10 Jenis Gembok yang Susah Dibobol Maling: Pilih Yang Paling Aman

Gembok merupakan alat keamanan yang sudah ada sejak lama dan masih relevan sampai sekarang. Ada berbagai jenis gembok yang tersedia di pasaran, namun tidak semuanya memiliki tingkat keamanan yang sama. Ada beberapa jenis gembok yang biasa digunakan untuk mengunci pintu gerbang, lemari, laci, pintu rumah, sepeda, kendaraan bermotor, bahkan sebagai safety box.

Gembok terdiri dari sebatang logam berbentuk huruf "U" dengan kaitan pada ujung yang dapat dibuka menggunakan kunci. Ini merupakan salah satu sistem keamanan tertua yang ada dalam peradaban manusia. Kunci gembok merupakan pilihan keamanan yang sederhana, mudah, dan murah, cocok untuk mengunci barang-barang yang perlu dilindungi.

Meskipun memiliki tingkat keamanan yang sederhana, sebelum menggunakan gembok, sebaiknya ketahui lebih jauh mengenai sistem keamanan gembok yang berkualitas dari beberapa model yang sering kita temukan. Ini akan membantu Anda memilih gembok yang sesuai dengan kebutuhan dan memberikan tingkat keamanan yang baik bagi barang-barang Anda.





10 Jenis Gembok yang Susah Dibobol Maling


Berikut ini beberapa jenis gembok yang aman dari tindakan pencurian:


1. Gembok Digital





Dalam era teknologi modern, semuanya berubah menjadi lebih praktis dan efisien. Hal ini juga berlaku untuk sistem keamanan rumah dan barang-barang penting. Gembok digital adalah jawaban atas masalah keamanan yang menuntut kemudahan dan efisiensi.


Gembok digital memiliki fitur unik yang tidak dimiliki oleh gembok konvensional. Anda bisa membuka dan mengunci gembok dengan mudah melalui aplikasi smartphone, tanpa harus menggunakan kunci fisik. Gembok digital juga dapat dikonfigurasi dengan pengenal sidik jari atau wajah, membuat pengalaman membuka dan mengunci rumah menjadi lebih cepat dan aman.


Dengan gembok digital, Anda tidak perlu khawatir lupa membawa kunci atau khawatir jika kunci hilang. Selain itu, gembok digital juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan gembok konvensional, karena memiliki sistem pengamanan yang lebih canggih.


2. Gembok Smart Fingerprint



Jenis gembok yang susah dibobol maling berikutnya adalah gembok smart fingerprint. Kunci gembok sidik jari didesain dengan sistem fingerprint, di mana untuk membukanya, pengguna harus meletakkan sidik jarinya pada sistem.

Gembok sidik jari memastikan bahwa hanya pemilik yang bisa membukanya, sehingga mencegah akses dari orang yang tidak berkepentingan.

Teknologi sidik jari juga membuat proses membuka gembok menjadi lebih mudah dan praktis. Anda tidak perlu khawatir lupa kode atau kehilangan kunci, karena selalu ada sidik jari Anda untuk membukanya.

Gembok sidik jari juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti pencatatan aktivitas, notifikasi, dan bahkan dapat terhubung dengan smartphone Anda. Ini membuat Anda dapat memantau dan memantau keamanan rumah atau barang berharga Anda dari jarak jauh.


3. Gembok Kombinasi




Gembok kombinasi adalah hasil gabungan dari berbagai jenis gembok yang sudah ada, seperti gembok konvensional, gembok kode sandi, bahkan gembok sidik jari. Sistem pengamanannya sangat rumit dan tinggi, sehingga memberikan tingkat keamanan yang maksimal.


Cara kerja dari gembok kombinasi sangat bergantung pada sistem pengamanan yang dimilikinya. Misalnya, gembok kombinasi sidik jari dan kode sandi membutuhkan pemindaian sidik jari terlebih dahulu untuk memasukkan kode sandi dan membuka pengunci gembok dengan sempurna.


4. Gembok Loker

Gembok loker adalah jenis kunci ganda untuk loker/lemari penyimpanan yang membuat maling gagal menjalankan aksinya. Hal ini lantaran, jenis gembok ini terbuat dari bahan yang kuat dan tahan lama, seperti besi atau baja, dan memiliki ukuran yang cukup besar untuk memastikan keamanan yang baik. 

Selain itu, gembok loker ini memiliki berbagai macam sistem penguncian yang dilengkapi dengan fitur tambahan seperti pengenal sidik jari atau wajah untuk membuka kunci.

Gembok ini banyak digunakan untuk lemari penyimpanan di tempat-tempat umum, seperti gedung perkantoran, sekolah, atau tempat fitness. 


5. Gembok Closed Shackle



Jenis gembok ini memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi dan sulit dibobol oleh maling. Keunikan dari gembok ini terletak pada sabuk atau gagang yang tertutup, yang membuatnya lebih sulit untuk dicabut atau dipotong oleh alat seperti pemotong besi atau pemotong rantai.

Dengan adanya sabuk atau gagang yang tertutup, gembok closed shackle menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin memastikan barang-barang mereka aman. Selain itu, gembok ini juga sangat cocok untuk digunakan pada area-area yang memiliki tingkat keamanan tinggi seperti gudang, bank, dan kantor-kantor pemerintah.

