Contoh Surat Pernyataan Penanggung Jawab Badan Usaha (PJBU)

Salah satu persyaratan yang diminta oleh LPJK untuk konversi Sertifikat Badan Usaha (SBU) lama ke SBU online/digital adalah surat pernyataan penanggung jawab badan usaha (PJBU). 

Sebagaimana diketahui bahwa SBU ini menjadi bukti pengakuan badan usaha jasa konstruksi untuk dapat mengikuti proses pengadaan barang/jasa atau proses tender proyek-proyek pemerintah khususnya dan jasa konstruksi pada umumnya.

Sehingga mau tidak mau jika aturan bentuk sertifikatnya berubah menjadi bentuk online atau digital, maka Pelaku Usaha Jasa Konstruksi (Perusahaan Kontraktor) harus mengikutinya dengan mengganti SBU lama yang masih menggunakan blanko LPJK ke SBU online. Prosesnya disebut konversi SBU fisik ke SBU elektronik.



Untuk format surat pernyataannya sendiri bisa dicari di Perlem LPJK No. 3 tahun 2017 tentang Pelaksana Konstruksi, namun untuk mempermudah berikut saya lampirkan contoh surat pernyataan penanggung jawab badan usaha (PJBU) yang bisa digunakan.

Silahkan salin ke dalam Microsoft Word ataupun software pengolah dokumen lainnya dan print menggunakan kop surat perusahaan.

SURAT PERNYATAAN 
PENANGGUNG JAWAB BADAN USAHA (PJBU)     

Yang bertanda tangan di bawah ini :   

Nama    : 
Alamat  : 
Telepon :   
Jabatan  : Direktur Utama/Penanggung Jawab Badan Usaha
     
Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa :

  1. Semua data dalam dokumen yang kami berikan adalah benar;
  2. Kami akan mematuhi segala ketentuan kode etik asosasi, ketentuan asosiasi dan LPJK serta peraturan perundangan yang berlaku, dan bersedia dikenakan sanksi bilamana kami melanggarnya;
  3. Apabila dikemudian hari, ditemui bahwa dokumen-dokumen yang telah kami berikan tidak benar, maka kami bersedia dikenakan sanksi dan dimasukkan pada Daftar Sanksi Badan Usaha dan atau dikeluarkan dari Daftar Registrasi Badan Usaha; 
  4. Bilamana badan usaha kami dikenakan sanksi atas hal-hal tersebut butir 1, 2 dan 3 maka kami akan menerima ketentuan yang ditetapkan termasuk diumumkan melalui situs asosiasi dan LPJK 
  5. Bilamana dikemudian hari terdapat permasalahan terkait perpajakan dan hukum, sepenuhnya menjadi tanggung jawab kami.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya.
     
(kota), (tanggal)

PT/CV. (nama pt/cv)

Direktur Utama/Penanggung Jawab badan Usaha

cap dan materai


(Nama Direktur)

Itulah contoh format surat pernyataan yang bisa dikirimkan oleh perusahaan untuk permohonan permintaan konversi SBU lama ke SBU digital. Semoga bermanfaat, dan salam sukses selalu.

0 Response to "Contoh Surat Pernyataan Penanggung Jawab Badan Usaha (PJBU)"

Post a Comment