Apa itu Aplikasi SiBabbe?

Kementerian perhubungan mengembangkan aplikasi Sistem Informasi Bongkar Muat Barang Berbasis Elektronik (SiBabbe) yang digunakan untuk mempermudah perizinan bongkar muat barang di pelabuhan sunda kelapa.



Aplikasi SiBabbe adalah system informasi bongkar muat barang berbasis elektronik. Tujuan dibuatnya aplikasi ini adalah untuk membantu kelancaran operasional di kantor pelabuhan sunda kelapa dalam melakukan monitoring data bongkar muat sehingga dapat mempermudah koordinasi antara pengguna jasa bongkar muat dengan petugas pelabuhan secara online.

Selain itu, penggunaan aplikasi SiBabbe ini dapat mencegah penyebaran virus covid-19 di sektor pelabuhan. Karena pengguna jasa tidak perlu datang langsung untuk melakukan pengajuan/perizinan bongkar muat barang di pelabuhan.

Yakni pelayanan yang sedikit mungkin dilaksanakan secara kontak langsung antara petugas dan pengguna jasa dengan memanfaatkan perkembangan teknologi informasi untuk menciptakan sebuah sistem pelayanan yang bersifat online termasuk dalam kegiatan bongkar muat barang di pelabuhan.

Kedepannya aplikasi SiBabbe ini akan di terapkan di pelabuhan seluruh wilayah Indonesia.

Aplikasi SiBabbe ini merupakan upaya penataan pelayanan kapal dan bongkar muat barang di pelabuhan secara digital, di mana ke depan aplikasi ini juga siap diiintegrasikan  dengan sistem INAPORTNET dan Sistem Aplikasi SEHATI.

0 Response to "Apa itu Aplikasi SiBabbe?"

Post a Comment