Manfaat dan Tips Membuat Desain Taman Sekolah

Taman sekolah merupakan ruang terbuka hijau (RTH) yang didesain untuk mengindahkan dan menghijaukan lahan di lingkungan sekolah. 

Taman sekolah ini membuat suasana belajar di lingkungan sekolah menjadi lebih menyenangkan karena dilengkapi aneka tanaman, rumput, kolam dan tanaman pelindung sehingga menjadikan suasananya yang asri.

Seperti halnya perpustakaan, ruang UKS, laboratorium, mushola, dan lapangan olahraga, taman sekolah termasuk fasilitas sekolah yang bisa menunjang kegiatan para siswa di sekolah karena berkaitan dengan kenyamanan.



Apa itu Taman Sekolah?

Taman sekolah atau edukatif merupakan sarana bagi anak sekolah untuk memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tentang keilmuan atau sains sehingga tertarik untuk mempelajarinya. 

Dasar taman sekolah adalah tempat bermain untuk siswa TK dan SD. Sementara itu untk siswa SMP dan SMA, taman sekolah yang dibuat sebaiknya didesain untuk tempat belajar atau tempat bersantai di kala jam istirahat.


Manfaat Taman Sekolah

Kehadiran taman sekolah cenderung sangat dibutuhkan, terlebih untuk sekolahan yang berada di lingkungan perkotaan karena untuk memperbanyak ruang terbuka hijau (RTH).

Seperti halnya taman kota untuk publik, taman sekolah juga dirancang untuk dijadikan pemasok oksigen. Dengan adanya taman sekolah, maka lingkungan dan suasana di sekitarnya jadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Di samping manfaat di atas, masih ada beberapa manfaat lainnya dari taman sekolah, yaitu:

  1. Taman sekolah bisa memperindah lingkungan sekolah dan sekitarnya.
  2. Meningkatkan motivasi belajar para siswa karena lingkungan yang lebih santai dan rileks sehingga pikiran siswa lebih siap untuk menerima pelajaran.
  3. Taman sekolah bisa dijadikan sebagai tempat untuk menyegarkan pikiran ketika waktu istirahat tiba. Di tempat ini siswa bisa menenangkan pikirannya setelah menerima pelajaran dan atau lebih siap untuk menerima materi pelajaran yang lain.
  4. Menumbuhkan rasa peduli pada siswa untuk mencintai lingkungan, merawat dan memelihara tanaman.
  5. Dapat digunakan sebagai sumber belajar dan bisa dijadikan pilihan tempat bagi para siswa untuk berdiskusi atau membaca. Pada taman sekolah di dalamnya terdapat kemungkinan-kemungkinan yang cukup banyak untuk dapat dimanfaatkan sebagi pembelajaran outdoor ataupun mempelajari materi ekosistem. 
  6. Menambah kreatifitas siswa. Mereka bisa dilibatkan untuk memilih desain taman sekolah yang cocok untuk taman yang berada di depan kelasnya, dan jenis tanaman yang bisa ditanam.
  7. Dapat dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul, berdiiskusi, dan bersosialisasi antar teman atau antar anggota organisasi yang ada di sekolah. 

Desain Taman Sekolah

Melihat manfaatnya yang begitu banyak seperti yang disebutkan di atas, maka sudah sewajarnya jika taman sekolah dibuat dengan desain yang bagus dan menarik, dengan tujuan agar siswa merasa betah berada di tempat itu. 

Desain taman sekolah dirancang untuk mengolah potensi lahan dan penyesuaian kebutuhannya sehingga didapatkan suatu rencana taman sekolah yang siap diaplikasikan.

Output dari desain taman sekolah ini berupa gambar kerja, poster, maket ataupun visualisasi lanskap taman lainnya.

Rancangan taman khususnya pekarangan sekolah harus didesain untuk mewadahi aktivitas bermain anak sekolah. Ini tentunya membuat mereka tidak tertarik untuk mencari tempat lain terutama yang berada di luar lingkungan sekolah yang bisa saja memunculkan efek yang kurang baik.

Kriteria desain dari lanskap taman sekolah yang harus dipenuhi saat proses pembangunannya adalah sebagai berikut:

  1. Menyediakan ruang edukasi, yaitu meliputi area observasi sehingga ruangan tersebut memberikan edukasi kepada pengunjungnya mengenai ragam jenis vegetasi maupun satwa.
  2. Dilengkapi dengan elemen keras dan lunak. Elemen keras dapat menggunakan material dari alam atau menyerupai alam, seperti kayu dan batu-batuan sehingga memberikan kesan alami dan selaras dengan lingkungan. Sementara itu elemen lunak dapat menggunakan tanaman berdasarkan fungsi vegetasi, baik sebagai peneduh, pembatas ataupun estetis. Vegetasi peneduh dapat dipilih pohon ketapang, vegetasi pembatas contohnya dapat menggunakan tanaman perdu sebagai pembatas jalan setapak, sedangkan vegetasi estetis dapat dipilih tanaman berbunga yang menampilkan dedaunan indah.
  3. Menyediakan ruang bermain. Tipe permainan yang dipilih sebaiknya yang bersifat edukatif untuk mengajarkan siswa agar berkembang. Selain itu ruang bermain harus menyediakan area untuk istirahat yang bersifat menenangkan.



 Berikut beberapa contoh desain taman sekolah yang mungkin dapat diterapkan untuk sekolahan kamu:

Desain Taman Sekolah untuk Depan Ruang Kelas Via psma.kemdikbud.go.id


Desain Taman Sekolah Jalur Keluar Masuk Gerbang Sekolah via psma.kemdikbud.go.id

Tips Mendesain Taman Sekolah yang Baik


Secara prinsip, cara mendesain taman sekolah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pembuatan desain taman lain terutama yang berada di tempat umum atau publik. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini adalah tips mendesain taman sekolah yang baik;

  • Lokasi taman yang dipilh harus berada di tempat yang mudah diakses dari segala arah, baik untuk jalur keluar masuk gerbang pintu sekolah atau dari ruang kelas.
  • Tanaman yang digunakan memiliki warna yang beragam, tidak hanya memunculkan warna hijau pada daunnya saja, namun juga bisa memunculkan warna-warna cerah lain sehingga bisa menghasilkan kesan yang lebih segar dan ceria.
  • Taman tersebut sebaiknya dilengkapi dengan kursi yang tidak hanya bisa diduduki oleh satu atau dua orang saja, dan didesain untuk bisa saling berhadapan.
  • Pilih jenis tanaman rumput yang lebih tebal untuk mengindari kerusakan yang diakibatkan seringnya diinjak-injak atau untuk tempat dudukan selain kursi.
  • Karena taman sekolah lebih sering digunakan pada waktu pagi dan siang hari, sebaiknya lampu taman hanya dipasang sesuai dengan keperluan saja untuk penerangan. 
  • Jika ingin memasang patung sebagai hiasan taman sekolah, gunakan patung yang menggambarkan kehidupan pelajar atau patung tokoh inspiratif yang mampu memberikan nilai atau motivasi bagi siswa dalam menuntuk ilmu.


Itulah ulasan mengenai apa itu taman sekolah, manfaatnya, desain dan tips merencanakan taman sekolah. Untuk membuat dan membangun taman sekolah yang menarik diperlukan kerjasama semua pihak, mulai dari pimpinan, guru hingga para siswa untuk saling membahu dan bekerjasama demi menciptakan lingkungan sekolah yang tidak hanya asri namun juga menarik. 

0 Response to "Manfaat dan Tips Membuat Desain Taman Sekolah"

Post a Comment