Apa itu Delineasi dan Jenis-Jenisnya

Delineasi adalah pola informasi yang terstruktur untuk menuntun arus pergerakkan kendaraan agar para pengemudi mendapatkan keselamatan selama di jalan, baik dalam kondisi siang dan malam maupun dalam kondisi kering dan basah. 

Selain membutuhkan penerangan jalan umum (PJU) yang baik, sebuah jalan harus dilengkapi dengan delineasi yang baik. 

Jalan dengan delineasi yang efektif dapat memperbaiki efisiensi dan keselamatan sistem berlalu lintas. Delineasi memberikan sejumlah informasi bagi pengemudi kendaraan untuk kenyamanan dalam mengemudi dan juga keselamatan arus lalu lintas.





Jenis-jenis Delineasi


Ada 2 jenis tipe delineasi, yaitu:

1. Delineasi jarak pendek

Yaitu pengendalian penempatan kendaraan di jalan raya yang berfungsi untuk mengidentifikasi batas pergerakan yang legal dan aman. Perlengkapan delineasi jarak pendek ini antara lain : marka dan penanda permukaan jalan.

2. Delineasi jarak panjang

Yaitu pengendalian penempatan berkendara secara terstruktur untuk mengantisipasi alinyemen jalan, mengatur arus perjalanan pengemudi dan mememberikan informasi kepada pengemudi terkait dengan situasi yang berpotensi berbahaya di jalan. Perlengkapan delineasi jarak panjang ini antara lain patok pengarah, rambu dan marka atau penanda alinyemen (Chevron Alinyemen Marker). 


Marka alinyemen tegak lurus yang merupakan delineasi jarak panjang ini akan ditempatkan pada sisi sebelah luar bahu jalan atau jalur lalu lintas yang dimulai pada awal tikungan sampai dengan akhir tikungan, di mana jarak antara masing-masing rambu disesuaikan dengan kebutuhan.

Marka Penanda Alinyemen (Chevron Alinyemen Marker)


Itulah ulasan mengenai apa itu delineasi dan jenis-jenisnya. Secara bahasa, delineasi diartikan sebagai penggambaran atau pemetaan dengan menggunakan garis dan lambang. Jadi, delineasi ini tidak hanya digunakan dalam mengatur pergerakan kendaraan di jalan raya, akan tetapi juga berkaitan dengan pemetaan garis batas suatu objek atau wilayah (desa, kecamatan, kota, atau suatu negara) menjadi peta.

1 Response to "Apa itu Delineasi dan Jenis-Jenisnya"