5 Inspirasi Model Lis Plafon untuk Memperindah Ruangan

Saat ini hampir setiap bangunan baik gedung maupun rumah sudah dilengkapi plafon untuk menutupi bagian langit-langit atap. Selain menutupi kerangka atap, plafon juga berfungsi untuk menutupi kabel-kabel yang melewati jalur pada langit-langit agar sebuah ruangan terlihat rapi dan bersih. Untuk menambah nilai estetika, kamu bisa meminta tukang untuk menambahkan desain atau model lis plafon yang bagus nan cantik.


Mengenal Lis Plafon

Lis plafon adalah sebuah papan penghubung yang membentang antara permukaan plafon dan dinding sehingga saling menempel. Tanpa pemasangan lis plafon, tampilan plafon pada sebuah ruangan tidak hanya terlihat biasa saja tapi juga akan mudah retak dan runtuh.

Cukup banyak jenis bahan yang bisa dipilih oleh pemilik bangunan untuk lis plafon sendiri, yaitu mulai dari lis plafon yang terbuat dari gypsum, PVC, dan kayu. 

Peruntukkan dari ketiga jenis bahan lis plafon tersebut yaitu:

  • Lis plafon dari bahan gypsum sangat cocok untuk bangunan bergaya klasik dan Victorian karena mudah diukir ke dalam bentuk yang rumit.
  • Lis plafon dari bahan PVC sangat cocok untuk bangunan bergaya modern dan minimalis. 
  • Lis plafon dari bahan kayu sangat cocok untuk bangunan bergaya tradisional.

5 Inspirasi Model Lis Plafon

Untukmu yang akan atau sedang membangun rumah atau merenovasi sebuah ruangan, coba simak lima inspirasi model lis plafon ini!

1. Plafon Memanjang Cocok untuk Plafon Berbahan PVC


Salah satu bahan plafon yang cukup berkualitas adalah PVC. Namun, pemilihan PVC sebagai bahan plafon dan juga lis plafon tidak boleh sembarangan. Jenis bahan ini cocok untuk lis plafon yang bentuk ruangannya memanjang

Lis plafon akan terlihat sangat kinclong dan mengkilap sehingga ruangan akan terlihat indah dan bersih.

2. Lis Plafon Gypsum dengan Model Interior Klasik

Lis plafon dari bahan gypsum sangat cocok untuk interior sebuah bangunan yang bergaya klasik. Selain karena mudah untuk diukir ke dalam bentuk yang cantik, lis plafon model ini bisa dipasang memanjang sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Tak hanya itu, lis plafon gypsum juga dilengkapi dengan siku-siku penopang di beberapa titik sudut ruangan. 


3. Lis Plafon Minimalis untuk Interior Ruangan Minimalis


Apabila ruangan yang akan dipasangi plafon bergaya interior minimalis, maka sebaiknya lis plafon yang dipasang juga harus tampil minimalis agar terlihat harmonis. 

Lis plafon bergaya minimalis identik dengan tanpa banyak memiliki lekukan dan umumnya berwarna monokrom. Biasanya jenis lis plafon yang digunakan memiliki pola garis-garis memanjang.


4. Lis Plafon Kayu untuk Ruangan Bergaya Tradisional nan Vintage



Ruangan dengan gaya tradisional identik dengan material kayu dan suasananya yang hangat. Material kayu pada lis plafon ini juga memberikan kesan tampilan ruangan yang natural.

Warnanya yang kontras dengan warna dinding akan membuat tampilan interior ruangan lebih tegas. Ruanganmu akan terlihat lebih bersih dan mudah untuk membedakan area dinding dan langit-langit. 

Apabila ruanganmu tersebut memiliki langit-langit yang rendah, sebaiknya pilihlah warna yang senada untuk warna cat lis plafon dan plafonnya.


5. Lis Plafon Gypsum dengan Penuh Ukiran nan Mewah 



Lis plafon gypsum tidak hanya cocok untuk bangunan bergaya rumah klasik, namun juga dapat diaplikasikan pada ruangan rumah bergaya modern. Sifatnya yang mudah dibentuk dan diukir akan mampu melengkapi tampilan mewah dari bagian dalam bangunan tersebut.



Seperti pada potongan lis plafon di atas, ukiran yang penuh secara tidak langsung memberikan kesan mewah dan menyempurnakan kemewahan ruang itu sendiri. Bayangkan jika bangunan yang nampak dari luar tersebut terlihat mewah dan elegan, pasti lis plafon yang cocok untuk digunakan adalah model yang ini, bukan yang hanya memiliki pola garis-garis memanjang.

Itulah fungsi dari lis plafon dan beberapa inspirasi model lis plafon yang dapat kamu pilih salah satu. Saat ini pasar konstruksi sudah dipenuhi dengan berbagai macam bahan finishing, termasuk lis plafon ini. Jadi, dengan inovasi modern dalam bidang konstruksi ini akan memudahkan kamu untuk memilih dan menggunakan model lis plafon yang kamu inginkan. Kamu cukup memesannya baik secara langsung datang ke pabrikan lis plafon ataupun mengunjungi situs toko online yang menyediakan jenis-jenis lis plafon.

0 Response to "5 Inspirasi Model Lis Plafon untuk Memperindah Ruangan"

Post a Comment