Draft Pembuatan Faktur Pajak (Tax Invoice) - Excel


Faktur Pajak (Tax Invoice) adalah bukti pungutan pajak yang dibuat oleh pengusaha kena pajak (PKP) yang melakukan penyerahan barang kena pajak (BKP) atau penyerahan jasa kena pajak (JKP). Seperti sudah diketahui, bila kita sudah dikukuhkan menjadi PKP (Pengusaha Kena Pajak), maka kita diwajibkan untuk membuat Faktur Pajak atas setiap transaksi atau kegiatan penyerahan BKP maupun JKP baik penyerahan secara lokal atau ekspor. Kewajiban membuat Faktur Pajak ini tetap berlaku (harus kita lakukan) meskipun misalnya terhadap penyerahan BKP atau JKP tersebut mendapat fasilitas PPN Tidak Dipungut maupun PPN Dibebaskan.

PKP wajib membuat Faktur Pajak untuk setiap:
  1.         penyerahan BKP;
  2.         penyerahan JKP;
  3.         ekspor BKP tidak berwujud;
  4.         ekspor JKP.

Faktur pajak harus dibuat pada:
  • saat penyerahan BKP dan/atau JKP;
  • saat penerimaan pembayaran dalam hal penerimaan pembayaran terjadi sebelum penyerahan BKP dan/atau sebelum penyerahan JKP;
  • saat penerimaan pembayaran termin dalam hal penyerahan sebagian tahap pekerjaan;
  • saat PKP rekanan menyampaikan tagihan kepada Bendahara Pemerintah sebagai Pemungut PPN.

Bentuk dan Ukuran Faktur Paja
Pengadaan Faktur Pajak dilakukan sendiri oleh Pengusaha Kena Pajak. Faktur Pajak paling sedikit dibuat dalam 2 (dua) rangkap yang peruntukannya masing-masing sebagai berikut :

1.       Lembar ke-1, disampaikan kepada pembeli Barang Kena Pajak atau penerima Jasa Kena Pajak.
2.       Lembar ke-2, untuk arsip Pengusaha Kena Pajak yang menerbitkan Faktur Pajak.



Tidak ada bentuk dan ukuran standar Faktur Pajak. Yang penting adalah informasi yang disyaratkan termuat dalam Faktur Pajak tersebut. Namun demikian, Direktur Jenderal Pajak memberikan contoh Faktur Pajak yang dapat digunakan oleh Pengusaha Kena Pajak. Contoh Faktur Pajak ini terdapat pada Lampiran IA dan Lampiran IB Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-13/PJ/2010. Berikut kami sajikan bentuk standard/draft faktur pajak dalam bentuk excel yang akan memudahkan Anda di dalam proses yang berhubungan dengan pembuatan yang bisa di download di sini.

0 Response to "Draft Pembuatan Faktur Pajak (Tax Invoice) - Excel"

Post a Comment

Contact Us