7 Cara Mudah Pasang Atap Alderon yang Aman Dan Tepat

Pemasangan atap yang salah atau kurang tepat dapat mempengaruhi kualitasnya itu sendiri. Seperti atap mudah bocor. Oleh karenanya dibutuhkan bahan atap yang berkualitas dan juga pemasangan yang tepat. 

Kebetulan, kali ini kami akan menjelaskan salah satu produk penutup atap yang berkualitas, yaitu Alderon berikut dengan cara pemasangannya. Ini bertujuan agar Anda tidak melakukan kesalahan yang dapat menyebabkan pemasangan yang keliru.



Alat dan Bahan Pemasangan Atap Alderon


Sebelum proses pemasangan, tentu yang dibutuhkan adalah alat dan bahannya. Bahan utama yang dibutuhkan adalah lembaran Alderon dan aksesorisnya seperti sekrup Alderon Weather Seal dan Alderon Nok / Bumbungan / Wuwungan.

 
Sedangkan peralatan yang dibutuhkan adalah mesin pemotong (gerindra). Mesin ini berfungsi untuk menghasilkan potongan lembaran atap Alderon sesuai dengan yang diinginkan. Alat lainnya yang juga dibutuhkan untuk pemasangan atap Alderon adalah meteran, bor, dan obeng.


Cara Pasang Atap Alderon


Karena bentuknya lembaran, pemasangan atap Alderon ini cukup mudah dan efisien. Tidak membutuhkan waktu pengerjaan yang lama. Namun bagi orang yang belum berpengalaman,  kemungkinan mengalami kesalahan pasang atap Alderon pastinya lebih besar. 

Untuk itu, agar jangan sampai terjadi kesalahan saat pasang atap alderon, berikut ini akan diulas secara detail cara pasang atap Alderon dengan baik dan benar.

1. Pastikan posisi atap sudah tepat sesuai dengan tanda “This Side Up” 

Tanda “This Side Up” terletak pada permukaan tepi atap. Tanda ini dirancang untuk menghindari kesalahan saat pemasangan. Jadi sesuai dengan artinya, maka tanda yang diberi nama 'This Side Up' harus menghadap ke atas. Jangan sampai kebalik, ya.

2. Gunakan Sekrup Khusus Alderon Weather Seal

Cara pasang atap Alderon selanjutnya adalah pemasangan sekrup dengan aksesoris bawaan Alderon, yaitu Weather Seal. Sekrup ini sudah dilengkapi dengan karet pelindung yang berfungsi sebagai pengikat untuk menahan dua objek bersama antara lembaran sehingga minim mengalami kebocoran.

Cara pengaplikasian sekrup ini adalah dengan membuat lubang berdiameter lebih besar dari diameter sekrup, sekitar 3 mm. Ukuran ini sudah dilakukan pengujian untuk mengantisipasi ruang pemuaian karena adanya perbedaan suhu antara siang dan malam. 


3. Pasang dengan Kemiringan Atap yang Tepat

Cara pasang atap Alderon berikutnya adalah harus memperhatikan besar sudut kemiringan atap. Ini diperlukan agar air hujan dapat mengalir turun dengan lancar sehingga tidak menyebabkan kebocoran akibat genangan air di atasnya. 

Sebagai rekomendasi, gunakanlah kemiringan atap minimal 10˚ (10 derajat) untuk memastikan air hujan dapat mengalir dengan baik. 


4. Tutup Sistem Sambungan 

Selain kemiringan, Adan juga perlu menutup bagian atas sistem sambungan ‘anti bocor’ atau Anti Leakage Coupling System pada bagian atas lapisan di bawahnya. Sambungan tersebut adalah sambungan anti bocor yang berada di atap (nok atau wuwungan). 


5. Perhatikan panjang jarak sambungan 

Rekomendasi panjang jarak sambungan sisi panjang (length overlap) adalah:

  • 200 mm untuk atap berbentuk landai; dan
  • 150 mm untuk atap dengan sudut kemiringan yang curam. 


6. Panjang jarak maksimum overhang 

Rekomendasi panjang jarak maksimum overhang adalah 100 mm. 


7. Panjang jarak maksimum reng/purlin 


Rekomendasi jarak maksimum reng / purlin yang disarankan maksimum1200 mm.


Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan aksesoris atap Alderon lainnya seperti perabung atap atau lebih dikenal dengan nok atau wuwungan. Jangan lupa, gunakan sekrup khusus Alderon Weather Seal yang dibuat untuk pemasangan atap Alderon. Namun, jika Anda mengalami kesulitan dalam memasangnya, sebaiknya gunakan jasa seorang tukang profesional yang telah ahli dalam memasang atap Alderon.

0 Response to "7 Cara Mudah Pasang Atap Alderon yang Aman Dan Tepat"

Post a Comment