Pentingnya Peningkatan Keamanan Informasi pada Layanan LPSE


Menindaklanjuti Piagam Khatulistiwa sebagai hasil dari diskusi LPSE Provinsi 2016 di Pontianak, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) terus mendetailkan perencanaan dan strategi peningkatan Keamanan Infomasi pada Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE). Keamanan Informasi menjadi topik utama dalam Rapat Kerja Nasional LPSE Provinsi 2016 yang diselenggarakan LKPP di Bumi Nyiur Melambai bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Beberapa issue penting yang akan dibahas dalam acara ini adalah Security Awareness Keamanan SPSE, Cloud LPSE,  Sistem Manajemen Keamanan Informasi, dan Sharing Experience LPSE.

Rapat Kerja Nasional LPSE Provinsi 2016 yang diselenggarakan selama 3 hari bertempat di Hotel Aryaduta Manado  dibuka oleh Steven Kandouw selaku Wakil Gubernur Sulawesi Utara pada 23 Agustus 2016 .


Pentingnya Keamanan Informasi

Telah disahkannya Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi (SMPI) yang memberikan kewajiban kepada LPSE sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik Tinggi untuk menerapkan SNI ISO/IEC 27001 paling lambat 2018 dengan sanksi pemberhentian sementara nama domain Indonesia, LKPP menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama praktisi ISO 27001 untuk bersama membahas strategi implementasinya  pada LPSE.

“Keamanan Informasi ini penting, untuk meningkatkan Kredibilitas LPSE”, ujar Ikak Gayuh Patriastomo dalam sambutannya. Terkait kewajiban penerapan SNI ISO/IEC 27001 pada LPSE, Deputi bidang Hukum dan Penyelesaian Sanggah menambahkan bahwa sharing knowledge dengan LPSE yang telah menerapakan SMPI dapat menjadi kunci kesuksesan LPSE sama halnya dengan implementasi eprocurement beberapa tahun lalu.

Terlepas dari Sistem Manajemennya, aspek teknis pengamanan Sistem Elektronik juga menjadi aspek yang perlu mendapat perhatian dalam pengelolaan LPSE, sehingga pada hari ketiga para admin LPSE akan mendapat pelatihan instalasi dan konfigurasi SPSE.

0 Response to "Pentingnya Peningkatan Keamanan Informasi pada Layanan LPSE"

Post a Comment