Mudah Membedakan Jenis-Jenis Kabel Instalasi

Masyarakat perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis kabel yang ada di pasaran dan kerap digunakan dalam instalasi. Masing-masing jenis kabel punya ciri khas, ada beberapa yang kerap membuat bingung para teknisi, yakni kabel jenis NYA, NYM, NYY, NYAF, NYMHY, dan NYCY. 

Masing-masing tentunya memiliki fungsi, kelebihan dan kekurangannya. Nama dari masing-masing jenis kabel tersebut sedikit mirip sehingga kita sulit untuk membedakannya. Jika dicermati lebih dalam, masing-masing jenis kabel tersebut punya perbedaan yang cukup signifikan. 

Berikut ini kami ulas secara lengkap di bawah ini.

Dalam sistem tenaga listrik kabel merupakan benda yang sangat penting. Secara umum, kabel memiliki 2 fungsi yaitu :
  1. Untuk menghantarkan daya listrik atau aliran listrik dari  sumber listrik menuju ke perangkat pengguna listrik, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya;
  2. Untuk menghantarkan frekuensi dan membawa sinyal informasi dari satu tempat ke tempat lain.

Jenis Kabel Instalasi


Jenis kabel instalasi dapat diklasifikasikan berdasarkan bahan konduktornya, yaitu kawat tembaga, serabut, ataupun alumunium. Jenis kabel kawat tembaga ini sangat beragam, diantara yang umum dipakai adalah tipe kabel NYA, NYM, NYY, NYAF, NYMHY, dan NYCY. Berikut keterangan masing-masing kabel sebagai berikut:

1. Kabel NYA

Karakteristik dari kabel jenis ini adalah berinti tunggal, berlapis bahan isolasi PVC. Kabel NYA ini digunakan untuk instalasi luar/kabel udara. Jenis kabel ini  berlapis bahan isolasi PVC dengan kode warna isolasi ada warna merah, kuning, biru dan hitam. Harga yang terjangkau membuat kabel jenis ini banyak dipergunakan di perumahan.

Kekurangan dari kabel NYA ini adalah lapisan isolasinya yang hanya memiliki satu lapis sehingga membuat mudah cacat, tidak tahan air  dan mudah digigit tikus. Agar aman memakai kabel NYA ini, kabel harus dipasang dengan menggunakan pipa/conduit jenis PVC atau saluran tertutup. Sehingga tidak mudah terjadi gangguan luar seperti menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang

2. Kabel NYM

Kabel jenis ini memiliki lapisan isolasi PVC (biasanya warna putih atau abu- abu), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Berbeda dengan kabel NYA yang hanya memiliki satu lapisan isolasi, kabel NYM memiliki lapisan isolasi dua lapis sehingga tingkat keamanannya lebih baik daripada kabel NYA. Kabel jenis ini dapat dipergunakan di lingkungan yang kering dan basah, namun tidak boleh ditanam.

Arti kode pengenal kabel NYM menurut SPLN 42-2:1992 adalah sebagai berikut :

  • N, yaitu kabel jenis standar dengan tembaga sebagai penghantar 
  • Y , yaitu kabel dengan isolasi PVC
  • M, selubung kabel yang digunakan terbuat dari PVC
  • I, yaitu jenis kabel dengan sistem pengenal warna inti hijau-kuning
  • O, yaitu jenis kabel dengan sistem pengenal warna inti tanpa hijau-kuning 
  • re, yaitu penghantar padat bulat
  • rm, yaitu penghantar bulat berkawat banyak

3. Kabel NYY

Kabel NYY memiliki karakteristik yang berupa lapisan isolasi PVC (biasanya warna hitam), ada yang berinti 2, 3 atau 4. Jika kabel NYA dan NYM tidak boleh ditanam, kabel NYY dipergunakan untuk instalasi tertanam (kabel tanah). Kabel NYY ini memiliki lapisan isolasi yang lebih kuat dari kabel NYM (harganya lebih mahal dari NYM). Jenis kabel ini memiliki isolasi yang terbuat dari bahan yang tidak disukai tikus.

4. Kabel NYAF

Dilihat dari fisiknya, kabel NYAF mirip dengan kabel NYA yang hanya memiliki satu inti kabel, akan tetapi kabel NYAF ini berupa serabut. Kabel NYAF memiliki isolasi yang tipis dan terdiri dari berbagai warna yang bisa dipilih. Jenis kabel ini lebih fleksibel dibandingkan kabel NYA, sehingga cocok digunakan pada belokan-belokan jaringan listrik. Karena memiliki isolasi yang tipis seperti kabel NYA, kabel NYAF ini perlu diberi pelindung pipa. Kabel NYAF memiliki tegangan nominal 300 – 500 V.

5. Kabel NYMHY

Kabel NYMHY memiliki beberapa inti kabel yang terbuat dari tembaga dengan berbentuk serabut.  Masing-masing inti kabel tersebut dilapisi isolator dengan warna berbeda. Kabel NYMHY dilengkapi dengan selubung dalam dan luar dari PVC. Jenis kabel ini cukup fleksibel dan kuat untuk tegangan listrik nominal 300 – 500 V sehingga banyak digunakan sebagai penghubung alat-alat rumah tangga.


6. Kabel NYCY

Kabel NYCY ini dirancang untuk digunakan dalam tanah, tanah ataupun jaringan di luar ruangan atau outdoor installation. Dengan memiliki lapisan pita serabut tembaga yang kuat di antara selubung dalam, jenis kabel ini cocok ditanam dalam kondisi apapun, baik kering maupun lembab.  Selubung luar kabel NYCY ini terbuat dari PVC.


Demikianlah ulasan mengenai jenis-jenis kabel instalasi yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menghantarkan daya listrik. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Mudah Membedakan Jenis-Jenis Kabel Instalasi"

Post a Comment