Politeknik PUPR Semarang: Cara Daftar Politeknikpu.ac.id, Jurusan dan Keunggulan

Politeknik Pekerjaan Umum (PU) merupakan Perguruan Tingi Negeri (PTN) rintisan baru di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dengan dipimpin oleh Direktur yang bertanggung jawab kepada Menteri PUPR melalui kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM). Kehadiran Politeknik PU Semarang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga konstruksi terampil dalam pembangunan infrastruktur bidang PUPR, dalam menghadapi tantangan global dan tantangan nasional pembangunan infrastruktur ke-PUan.

Berada di bawah naungan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, nama Politeknik PU menjadi terdongkrak. Politeknik PU merupakan politeknik unggulan yang menjadi bagian dari fokus Pemerintah dalam mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia untuk menghasilkan lulusan spesialis bidang PU terbaik. Pihaknya ingin Kementerian PUPR menjadi institusi yang kredibel dan bisa dibanggakan tidak hanya oleh pegawai PUPR namun juga masyarakat. Sehingga perlu didukung tenaga terampil yang dihasilkan Politeknik.

Tujuan Politeknik Pekerjaan Umum
  1. Menghasilkan lulusan ahli madya bidang ke-PU-an yang kompeten dan siap kerja
  2. Menghasilkan penelitian yang relevan dengan perkembangan teknologi konstruksi dan bermanfaat bagi pembangunan ilmu dan kesejahteraan masyarakat dalam bidang ke-PU-an
  3. Menghasilkan program pengabdian kepada masyarakat yang bermanfaat dan berdaya guna
  4. Mewujudkan kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk menunjang pendidikan, pembelajaran dan pengembangan politeknik PU
  5. Mewujudkan tata kelola institusi yang akuntabel dan transparan



Pendirian Politeknik PU ini akan mengisi kebutuhan tenaga kerja terampil di bidang pekerjaan umum dan konstruksi di Indonesia yang saat ini jumlahnya sangat terbatas.

Pengajuan pendirian Politeknik PU ini merupakan langkah yang bagus untuk mensuplai tenaga kerja yang berkompeten khususnya bidang konstruksi. Lulusannya diharapkan tidak hanya cukup memiliki ijazah, namun harus mendapat sertifikat kompetensi.

Politeknik PU akan memberikan sertifikasi profesi level terampil kepada para mahasiswa yang lulus sehingga kualitasnya lebih terjamin dan siap kerja. Nantinya lulusan akan bersertifikat, karena saat ini baru 500 ribu tenaga kerja konstruksi bersertifikat, padahal kebutuhannya mencapai 8,2 juta orang.

Cara Pendaftaran Mahasiswa Baru Politeknik PUPR Semarang




Politeknik Pekerjaan Umum (PU) membuka pendaftaran mahasiswa/mahasiswi baru tahun akademik 2019/2020. Masa pendaftaran dibuka tanggal 13 Mei - 16 Juni 2019. Pendaftaran dilakukan secara online melalui www.politeknikpu.ac.id tanpa biaya pendaftaran atau gratis. Sambil menunggu pembukaan pendaftaran calon mahasiswa/i dapat mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan terlebih dahulu untuk persyaratan administrasi di awal.

Mahasiswa Politeknik PU berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian PUPR, tenaga kerja konstruksi dan dari jalur umum.  Politeknik PU terbuka untuk umum baik lulusan SMA maupun SMK. Tahun 2019 penerimaan setiap program studi sebanyak 50 mahasiswa sehingga total 150 mahasiswa yang akan  digratiskan.

Ujian Masuk akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2019 di lima lokasi yakni  Semarang, Jawa Tengah, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Makassar, Sulawesi Selatan, Manokwari, Papua Barat, dan Medan, Sumatera Utara.

Jurusan


Politeknik Pekerjaan Umum tersebut memiliki tiga program studi yang fokus pada dunia teknik sipil yakni:
  1. D-III Teknik Konstruksi Bangunan Air
  2. D-III Teknik Konstruksi Jalan dan Jembatan
  3. D-III Teknik Konstruksi Bangunan Gedung
Untuk metode pengajaran, porsi praktek akan lebih besar dibandingkan pemberian teori,  dengan tujuan agar lulusan Politeknik PU ini siap pakai dan unggul di kelasnya. Komposisi pembelajaran yakni 70 persen praktik lapangan (on-the job training) terutama di proyek-proyek pembangunan infrastruktur PUPR dan 30 persen materi dalam ruangan.

Keunggulan


Politeknik PU memiliki keunggulan dibanding politeknik lain karena didesain untuk menghasilkan tenaga terampil yang profesional, bersertifikat profesi level terampil, dan berdaya saing tinggi. Selain itu, kompetensi lulusan sesuai kebutuhkan di lapangan, terdapat Kurikulum Mata kuliah khusus seperti Green Contruction, Preservasi Jalan dan Jembatan, Pengenalan Teknologi Maju, Mitigasi Keadaan Darurat (bencana), Drainasi dan Pengendalian Banjir, Peraturan Perundangan), dan keterlibatan industri konstruksi.

Politeknik PU bekerjasama dengan kampus terkemuka di Indonesia maupun luar negeri seperti Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, IHE-Delft Belanda dan ENTPE, Lyon, Prancis.

Politeknik PU memiliki sejumlah keunggulan yakni mata kuliah yang didesain khusus agar lulusan yang dihasilkan profesional dan siap kerja, dan para pengajar berpengalaman dalam proyek infrastruktur. Selain itu, Pemerintah Jepang juga tertarik untuk mendukung peralatan penunjang belajar mengajar seperti laboratorium.

Politeknik PU mempunyai tiga lantai ruang kelas dengan gedung yang pertama mempunyai kepasitas 50 orang, terdiri dari 6 ruangan (1 ruangan untuk perpustakaan). Gedung yang kedua mempunyai kapasitas 25 orang, terdiri dari 12 ruangan (1 ruangan untuk transit pengajar/ dosen). Mempunyai 6 Laboratorium yang bekerjasama dengan pihak Universitas Diponegoro dan pihak BALITBANG PUPR yang terdiri dari, Laboratorium Komputer Laboratorium Gambar Laboratorium Mekanika Tanah Laboratorium Bahan & Struktur Laboratorium Hidrolika Laboratorium Bahasa. Selain itu, Politeknik PU juga mempunyai 7 Workshop: Workshop Konstruksi Kayu Workshop Konstruksi Baja Workshop Konstruksi Beton Workshop Ilmu Ukur Tanah Workshop Pemeriksaan Jalan & Jembatan Workshop Metode Konstruksi Jalan dan Jembatan Workshop Konstruksi Utilitas.

Sejumlah fasilitas diberikan pada tahun akademik pertama Politeknik PU ini yakni mahasiswa/mahasiswi yang diterima mendapatkan fasilitas tinggal di asrama pada tahun pertama (selama 1 tahun), fasilitas sarana praktikum di laboratorium, workshop, dan magang/pratik kerja. 


Politeknik PU memberikan Beasiswa bagi 10 mahasiswa/mahasiswi yang diterima pada tiap prodi berdasarkan hasil peringkat Seleksi Kemampuan dasar. Pada semester berikutnya beasisiwa akan diberikan berdasarkan indeks prestasi (IP) terbaik.


Alamat Politeknik PUPR Semarang

Tempat perkuliahan Berlokasi di Jl. Prof. Soedarto , SH – Tembalang, Semarang, Jawa Tengah.



0 Response to "Politeknik PUPR Semarang: Cara Daftar Politeknikpu.ac.id, Jurusan dan Keunggulan"

Post a Comment