Teralis Besi: 7 Desain dan Biaya Jasa Pemasangannya

Setiap rumah pasti memiliki jendela sebagai ruang pertukaran udara sekaligus pencahayaan alami dalam ruangan. Sayangnya, penggunaan jendela kaca sering kali memicu timbulnya tindak kejahatan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, jendela kaca perlu dilapisi dengan teralis besi.

Meskipun ada banyak bahan teralis lainnya yang lebih murah, namun teralis berbahan besi ini bisa menjadi pilihan yang paling tepat untuk fungsi keamanan rumah. Bahkan pengaplikasiannya tidak hanya untuk jendela saja, tetapi bisa memagari pintu belakang rumah agar tidak mudah diterobos.

Lalu, bagaimana dengan desainnya? Apakah teralis berbahan besi bisa dibuat dengan tampilan desain yang unik dan menarik? Dan bagaimana biayanya? Baca selengkapnya penjelasan di bawah ini.


Penggunaan Teralis Besi

Pada awalnya teralis tidak terlalu dianggap penting oleh sebagian orang. Sejak maraknya tindak kejahatan yang diberitakan di televisi, sebagian besar orang mulai menyadari pentingnya penggunaan teralis.

Walaupun sebagian besar teralis digunakan untuk memagari jendela, pengaplikasiannya sebenarnya juga bisa untuk pintu serta pagar rumah. Orang yang menggunakan teralis dari besi yang kokoh, untuk menjaga rumah dari pembobolan melalui area jendela, pintu, dan pagar.

Seiring banyaknya pengguna teralis berbahan besi, maka banyak bermunculan produsen yang menciptakan variasi teralis dengan lebih menarik. Keindahan desain dan model tersebut pada akhirnya membuat penggunaannya tidak hanya untuk perlindungan saja, tetapi juga sebagai dekorasi rumah.

Model dan Desain Teralis Besi

Dibalik bahannya yang sangat kuat, saat dilelehkan besi sangat mudah dibentuk. Hal inilah yang menjadi faktor pendorong banyaknya model teralis besi yang bermunculan. Berikut adalah beberapa desain dan model teralis yang sangat elegan dan patut untuk dicoba.

1. Teralis Besi Model Bunga



Mayoritas masyarakat paling suka menggunakan teralis dari besi yang menggunakan model bunga. Terlebih variasi bunga yang dibentuk sangat beragam. Bisa berupa bunga besar dalam satu jendela, atau beberapa bunga kecil sebagai motif teralis.

2. Teralis Besi Model Vintage



Teralis dengan model vintage memiliki sifat yang lebih dinamis. Pemasangannya cocok untuk jendela ataupun pintu rumah. Desain ini juga bisa menyesuaikan segala ruangan, baik yang bertema klasik, modern, ataupun minimalis.

3. Teralis Besi Klasik



Meskipun desain rumah klasik bisa menggunakan beragam jenis teralis, penggunaan desain ini akan menyelaraskan suasana klasik di dalam rumah. Desainnya yang sangat sederhana cocok diaplikasikan pada rumah yang memiliki jendela besar.

Sayangnya, desain ini kurang cocok pada jendela rumah minimalis karena terlalu banyak garis yang menutupi pencahayaan alami dari jendela.

4. Teralis Besi Ulir Melengkung




Besi ulir tanpa desain sebenarnya sudah memberikan tampilan yang elegan dalam ruangan. Namun untuk memaksimalkan tampilannya, perpaduan besi ulir dengan desain melengkung bisa menjadi pilihan.

Beberapa lengkungan pada teralis berbahan besi ini membuat desainnya membentuk motif yang cantik. Terlebih besi yang digunakan dilapisi dengan warna cokelat keemasan. Desain ini cocok untuk menghiasi jendela kamar dan belakang rumah yang berbatasan dengan taman.

5. Teralis Besi Outdoor



Teralis berbahan besi ini memiliki perbedaan dari pemasangannya yang dilakukan dari luar jendela. Walaupun dipasang dari luar, namun tetap memperhatikan prosedur yang baik sehingga keamanannya tetap terjamin.

Teralis ini sangat cocok digunakan pada ruangan minimalis, agar ruangan dalam jendela tetap luas dan bisa dihiasi dengan tanaman atau ornamen lainnya.

6. Teralis Besi Ala Jepang


Sekilas model teralis ini polos dan hanya menggunakan perpaduan desain garis berbentuk kotak saja. Tapi, penggemar film Jepang pasti akrab dengan desain ini. Jika ingin menegaskan suasana ala Jepang pada rumah yang bernuansa kayu, bisa menggunakan jenis teralis ini sebagai hiasan dan pelindungnya.

7. Teralis Besi Melengkung Gaya Eropa Klasik



Teralis yang digunakan masyarakat klasik Eropa biasanya berupa teralis outdoor. Selain diaplikasikan dari luar, keunikan model Eropa klasik ini terletak pada lengkungan besi yang menjorok ke luar jendela. Ini akan memberikan kesan ruangan bagian dalam yang lebih luas.

Meskipun menjorok ke luar, penggunaannya tetap aman karena bagian samping teralis tetap dibatasi dengan besi yang jaraknya lebih renggang.

Biaya Jasa Pemasangan Teralis Besi

Biaya pemasangan teralis sangat dipengaruhi oleh luasnya area yang akan dipasang. Semakin luas areanya, maka biayanya bisa semakin mahal. Selain itu, biaya pemasangan juga dipengaruhi oleh desain teralis besi yang sederhana hingga rumit.

Berikut estimasi biaya pemasangan teralis berbahan besi yang bisa menjadi bahan pertimbangan:


Model Teralis

Perhitungan

Biaya

Teralis jendela polos

Per meter

Rp250.000,00 – Rp300.000,00

Teralis jendela minimalis

Per meter

Rp350.000,00 – Rp390.000,00

Teralis jendela model tempa

Per meter

Rp400.00,00 – Rp450.000,00

Teralis pintu 1 daun model anti nyamuk

Per pintu

Rp1.250.000,00 – Rp1.350.000,00

Teralis pintu vertikal dua daun

Per pintu

Rp2.700.000,00 – Rp2.850.000,00


Daftar biaya di atas hanya kisaran harga berdasarkan beberapa jasa yang menawarkan jasanya secara online ataupun offline. Pada beberapa jasa pemasangan di sekitar Anda, bisa saja menawarkan harga yang jauh lebih murah atau lebih mahal tergantung keuntungan yang diambil. 

Banyaknya peran dan model teralis besi bisa menjadi pertimbangan Anda untuk menggunakannya di rumah. Selain rumah lebih aman, desainnya juga bisa mendukung tampilan rumah lebih elegan. Terlebih harga teralis dan pemasangannya sangat terjangkau dibanding manfaatnya yang banyak.

0 Response to "Teralis Besi: 7 Desain dan Biaya Jasa Pemasangannya"

Post a Comment