Agar konsep manager operasional menjadi lebih jelas dan mampu menjalankan fungsi-fungsi manajerial suatu instansi dengan baik, berikut deskripsi jabatan manager operasional:
PERAN
UTAMA JABATAN (PRIMARY JOB ROLE) :
Menyelenggarakan
dan mengendalikan pengelolaan kegiatan operasional dalam rangka membantu
Direktur mencapai tujuan dan sasaran perusahaan baik jangka pendek maupun
jangka panjang dengan mengoptimalkan sumber-sumber daya yang ada secara
profesional dan menguntungkan perusahaan.
TANGGUNGJAWAB UTAMA
(KEY RESPONSIBILITIES)
A. RUTIN / HARIAN :
1. Mengawasi
pengelolaan pelaksanaan kegiatan perusahaan.
2. Mengawasi
pengelolaan pelaksanaan project.
3. Mengelola
pelaksanaan kegiatan perencanaan pelelangan.
4. Melakukan
koordinasi kerja harian.
5. Melaksanakan
jadwal dan kegiatan pelelangan.
6. Mengecek
status kegiatan pelaksanaan project.
7. Melakukan
pengecekan ke tiap-tiap PIC.
8. Menjaga konsistensi
pekerjaan.
9. Mendapatkan
laporan harian dari finance project
10. Melakukan pembayaran
terhadap semua kegiatan project (proses lelang, pelaksanaan dan penagihan)
11. Melakukan
pembayaran terhadap semua kebutuhan kantor (pembelian ATK, Pembelian dan
perawatan printer dan computer dan Kebutuhan Lembur)
12. Pembuatan
Purchase Order kepada supplier
13. Pembuatan
Pengajuan Keuangan Project
14. Melakukan
evaluasi evaluasi
keuntungan
B. BERKALA :
1. Melaksanakan
penyusunan rencana kerja dan anggaran operasional perusahaan.
2. Memeriksa
laporan bulanan tiap project yang dibuat finance project.
3. Memeriksa
laporan bulanan tiap project yang dibuat bidang administrasi
4. Memeriksa laporan
bulanan bidang operasional.
5. Membuat
laporan bulanan.
6. Mengevaluasi
laporan performansi dari finance project, administrasi dan operasional
7. Melaksanakan
evaluasi penggunaan anggaran project.
C. Operasional :
1. Memahami dan
mengenal nama, spesifikasi dan fungsi dari tiap – tiap barang
2. berkomunikasi
dengan PIC / pihak ke tiga tentang kesiapan pengiriman barang ke gudang
3. Melakukan
fungsi QC Pada barang yang akan di kirimkan ke pada user
4. Mempersiapkan
Barang (perapihan barang, pengepakan barang dan pengiriman barang)
5. Berkomunikasi
dengan pihak User dalam hal ini panitia pemeriksa, penerima atau pengurus
barang dalam hal pengiriman barang
6. Membantu PIC
dalam pemeriksaan barang atau penerimaan barang
D. INSIDENTIL :
1. Mengawasi
penyelenggaraan proses tender barang dan jasa yang dilaksanakan oleh SKPD
2. Mendampingi
Direktur dalam kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan operasional di luar
perusahaan.
3. Mewakili
Direktur/Perusahaan dalam acara-acara di luar perusahaan.
4. Melakukan
follow up project dari manager marketing.
5. Mengkoordinasikan
kegiatan project.
6. Melakukan
tugas-tugas lain yang relevan sesuai dengan instruksi Direktur.
HUBUNGAN KERJA :
a. INTERNAL :
1. Direktur
2. Manager Marketing
3. Team
administrasi
4. Team finance
project
5. Team
operasional
b. EKSTERNAL :
1. Supplier
diskripsi tersebut sangat membantu untuk seseorang yang memiliki jabatan sebagai Manager Operasional dan sangat berfungsi untuk seseorang yang akan terjun atau mau memilih jabatan tersebut. sangat inspirative.
ReplyDeleteBerapa gaji yg layak untuk jabatan tsb?
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeletesangat membantu untuk interview jabatan tersebut
ReplyDelete