Menang Tender Pengadaan Barang dan Jasa Tanpa "Main"

Pernah mengikuti lelang proyek pengadaan barang dan jasa pemerintah?. Atau sedang mempunyai rencana untuk mengikuti tender proyek?. Bagaimana agar bisa terpilih menjadi pemenang lelang? disini kita bahas cara menang tender pengadaan barang dan jasa sehingga bisa menjadi pemenang dan berhak mengerjakan proyek yang sedang dilelang baik yang memiliki nilai lelang yang kecil sampai yang besar.

Banyaknya peserta tender yang ikut berjuang agar menjadi pemenang membuat kita perlu melakuakn cara dan inovasi terbaik agar menjadi pemenang lelang PBJ. Berbagai macam persaingan muncul dalam proses pelaksanaan tender namun hendaknya kita tetap menggunakan cara yang baik dan halal. Nah.. disini Pengadaan.web.id menguraikan beberapa tips dan cara agar bisa memenangi tender.

Tips Menang Tender Pengadaan Barang dan Jasa Tanpa "Main"

  1. Kita siapkan terlebih dahulu perusahaan yang hendak digunakan untuk mengikuti tender, entah itu berbentuk PT atau CV karena peraturan pemerintah mensyaratkan peserta tender harus berbentuk badan hukum bukan perorangan.
  2. Kita urus juga berbagai macam dokumen syarat tender seperti Nomor pokok wajib pajak ( NPWP ), Surat izin usaha perdagangan (SIUP), Surat keterangan domisili perusahaan (SKDP) dan untuk tender proyek bangunan biasanya ada persayaratan tambahan seperti Izin usaha jasa kobstruksi (IUJK) dan dokumen lainya dapat dibaca dan dipelajari pada masing-masing pengumuman lelang.
  3. Mencari tahu sebanyak mungkin berita tender, bisa didapat dari koran, website atau LPSE sebagai lembaga pengadaan lelang secara elektronik masing-masing wilayah kabupaten atau kota di Indonesia, informasi tender juga bisa didapat dari panitia lelang pada instansi yang mengadakan lelang.
  4. Baca dan periksa dengan teliti apa saja persyaratan yang harus disediakan seperti berkas-berkas atau surat-surat yang harus ada dalam pengajuan tender.
  5. Lengkapi persyaraan yang disyaratkan pada proses tender, misalkan untuk spesifikasi teknis sesuai dengan persyaratan serta metode pelaksanaan dibuat serinci dan bisa dianggap menguasai pekerjaan yang akan lelangkan.
  6. Perhitungkan harga penawaran tidak melampaui HPS dan tetap masuk pada RAP yang direncakan.
  7. Pastikan perijinan perusahaan masih tetap berlaku dan jaminan penawaran sesuai dengan persyaratan. penulisan yang salah pada dokumen penawaran ataupun pada jaminan penawaran dapat menggugurkan penawaran.
  8. Ikuti dengan disiplin jadwal tender yang disediakan, melakukan lebih awal atau terlambat bisa menjadi penyebab kegagalan menjadi pemenang tender.
  9. Bermainlah dengan jujur tanpa melakukan kecurangan seperti bekerja sama dengan panitia tender agar terpilih menjadi pemenang, proyek banyak jika didapat dengan cara haram maka tidak akan mengantarkan kita ke gerbang kebahagiaan dan ketenangan hidup, sebaliknya biarpun dapat proyek sedikit jika itu dengan jalan halal maka lebih berkah dan bermanfaat untuk menjalani kehidupan.
  10. Hindari perbuatan yang melanggar hukum seperti mengancam peserta lelang lain, atau mengancam panitia tender agar dipilih menjadi pemenang. sebagai peserta tender kita dalam posisi sebagai peminta, oleh karena itu sudah sepatutnya kita bertingkah laku terbaik agar jikalau terpilih menjadi pemenang tetap didapat dengan cara yang baik.
  11. Ajukan harga penawaran dibawah dan mendekati harga tender, mengajukan harga lebih tingi maka kita akan kalah dengan peserta yang mau menawarkan harga lebih murah. namun menawarkan harga terlalu murah juga tidak baik karena kita bisa dianggap akan melakukan pengurangi spesifikasi dan kualitas barang untuk mendapatkan harga termurah.
  12. Jaga hubungan baik dengan suplier dan pedagang barang atau jasa, dengan begini maka kita tetap dapat memberikan pekerjaan sesuai dengan persyaratan tender.
  13. Jika kita terpilih menjadi pemenang tender maka mengerjakan sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati, tidak meninggalkan proses pekerjaan pada masa pemeliharaan. Dengan begitu tentu kita sudah mendapat nama baik dan punya potensi besar untuk menang tender proyek berikutnya.
Cara-cara lain dapat dilakukan selama itu jalan halal, dan bagi yang sudah memiliki pengalaman dalam mengikuti lelang pengadaan barang dan jasa, dimohon untuk bersedia berbagi tips di kolom komentar, agar tercipta ekosistem yang bagus di dalam pengadaan barang dan jasa (PBJ). Karena dengan banyaknya peserta lelang/penyedia, semakin memungkinkan berlomba-lomba dalam menyediakan barang/jasa pemerintah yang berkualitas dengan harga terbaik.

0 Response to "Menang Tender Pengadaan Barang dan Jasa Tanpa "Main""

Post a Comment

Contact Us