Kelebihan Pipa Conduit, Fungsinya dan Cara Pemasangan

Pipa Conduit (Electrical Conduit Pipe) merupakan Pipa PVC jenis high impact yang bisa dibending/tekuk. Pipa conduit ini dijual 3 meter perbatangnya. Beda halnya dengan pipa listrik C 5/8  yang memiliki diameter hanya 18mm, pipa conduit memiliki diameter 20 mm sehingga lebih fleksibel digunakan sebagai pelindung kabel listrik. Pipa/conduit jenis PVC memiliki fungsi sebagai pelindung instalasi kabel di bangunan gedung agar aman dan tidak mudah terjadi gangguan luar seperti menjadi sasaran gigitan tikus, dan apabila ada isolasi yang terkelupas tidak tersentuh langsung oleh orang.

Pipa Conduit untuk Melindungi Kabel


Di pasaran, beredar berbagai macam merek pipa conduit. Merek pipa conduit yang familiar seperti clipsal, pipaku dan lain-lain.

Kelebihan dan Kekurangan Pipa Conduit

Kelebihan penggunaan pipa conduit adalah:
  1. Pipa conduit mampu melindungi kabel dari bahaya yang dapat meyebabkan kabel rusak 
  2. Membuat instalasi kabel lebih tahan lama;
  3. Ringan, anti karat, dan tidak merusak kabel jika ditarik melalui pipa karena permukaan bagian dalam pipa yang halus.;
  4. Mudah perawatannya dan cepat untuk pemasangannya;
  5. Lebih murah jika dibandingkan dari bahan logam seperti besi galvanis;
  6. Mudah dipotong serta dapat dibengkokkan sampai sudut tertentu;
  7. Sebagai isolator yang baik karena tidak mudah terbakar.
Sedangkan kekurangan penggunaan pipa conduit adalah pemasangan akan membutuhkan waktu lebih lama dan membutuhkan biaya lebih untuk membeli Pipa Conduit.
Cara Pemasangan Pipa Conduit

Dalam proses pemasangan pipa conduit ada tahapan dan hal-hal yang harus diperhatikan, yaitu sebagai berikut:
  • Jika pemasangan pipa conduit dilakukan di dalam dinding, maka harus dilakukan sebelum pekerjaan plesteran. Hal ini supaya permukaan dinding tidak mengalami gelombang.
  • Jika pemasangan pipa conduit diletakan di atas plafon, maka harus dikoordinasikan dengan jalur-jalur instalasi yang lain misalkan pipa sparing yang muncul dari dalam dinding bertemu dengan pipa conduit di atas plafon. Pertemuan antara pipa sparing dengan pipa conduit tersebut harus disusun dengan doos dan diantara doos tersebut dipasang flexible conduit untuk meminimalkan risiko kerusakan atau tersulutnya bahan yang mudah terbakar. 
  • Pasang kawat pancing untuk mempermudah penarikan kabel di dalam Pipa Conduit.
Demikianlah penjelasan mengenai kelebihan pipa conduit untuk instalasi kabel yang aman, bagi kamu yang sedang dalam tahap pembangunan rumah, penggunaan pipa conduit layak dipertimbangkan untuk pemasangan listrik yang lebih aman dan rapi sehingga enak dilihat mata.

0 Response to "Kelebihan Pipa Conduit, Fungsinya dan Cara Pemasangan"

Post a Comment