7 Alasan Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa

Pada era serba digital seperti saat ini, keberadaan website tentunya bukan hanya sekadar untuk berbagi pengalaman saja. Ya, hal ini sejalan dengan semakin masifnya pengguna internet yang mencari berbagai macam informasi melalui website-website tertentu.

Ada banyak jenis website yang sering dikunjungi oleh pengguna internet, beberapa diantaranya adalah e-commerce sosial media serta situs berita. Nah, dalam berbagai tipe website tersebut, biasanya jenis hosting yang digunakan pun berbeda.

Bagi kamu yang baru ingin membuat website mungkin akan sedikit bingung untuk menentukan jenis hosting yang paling tepat. 

Meskipun ada beberapa pilihan hosting yang bisa dipilih sangat disarankan bagi kamu untuk memilih cloud hosting. Pasalnya cloud hosting memiliki banyak kelebihan. Di bawah ini ada beberapa alasan memilih cloud hosting dibanding hosting biasa. 


Sumber: Freepik



Alasan Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa



1. Memudahkan dalam Manajemen


Alasan pertama yang menjadi salah satu perbandingan ketika membeli hosting adalah manajemen sistemnya lebih mudah. Sebab keseluruhan pengaturan yang terdapat di cloud hosting dapat dengan mudah kamu lakukan lewat berbagai panel di dalamnya.

Selain itu ada beberapa penyedia layanan cloud hosting yang memberikan layanan secara full manage. Maksudnya adalah seluruh konfigurasi bisa dilakukan tim penyedia. Kamu tidak perlu merasa repot lagi melakukan berbagai macam konfigurasi serta instalasi pada website. 


2. Lebih Hemat Budget


Alasan memilih cloud hosting dibanding hosting biasa selanjutnya adalah harganya yang lebih hemat. Pasalnya melalui paket harga tersebut kamu ternyata juga sudah menghemat pengeluaran pada putar server.

Jadi untuk mengakses data dari cloud hosting kamu hanya perlu menggunakan jaringan internet saja. Namun pastikan bahwa jaringan atau koneksi internet yang kamu miliki selalu dalam keadaan stabil. Sehingga proses akses quote hosting bisa berjalan dengan lancar.


3. Bisa Menampung Trafik yang Jumlahnya Tinggi


Cloud hosting sendiri mempunyai teknologi yang dikenal dengan nama teknologi cluster. Teknologi seperti ini memudahkan sebuah website dapat menampung traffic dengan jumlah yang cukup padat.

Pasalnya, server Cluster dapat diakses dengan mudah oleh ribuan bahkan sampai jutaan pengguna secara bersamaan sekaligus. Biasanya ketika salah satu server sedang padat maka akan dialihkan ke server lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu alasan memilih DomaiNesia dibanding hosting biasa. Namun jika Anda membutuhkan lebih banyak resource hosting, Anda bisa menggunakan Cloud VPS.


4. Simpel


Keunggulan lain dari Cloud hosting daripada jenis hosting biasa adalah metode pemasangan yang cenderung lebih simpel. Jadi apabila kamu ingin menggunakannya tidak perlu banyak hal yang harus disiapkan.

Nantinya kamu hanya perlu menyiapkan konten yang akan ditampilkan ke website. Sedangkan untuk set up atau pengaturan servernya akan langsung ditangani oleh pihak penyedia hosting. Hal ini tentunya akan sangat cocok bagi kamu yang tidak ingin repot atau tidak memiliki banyak waktu untuk menangani sesuatu.


5. Back Up Dilakukan Secara Otomatis





Adanya Cloud hosting pada website tentunya akan membantu kamu untuk mengatasi berbagai macam masalah pada web. Salah satu kendala yang kerap dikhawatirkan para pemilik website adalah data-data yang tersimpan di dalamnya akan hilang.

Namun hal tersebut bisa diminimalisir ketika kamu memilih menggunakan Cloud hosting. Pasalnya Cloud hosting sudah dilengkapi dengan fitur auto backup. Sehingga secara otomatis data-data yang ada di dalam website nantinya akan tersimpan dengan baik dan aman. 


6. Kapasitas dan Performa yang Besar


Pada dasarnya server biasa memiliki resource yang jumlahnya tergolong besar. Hanya saja ada beberapa kendala. Diantaranya adalah kapasitas penyimpanan, RAM serta bandwidth yang akan digunakan semua penggunanya. Hal ini juga yang jadi penyebab terbatasnya resource pada hosting biasa.

Pasalnya terbatasnya kapasitas dan beban pengguna lain akan memperlambat website kamu. Oleh sebab itu kapasitas dan performa yang besar jadi salah satu alasan memilih cloud hosting dibanding hosting biasa. 

Layanan yang ada pada cloud hosting memiliki jumlah kapasitas yang terdedikasi bagi website. Tidak hanya itu saja, data nantinya juga akan disimpan ke beberapa server sekaligus menggunakan jumlah resource sama. Jadi website pengguna nantinya sangat jarang mengalami kendala berupa downtime.


7. Keamanan Lebih Terjaga


Kamu tentunya paham jika keamanan adalah fitur yang perlu diperhatikan sebelum membeli hosting untuk layanan website. Apalagi jika kamu termasuk salah satu orang yang menyimpan berbagai macam data serta transaksi milik orang lain. 

Terlepas jenis hosting apa yang akan kamu pilih, sebaiknya tambahkan fitur keamanan di hosting tersebut. Meskipun begitu ternyata banyak layanan web hosting yang  menyediakan secara gratis. 

Cloud hosting pada umumnya akan dilengkapi imunify360 dan SSL atau secure socket layer. Sistem keamanan tersebut memiliki tujuan untuk mengamankan pertukaran data melalui jaringan internet. Alasan memilih cloud hosting dibanding hosting biasa berikutnya adalah tingkat keamanan.


Bagaimana ada cukup banyak bukan kelebihan atau alasan memilih cloud hosting dibanding hosting biasa? Ada berbagai macam kemudahan yang bisa kamu rasakan untuk mengelola website secara mudah. Karena hanya perlu menyediakan konten saja tanpa harus memikirkan pengaturan lainnya. Semoga bermanfaat!

0 Response to "7 Alasan Memilih Cloud Hosting Dibanding Hosting Biasa"

Posting Komentar