Mudah Memahami Perbedaan Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Kebutuhan primer atau pokok yang mendasar bagi setiap manusia terdiri dari kebutuhan sandang, pangan dan papan. Namun, pada zaman modern seperti saat ini kebutuhan dan keinginan manusia cukup sulit dibedakan, apalagi produk atau barang semakin beragam, sehingga mengakibatkan masyarakat kesulitan dalam hal menentukan mana kebutuhan primer dan mana kebutuhan sekunder. 

Dari sekian banyak kebutuhan manusia, kebutuhan makanan dan minuman, tempat tinggal, dan pakaian masih menjadi kebutuhan primer yang mesti selalu menempati urutan atas dalam hal permintaan pangsa pasar.


Apa yang Dimaksud Kebutuhan Primer?


Kebutuhan primer adalah kebutuhan dasar manusia yang mutlak harus dipenuhi agar bisa menjalankan kehidupan.

Kelompok Produk atau Barang

Di dalam pengukuran konsumtivisme, terdapat tiga kelompok produk atau barang, yaitu:

  1. Kelompok benda baku, yaitu produk atau barang yang terkait dengan sektor produksi kebutuhan primer masyarakat, seperti makanan, minuman, dan pakaian.
  2. Kelompok teknologi dan peralatan dasar, yaitu produk atau barang yang terkait dengan sektor produksi kebutuhan sekunder masyarakat, seperti alat transportasi seperti sepeda motor dan mobil gadget atau alat komunikasi, dan lain sebagainya.
  3. Kelompok waktu luang (leisure time), yaitu produk atau barang yang terkait dengan sektor produksi kebutuhan yang bersifat tersier, seperti pencarian kesenangan ke mal, tempat wisata, dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Kebutuhan Primer


Sebagai kebutuhan utama yang harus terpenuhi oleh umat manusia, tentunya kebutuhan primer ini dibagi menjadi beberapa jenis kebutuhan yang paling penting untuk dipenuhi guna 
memelihara kelangsungan hidupnya, yaitu meliputi:


1. Kebutuhan Makanan

Kebutuhan primer yang pertama adalah makanan. Manusia membutuhkan makanan sebagai sumber energi atau kekuatan untuk tubuh agar dapat menjalankan aktivitasnya sehari-hari. 

2. Tempat Tinggal

Tempat tinggal menjadi kebutuhan primer manusia karena sebagai hunian untuk bertahan hidup dan merdeka. Tempat tinggal yang nyaman akan memberikan kualitas kehidupan yang baik.

Jadi, jika sampai saat ini masih ada bangsa yang belum diakui sebagai bentuk negara artinya mereka belum mendapatkan kebutuhan dasarnya, yakni tempat tinggal. Karena masih merasa terjajah, keamanan tidak terjamin, dan juga aksesibilitas yang sulit. 


3. Pendidikan

Kualitas sebuah masyarakat tergantung dengan tingkat pendidikannya. Seseorang dengan tingkat pendidikan yang lebih baik dapat bekerja dengan mengasilkan output per jam yang lebih banyak dan berkualitas dibandingkan dengan seseorang yang bekerja dengan dibekali pendidikan yang lebih rendah.

Tingkat pendidikan dapat memberikan perbedaan akan keberhasilan kerja, dimana tingkat pendidikan sangat berpengaruh terhadap tingkat pendapatan yang diterima oleh seseorang.

4. Kesehatan

Kesehatan juga menjadi kebutuhan pokok manusia sebagai makhluk hidup. Jika tidak sehat, seseorang tidak akan dapat bekerja dan tentunya tidak bisa memenuhi kebutuhan primer yang lain. 

Oleh karenanya, pemerintah mendorong semua lapisan masyarakat ikut serta dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Setiap orang memiliki risiko jatuh sakit, dan biasanya membutuhkan biaya yang tinggi, sehingga menjadi beban. JKN memberikan solusi berupa perlindungan bagi setiap warga masyarakat agar mereka dapat memanfaatkan jaminan kesehatan dengan baik dan benar, sehingga tidak jatuh pada jurang kemiskinan karena biaya kesehatan yang terlampau tinggi.

Mudah Memahami Perbedaan Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier

Kehidupan manusia selalu diiringi dengan berbagai kebutuhan. Menurut intensitas atau tingkat kepentingannya, kebutuhan manusia dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Berikut ini penjelasan perbedaan ketiganya:

Jika kebutuhan primer merupakan kebutuhan dasar manusia yang harus mutlak dipenuhi, maka kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan tambahan yang melengkapi kebutuhan primer. Jadi, kebutuhan sekunder ini muncul jika kebutuhan primer sudah terpenuhi. 

Sedangkan kebutuhan tersier merupakan kebutuhan manusia yang sering disebut dengan kebutuhan akan sesuatu yang bersifat mewah. Jadi, meskipun kebutuhan tersier ini tidak dapat dipenuhi oleh seseorang, ia masih bisa untuk bertahan hidup.

Dari ketiga jenis kebutuhan di atas, semuanya bersifat relatif di mana satu orang dan yang lainnya memiliki pandangan berbeda pada suatu produk/barang apakah itu termasuk kebutuhan primer, sekunder, atau tersier bagi dirinya. 

Sebagai contoh sepeda motor dahulu dianggap sebagai barang mewah dan termasuk kebutuh tersier. Namun saat ini sepeda motor dapat dianggap sebagai kebutuhan primer atau sekunder untuk sebagian orang, yang mana sebagai alat transportasi. Hal ini dapat terlihat dari jalan raya penuh dengan sepeda motor. Seiring dengan dianggapnya sepeda motor sebagai kebutuhan primer, membuat setiap orang berusaha untuk memenuhi akan kebutuhan jenis alat transportasi tersebut.

0 Response to "Mudah Memahami Perbedaan Kebutuhan Primer, Sekunder, dan Tersier"

Post a Comment