Disertai Gambar: Lapangan Lempar Lembing Dan Spesifikasi Tongkat Lembing

Lempar lembing merupakan salah satu olahraga pada cabang atletik yang menguji ketrampilan atlet untuk melemparkan tongkat lembing sejauh mungkin. Sebagai acuannya, tentu akan dibangun lapangan yang bisa digunakan untuk perlombaan olahraga jenis ini.

Berikut di bawah ini akan dijelaskan ukuran lapangan olahraga lempar lembing dan juga spesifikasi tongkat lembing yang digunakan baik untuk atlet laki-laki maupun perempuan.

Via Gatra.com


Ukuran Lapangan Lempar Lembing



Lapangan lempar lembing dilengkapi dengan sebuah lintasan memanjang berukuran lebar 4m. Sementara itu runway-nya memiliki panjang minimal 30m dan panjang maksimal 36,5m. 

Di lintasan lapangan inilah para pemain lempar lembing mengambil ancang-ancang sebelum melakukan lemparan. Setelah itu, atlet lempar lembing diharuskan melemparkan lembing di area yang ditentukan (lengkung lemparan). Lengkung lemparan tersebut terbuat dari kayu atau logam yang dicat putih dengan lebar 7 cm. Lengkungan ini merupakan busur dari lingkaran yang berjari-jari 8 meter dan dibuat datar dengan tanah.

Para atlet melempar tongkat lembingnya ke daerah lemparan yang bebentuk segita yang bersudut 29º - 30º dan panjang kedua sisinya 30m.

Spesifikasi Lembing

Lembing terbuat dari logam alumunium yang mempunyai panjang 260 cm - 270 cm dan beratnya 800 gram untuk putra. Sedangkan lembing untuk putri spesifikasinya adalah panjang 220 cm - 230 cm dan beratnya 600 gram.

Untuk lebih jelasnya bisa diliat pada gambar dan penjelasan di bawah ini:

Ukuran Lembing Putra Via CV. Jaya Bersama

Ukuran Lembing Putri Via CV. Jaya Bersama

Adapun diameter lembing adalah 2,5cm hingga 3cm, dan panjang lilitan yang digunakan sebagai pegangan baik untuk laki-laki maupun perempuan adalah 14 cm – 16 cm.

Bagian ujung tongkat lembing dibuat mengkilap dan tajam, bagian belakang lembing (ekornya) lebih ringan daripada ujung lembing. Hal itu bertujuan agar tongkat lembing bisa mendarat dan menancap dengan baik. 

Pegangan lembing terbuat dari lilitan tali yang dililit rapat tanpa ada renggangan supaya para atlet merasakan kenyamanan pada saat melemparkan lembing, tidak panas. Lilitan lembing tersebut harus terbuat dari bahan yang tidak licin dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Keduanya baik lapangan lempar lembing dan tongkat lembing harus memenuhi standar yang telah ditetapkan agar perlombaan lempar lembing dapat berjalan dengan lancar dan sukses, tanpa ada yang merasa dirugikan.

0 Response to "Disertai Gambar: Lapangan Lempar Lembing Dan Spesifikasi Tongkat Lembing"

Post a Comment