Kupon Sukuk Ritel SR013, Menarik dan Menjangkau Investor Lebih Luas

Kupon Sukuk Ritel SR013 memberikan tingkat imbal hasil yang kompetitif. Produk SR013 ini bakal terbit pada akhir bulan Agustus 2020 ini yang pastinya banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Sifatnya yang tradeable membuat SR012 ini dapat dijual kembali di pasar sekunder setelah masa holding period berakhir dan memiliki potensi capital gain.

Via obligasi.co.id


Meskipun di tengah Pandemi Covid-19 Kemenkeu tetap optimis angka penjualan instrumen SR013 berpotensi lebih tinggi dibandingkan sukuk ritel SR012. Semua Mitra Distribusi (MiDis) harus lebih intensif memasarkan produk tersebut dalam beberapa hari masa penawaran ke depan.

Masa penawaran SR013 direncanakan dimulai pada akhir Agustus sampai dengan akhir September 2020, yakni dilakukan pada 28 Agustus 2020. Investor dapat melakukan pemesanan dengan nominal mulai dari Rp1 juta dan maksimal Rp 3 miliar.

Pemerintah memutuskan untuk menerbitkan SR013 terlebih dahulu dengan berbagai pertimbangan. Mulai dari basis investor SR yang lebih luas, potensi reinvestment dari SBN ritel yang akan jatuh tempo, hingga berdasarkan rencana jadwal strategi pengelolaan utang.

 Alasan lainnya adalah karena adanya cukup jeda waktu antara masa penawaran SR013 dengan ORI017 (15 Juni - 9 Juli 2020). Penerbitan SR013 pun diharapkan mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat.

Tujuan penerbitan instrumen sukuk ritel SR013 ini adalah untuk diversifikasi instrumen pembiayaan APBN, membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia, memperluas basis investor di pasar domestik serta mendukung pengembangan pasar keuangan syariah.

Perbedaan Sukuk Ritel dengan Instrumen Investasi Lainnya


Sukuk Ritel seri SR-013 adalah seri Sukuk Ritel ke-13 yang akan diterbitkan oleh Pemerintah kepada individu Warga Negara Indonesia.
  • Untuk Individu Warga Negara Indonesia
  • Sesuai Syariah Akad Ijarah (Asset to be Leased)
  • Jangka Waktu 3 Tahun
  • Dibayar Setiap Bulan
  • Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar Investor Domestik
  • Periode Pemesanan mulai 28 Agustus 2020

Keuntungan Berinvestasi pada Sukuk Ritel SR013


Keuntungan yang diperoleh diantaranya adalah:
  • Investasi ini dijamin pembayaran Imbalan dan Nilai Nominalnya oleh Negara;
  • Bagi investor syariah, investasi ini tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip syariah, yang diinyatakan sesuai syariah oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia sehingga selain aman juga menentramkan;
  • Imbalan tetap dibayar setiap bulan, potensi capital gain (dipasar sekunder), pajak lebih rendah (15%)
  • Jangka waktu investasi sesuai dengan kebutuhan perencanaan keuangan anda serta dapat dijual sebelum jatuh tempo
  • Ikut Membangun Negeri, Investasi digunakan untuk membangun infrastruktur di tanah air, secara langsung anda ikut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia

Risiko Investasi di Sukuk Ritel SR013


Kenali juga potensi risiko yang ada di Sukuk Ritel
  • Risiko Gagal Bayar (Default Risk)?
Risiko ini hampir tidak ada di Sukuk Ritel SR013. Karena pembayaran pokok dan imbalan Sukuk Ritel SR013 dijamin penuh oleh negara (berdasarkan UU Nomor 19 Tahun 2008).
  • Risiko Likuiditas (Liquidity Risk)?
Risiko likuiditas adalah potensi kerugian apabila sebelum jatuh tempo Pemilik SR013 yang memerlukan dana tunai mengalami kesulitan dalam menjual SR013 di pasar sekunder pada tingkat harga (pasar) yang wajar.

Mitigasi:
Investor dapat menjual SR013 kepada Agen Penjual, karena Agen Penjual menjadi standby buyer.
  • Risiko Pasar (Market Risk)?
Risiko pasar adalah potensi kerugian bagi investor apabila terjadi kenaikan tingkat suku bunga yang menyebabkan penurunan harga SR013 di pasar sekunder. Kerugian (capital loss) dapat terjadi apabila investor menjual SR013 di pasar sekunder sebelum jatuh tempo pada harga jual yang lebih rendah dari harga belinya.

Mitigasi:
Apabila harga SR013 di pasar sekunder sedang mengalami penurunan, sebaiknya tidak dijual terlebih dahulu.


Itulah ulasan mengenai besaran kupon sukuk ritel SR013 dan keuntungan berinvestasi jika investor menanam uangnya ke dalam Sukuk Ritel terbitan bulan Agustus 2020 ini. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Kupon Sukuk Ritel SR013, Menarik dan Menjangkau Investor Lebih Luas"

Post a Comment