Tidak hanya memberikan tingkat keamanan yang tinggi, gembok closed shackle juga memiliki tampilan yang elegan dan modern, sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin mempercantik tampilan rumah atau bangunan mereka.


6. Gembok Round Shackle




Gembok round shackle ini memiliki kemiripan dengan gembok closed shackle, yaitu sama-sama memiliki "sabuk" atau "gagang" yang tertutup. Perbedaannya, gembok round shackle memiliki bentuk yang bulat, sedangkan gembok closed shackle memiliki bentuk lebih jajar dan kaku.

Bentuk bulat dari gembok round shackle membuatnya lebih mudah diaplikasikan pada rantai ataupun benda lain yang digunakan sebagai pengunci.


7. Gembok Straight Shackle




Gembok straight shackle memiliki bentuk yang unik dan kuat, membuatnya sangat efektif untuk digunakan sebagai solusi pengamanan. Bentuk sabuk atau gagang yang berbentuk lurus dan datar membuat gembok ini tidak mudah dirusak oleh pencuri.

Bahan baku yang digunakan dalam pembuatan gembok straight shackle biasanya terbuat dari bahan yang kuat seperti besi atau baja yang dilapisi dengan bahan tahan lama seperti karet atau plastik. Selain itu, gembok ini juga memiliki sistem pengamanan yang canggih, sehingga membuat gembok ini sulit dibobol oleh maling.

Gembok straight shackle sangat fleksibel dan bisa digunakan untuk mengamankan berbagai jenis barang. Dari barang-barang yang diangkut di luar seperti truk atau trailer, hingga barang-barang yang ada di dalam rumah seperti lemari atau pintu gudang.


8. Gembok Long Shackle




Kunci ganda atau gembok long shackle memiliki batang berbentuk U dan sedikit lebih panjang daripada jenis kunci ganda lainnya. Meski begitu, perpanjangan batang ini bukanlah hal yang meningkatkan tingkat keamanan. Justru, kunci ganda ini lebih rentan dibobol oleh maling dan tidak dianjurkan untuk digunakan di rumah atau area yang memerlukan perlindungan tinggi.

Walau demikian, beberapa pengguna tetap memilih gembok long shackle karena kenyamanannya saat digunakan. Sabuk panjang dapat mempermudah proses penguncian dan membukan barang yang akan diamankan


9. Gembok Key Alike


Gembok key alike memang merupakan pilihan yang tepat bagi mereka yang menginginkan kemudahan akses. Dengan sistem penguncian yang sama, Anda tidak perlu membawa banyak kunci untuk membuka beberapa pintu atau lemari.

Namun, pastikan bahwa hanya orang-orang yang dipercaya saja yang memiliki salinan kunci tersebut. Jika seseorang memiliki kunci gemboknini, maka dapat membuka semua kunci ganda yang menggunakan sistem key alike. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa hanya orang-orang terpercaya saja yang memiliki akses ke kunci tersebut.

Gembok key alike sangat berguna bagi mereka yang memiliki beberapa pintu atau lemari yang harus dibuka dengan kunci yang sama, seperti di sekolah atau kantor. Ini sangat praktis dan efisien karena Anda hanya perlu membawa satu set kunci saja.


10. Gembok Jenis Rantai




Gembok rantai memiliki rantai panjang yang dapat dengan mudah dibentangkan ke sekitar barang yang ingin diamankan. Rantai ini juga dilengkapi dengan tubuh kunci ganda untuk menjamin keamanan barang. Beberapa jenis gembok rantai juga dilengkapi dengan lapisan pelindung ekstra yang melindungi rantai dari serangan kekerasan seperti pemotongan atau pengelusan.

Gembok rantai dapat digunakan untuk mengamankan barang-barang yang diangkut di luar rumah atau barang-barang yang terletak di luar rumah. Ini membuatnya solusi yang tepat untuk dijadikan gembok yang susah dibobol maling pada barang-barang yang tidak dapat dengan mudah dipindahkan atau diangkut ke tempat yang lebih aman. Gembok rantai juga dapat digunakan untuk mengamankan sepeda motor atau sepeda saat sedang parkir di luar rumah, menjaga barang-barang tersebut tetap aman dari maling.


Jenis gembok yang susah dibobol oleh maling sangat penting bagi kita semua yang ingin melindungi barang-barang kita dari tindak kejahatan. Ada banyak pilihan jenis gembok yang tersedia di pasaran, mulai dari gembok konvensional hingga gembok yang dilengkapi dengan teknologi terbaru.

Pada akhirnya, pilihan jenis gembok yang susah dibobol oleh maling akan tergantung pada kebutuhan dan budget kita masing-masing. Namun, penting bagi kita untuk memilih jenis gembok yang paling aman. Jangan pernah mengabaikan hal ini, karena membeli gembok yang berkualitas tinggi sekarang mungkin akan menghilangkan risiko kehilangan/kerugian di masa depan.

0 Response to "10 Jenis Gembok yang Susah Dibobol Maling: Pilih Yang Paling Aman"

Post a Comment