Fitur-fitur Terbaru SPSE Versi 4 (Salah satunya Tidak Perlu Mmebuat Surat Penawaran)

Pelaksanaan pengadaan secara elektronik (e-procurement) saat ini menggunakan aplikasi Sistem Pengadaan Secara Elektronik (SPSE) Versi 3.5. Namun seiring dengan berkembangnya tantangan dalam  hal pengadaan Barang dan Jasa melalui sistem elektronik maka saat ini SPSE 3.5 dianggap tidak relevan lagi. Untuk itu, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) melakukan penyempurnaan dengan meluncurkan SPSE Versi 4. Banyak pengembangan yang dilakukan pada versi 4 ini. Dari sisi teknis, penyedia tidak lagi direpotkan dengan mengunggah dokumen penawaran administrasi, mengunduh dokumen pengadaan, menunggu jawaban  Kelompok Kerja (Pokja)  Unit Layanan  Pengadaan (ULP) saat penjelasan pekerjaan, atau harga penawaran yang tidak tampil pada sistem. Masih banyak lagi fitur baru lainnya yang terdapat pada fitur SPSE Versi 4 yang tidak terdapat di SPSE versi 3.5.


SPSE.4  adalah  penyempurna  dari  versi 3  dan  kebawahnya  dengan  fitur  sebagai  berikut;\

  • E-Surat Penawaran : Dimana Penyedia tidak lagi membuat surat penawaran tetapi sistem yang buat secara otomatis
  • Penggunaan Token : Saat Upload Penawaran penyedia tidak lagi menggunakan kunci public melainkan menggunakan token.
  • Apendo 4.0 : Apendo yang digunakan menggunakan Apendo Versi 4, dimana tidak berfungsi untuk deskripsi data melainkan untuk mengirim dokumen penawaran juga.
  • Vendor Manajemen Sistem (VMS) : Sistem Penilaian terhadap penyedia dimana penyedia tidak dievaluasi berkali-kali pada paket lelang yang berbeda.


Dan masih banyak lagi perubahan-perubahan lainnya termasuk tampilan dan teknologi yang digunakan.

0 Response to "Fitur-fitur Terbaru SPSE Versi 4 (Salah satunya Tidak Perlu Mmebuat Surat Penawaran)"

Post a Comment

Contact Us