuk dari aplikasi absensi android sulit dimanipulasi atau dipalsukan. Hal ini dapat menjaga kedisiplinan karyawan walau bekerja dari jauh di luar kantor. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga sangat berguna bagi karyawan yang sering melakukan perjalanan dinas. Karyawan yang berada atau hendak pergi ke luar kota bisa tetap melakukan pencatatan kehadiran tanpa harus ke kantor terlebih dahulu. 

Mudah dan praktis, bukan? 

Bagaimana cara mendapatkan aplikasi absensi berbasis android? 

Perusahaan biasanya merasa kewalahan dalam pengelolaan absensi. Sudah bukan rahasia bahwa absensi manual dan fingerprint rentan sekali dimanipulasi. Kejadian seperti ini hanya akan mengurangi tingkat kedisiplinan dan merusak budaya perusahaan. 

Tentu saja tidak mungkin perusahaan menggunakan absensi manual dan fingerprint jika menerapkan sistem work from home untuk seluruh karyawan. Jadi, menggunakan aplikasi absensi adalah solusi yang paling menguntungkan bagi perusahaan. 

Sayangnya tidak begitu banyak perusahaan yang siap untuk menyusun atau mengembangkan sistem aplikasi mereka sendiri karena berbagai keterbatasan sumber daya. Jika sudah begini, memanfaatkan jasa vendor penyedia aplikasi absensi berbasis android tidak ada salahnya. 

Aplikasi absensi berbasis android yang dapat direkomendasikan kepada perusahaan Anda adalah LinovHR. Sebelumnya, LinovHR dikenal juga sebagai penyedia system payroll Indonesia terbaik yang diandalkan banyak perusahaan karena jaminan keamanan dan kerahasiaan data. Jadi tidak heran bila banyak perusahaan memilih LinovHR. 

Bekerja dari rumah atau work from home memang menjadi alternatif menarik bagi perusahaan yang ingin menerapkan fleksibilitas kerja. WFH bukanlah menjadi alasan bagi karyawan untuk tidak disiplin berkat adanya aplikasi absensi. Dapat disimpulkan bahwa aplikasi absensi berbasis android dinilai jauh lebih praktis dan mampu mendukung pola kerja dari rumah atau work from home. Bagaimana, tertarik menggunakan aplikasi absensi berbasis android?

0 Response to "Cara Menggunakan Aplikasi Absensi Berbasis Android Selama WFH"

Post a Comment