Apa itu Tangga Meter? Berikut Cara Menggunakannya

Dalam kehidupan sehari-hari ketika kita mengukur suatu objek tertentu pastinya menentukan dahulu, standar satuan panjang apa yang akan digunakan. Misalnya ketika mengukur jalan antar kota akan lebih baik memakai satuan kilometer (km), untuk mengukur tanah digunakan satuan meter (m), sedangkan untuk menggambar teknik bangunan yang membutuhkan ketelitian yang tinggi digunakanlah satuan milimeter (mm). Dan masih banyak lagi macamnya, tidak hanya km, m, dan mm, dan semua itu tersedia di dalam tangga meter. 

Di dalam tangga meter ada urutan satuan yang akan memudahkan kamu ketika ingin mengonversi satuan panjang. Satuan panjang dalam tangga meter sangat sering kita gunakan. Bahkan sering kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita bahas berbagai satuan panjang ini dalam tangga meter.

Meteran untuk Mengukur Jarak atau Panjang via Pixabay.com


Tangga Meter Memudahkan Pemahaman Satuan Panjang


Satuan panjang merupakan satuan yang digunakan untuk mengukur suatu benda dari titik permulaan hingga titik akhir. Nah, dalam satuan panjang itu sendiri kita mengenal tangga meter yang akan memudahkan seseorang saat ingin mengonversi dari standar satuan yang satu ke standar satuan yang lainnya.

Sebelumnya sudah disinggung di atas bahwa pengukuran satuan panjang suatu objek tentu berbeda di mana disesuaikan dengan kebutuhan atau ditentukan dengan sistem pengukuran yang paling terkait. 

Di dalam sistem pengukuran dikenal dua sistem, yaitu sistem MKS dan sistem CGS. Berikut di bawah ini penjelasannya:

  • Sistem MKS, yaitu sistem pengukuran dengan satuan pokok meter, kilogram dan sekon
  • Sistem CGS, yaitu sistem pengukuran dengan satuan pokok centimeter, gram dan sekon

Kedua sistem ini saling berkaitan, di mana:

  • 1 kilogram = 1000 gram
  • 1 meter = 100 centimeter

Karena fokus kita pada artikel ini pada satuan panjang, maka untuk satuan massa dan waktu dikesampingkan terlebih dahulu. Sejak diadopsi pada tahun 1889, penggunaan sistem MKS sudah menggantikan sistem CGS dalam perhitungan, sehingga yang menjadi sistem Satuan Internasional (SI) pada ukuran panjang adalah meter.


Cara Menggunakan Tangga Meter


Karena kebutuhan pengukuran berbeda-beda, maka kita harus paham berbagai jenis satuan meter dan cara mengonversi satuan panjang tersebut. Apalagi ketika kita bergelut dalam dunia bisnis yang selalu menerapkan satuan panjang dalam berbagai urusan, misalnya bisnis konstruksi.

Untuk lebih memahaminya, berikut ini kami berikan ilustrasinya, melalui gambar dari tangga meter di bawah ini:

Tangga meter terdiri dari tujuh anak tangga, yaitu mulai dari kilometer, hektometer, dekameter, meter, desimeter, centimeter, dan milimeter.  Dan semua itu sebaiknya dipahami, meskipun hanya ada beberapa satuan panjang yang familiar dengan kehidupan sehari-hari, tetapi tidak ada salahnya bila kita mempelajari secara totalitas.

Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Kilometer (km)

Kilometer adalah nilai ukuran pada tangga meter yang digunakan dalam sistem metric. Sesuai dengan tangga meter, maka 1 km sama dengan 1000 meter karena turun sebanyak tiga kali sehingga dikalikan 1000. Satuan ini umumnya digunakan untuk membandingkan jarak antarkota. Karena pasti akan sangat sulit bila kita menggunakan satuan meter untuk mendeskripsikan jarak kota maupun negara.

Hampir seluruh negara di dunia telah menerapkan satuan km untuk membandingkan jarak antarkota, kecuai  jaringan jalan di Amerika Serikat dan Inggris yang telah memiliki satuan resmi tersendiri.


2. Hectometer (hm)

Penerapan satuan hectometer ini jarang sekali kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari sehingga kurang familiar di telinga kita. Namun, hectometer benar-benar ada di tangga meter dan berada satu tingkat di bawah kilometer. Jadi, apabila dari nilai kilometer melompat ke hectometer maka harus dikalikan dengan angka 10. 

Contohnya jarak kota A ke kota B adalah 10 km dan akan diubah ke dalam satuan hectometer, maka berarti jarak kota A ke kota B memiliki jarak sejauh 100 hm.

3. Decameter (dam)

Decameter atau yang lebih sering disingkat dengan ‘dam’ merupakan satuan yang terletak satu tingkat di atas meter dan dua tingkat di bawah kilometer. Bila ada satuan dalam km, kamu cukup mengalikan 100 untuk mengubah dalam bentuk dam.

4. Meter (m)

Satuan selanjutnya adalah meter yang merupakan satuan internasional yang digunakan untuk mengukur satuan panjang. Satuan panjang meter ini mempunyai makna universal dan sering kita gunakan, bahkan mengukur jarak kota juga bisa, meskipun cukup ribet.

Misalnya saat ingin membeli tanah dan/atau bangunan, membeli kain, yang digunakan adalah satuan meter. Dan masih banyak lagi penerapan satuan meter dalam penggunaannya di kehidupan kita sehari-hari.

5. Decimeter (dm)

Anak tangga meter yang kelima atau melompat satu tingkatan dari meter maka akan menuju pada satuan decimeter. Kita sering menggunakannya ketika diterapkan dalam kubik yang setara dengan satu liter.

Bila kamu mendapat nilai panjang suatu objek dalam satuan meter, maka untuk menemukan dalam versi desimeter kamu cukup mengalikannya dengan angka 10.

6. Centimeter (cm)

Centimeter merupakan satuan internasional dalam sistem pengukuran CGS. Namun, kelemhannya saat mengukur ukuran objek yang besar kurang cocok. 100 cm sama dengan 1 meter. 

Kamu harus paham konversi ini karena sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika ingin mengukur tinggi badan, dan lains sebagainya.

7. Milimeter (mm)

Milimeter ini sering kita gunakan saat membuat sebuah minuman dalam kemasan atau ketika sedang melakukan penelitian dalam bidang ilmu kimia, fisika dan biologi seperti saat menggunakan gelas ukur. Tidak mungkin kamu akan menggunakan satuan meter, kan?

Di kehidupan sehari-hari, dari ketujuh satuan tersebut yang sering digunakan adalah kilometer, meter, centimeter, dan millimeter. Mungkin yang lain biasa digunakan oleh golongan orang-orang tertentu, hanya kurang familiar untuk kehidupan orang biasa.

Dari gambar tangga meter di atas kita bisa membuat rincian konversi dalam satuan meternya, yaitu seperti di bawah ini:

  • 1 km = 1000 m
  • 1 hm = 100 m
  • 1 dam = 10 m
  • 1 m = 1 m
  • 1 dm = 0,1 m
  • 1 cm = 0,01 m
  • 1 mm = 0,001 m

Itulah ulasan mengenai tangga meter dan satuan panjang. Untuk mempermudah dalam mengetahui satuan panjang, sudah tepat bila yang digunakan standar adalah satuan meter. Dengan tangga meter dan cara mengonversi satuan panjang tersebut, kamu sudah mulai dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

0 Response to "Apa itu Tangga Meter? Berikut Cara Menggunakannya"

Post a Comment