Ini Ukuran Bathtub yang Nyaman, Jenis, Merek dan Harganya

 Beberapa orang suka menghabiskan waktu di kamar mandi terutama di dalam bathtub. Jika bisa memilih jenis dan ukuran bathtub yang tepat, maka area ini bisa menjadi yang ternyaman tidak hanya untuk berendam tapi juga sambil mendengarkan musik, membaca buku favorit, atau memandikan anak.

Bukan itu saja, adanya bathtub di dalam kamar mandi juga bisa menambah tampilan modern sekaligus estetik serta memberikan kesan mewah ke dalam ruang. Bahkan untuk ukuran rumah yang kecil atau minimalis dan biasanya juga dengan ukuran kamar mandi terbatas, bathtub tetap bisa ditambahkan lho.




Jenis-Jenis Bathtub

Ada beragam jenis bathtub dan jika dalam hal ini Anda adalah pemula, maka memilih salah satu menjadi tugas yang cukup membingungkan. Agar tidak salah pilih, berikut adalah informasi berbagai jenis bathtub yang paling umum ada di pasaran:


1. Corner Bathtub



Jika area kosong di dalam kamar mandi Anda adalah di sudut ruang dan Anda tertarik untuk menambahkan bathtub, maka corner bathtub adalah pilihan paling ideal. Bathtub jenis ini memang dirancang khusus untuk sudut ruang dengan bentuk dan ukuran bathtub yang bisa dibuat custom. 

Corner bathtub juga paling cocok dengan kamar mandi kecil karena lokasi bathtub di sudut ruang akan membuat area tengah ruang tidak terkesan penuh.


2. Alcove Bathtub



Ciri khas dari alcove bathtub adalah satu atau dua sisinya dibuat menempel dengan dinding. Bathtub jenis ini menjadi salah satu yang paling banyak digunakan karena mudah dalam hal pemasangan. Mirip dengan corner bathtub, alcove bathtub juga paling cocok untuk kamar mandi kecil.


3. Freestanding Bathtub


Berbeda dengan dua jenis sebelumnya, freestanding bathtub lebih fleksibel karena bisa ditempatkan dimana saja di dalam kamar mandi, bisa di pojok, dekat dinding, atau juga di tengah-tengah ruang. 

Kelebihan lain dari bathtub ini adalah hadir dengan pilihan desain yang lebih beragam dan kebanyakan tampil sangat elegan.


4. Claw-foot Bathtub



Sekilas, bathtub jenis ini mirip dengan standing bathtub tapi bentuknya lebih oval dan pada bagian bawah memiliki 4 buah kaki berukuran pendek. Jenis bathtub ini paling cocok untuk kamar mandi dengan tema vintage. Ada dua bahan yang bisa dipilih yaitu logam dan porcelain.


5. Whirlpool Bathtub



Disebut juga jacuzzi, bathtub jenis ini paling cocok untuk pecinta spa. Material paling umum adalah porcelain tapi versi modern juga ada yang menggunakan kaca. 

Ciri khas bathtub ini adalah memiliki sandaran leher dan pada sisi bagian dalam memiliki lubang-lubang kecil sebagai jalan aliran air panas dengan tekanan tinggi (semburan) yang bisa membentuk gelombang.


6. Drop-in Bathtub



Bathtub jenis ini paling cocok untuk kamar mandi besar dan biasanya paling sering dijumpai di resort atau hotel. Ciri khas drop-in bathtub adalah salah satu atau kedua sisi di kanan kiri memiliki area untuk tempat alat mandi.


7. Soaking Bathtub



Bathtub jenis ini dilengkapi dengan sejumlah fitur menarik seperti pompa jet bertekanan tinggi, aromaterapi, dan pengontrol suhu. Jika ingin pengalaman berbeda setiap kali berendam Anda bisa memilih jenis bathtub ini. 


8. Stone Bathtub



Apakah ruang mandi Anda mengusung konsep natural? Maka stone bathtub adalah jenis paling tepat karena terbuat dari material batu seperti marmer dan biasanya dengan warna-warna gelap seperti coklat tua, abu-abu, atau hitam. Bentuknya bervariasi mulai dari persegi, oval, hingga bulat.


9. Walk-in Bathtub



Bathtub jenis ini adalah yang paling istimewa karena diperuntukkan untuk orang-orang berkebutuhan khusus (penyandang disabilitas). 

Desain dari bathtub ini dibuat khusus agar para penyandang disabilitas dapat naik dan masuk ke dalam bathtub dengan lebih mudah, yaitu dengan adanya tambahan pintu di salah satu sisi bathtub. Ada juga handle/pegangan di satu sisi untuk membantu pengguna agar bisa keluar dan masuk dengan lebih mudah.

Baca juga: Macam-Macam Ukuran Pintu Kamar Mandi, Mana yang Cocok untuk Bangunan Anda?



Ukuran Bathtub yang Paling Nyaman


Bathtub dengan ukuran standar memiliki kapasitas air hingga 190 liter. Adapun beberapa pilihan ukuran bathtub di pasaran adalah sebagai berikut:

  • 120×70 cm
  • 130×70 cm
  • 140×70 cm
  • 150×70 cm
  • 170×70 cm
  • 185×85 cm


Untuk menentukan ukuran bathtub yang paling nyaman adalah dengan cara menyesuaikan lebar bahu dan tinggi badan. Pada saat Anda merasa sempit saat berada di dalam bathtub, maka hal itu menandakan ukuran bathtub-nya tidak ideal.

Nah, berikut ini adalah sejumlah tips untuk memilih ukuran bathtub:

  1. Pilih panjang bathtub yang yang kurang lebih mengikuti tinggi tubuh Anda. Pilih anggota keluarga yang memiliki tubuh paling tinggi. Misal jika tingginya adalah 168 cm, maka ukuran bathtub yang nyaman untuk dipasang di rumah adalah yang berukuran panjang 170.
  2. Pilih lebar bathtub dengan mempertimbangkan lebar bahu dari sisi kiri ke kanan agar tidak sempit saat menggunakan. Ukuran normal lebar dari bathtub adalah antara 70cm-85cm.
  3. Jangan memilih bathtub yang memiliki lebar melebihi 90cm -120cm karena akan membuat rentang tangan pemakainya akan jauh menumpu di sisi bathtub. Kondisi tersebut tentu akan membuat kurang nyaman ketika tangan tidak mampu menumpu di tepi bathtuub.
  4. Ukuran kedalaman bathtub rata-rata berkisar 60cm yang dapat membuat seluruh tubuh terendam secara sempurna. Namun, harus hati-hati jika bathub ini akan digunakan oleh anak kecil. Jangan diisi dengan air yang penuh.
  5. Secara khusus, anak kecil dapat dibuatkan bathtub dengan ukuran yang sesuai, yaitu tidak terlalu tinggi, bisa berkisar 40 cm. Namun, tetap harus dalam lingkup pengawasan orang dewasa ketika sedang digunakan.
  6. Periksa pada bagian bawah bathtub. Pastikan memiliki anti slip berupa motif yang lebih tebal dari body dasar bathtub. Fungsi dari anti slip tersebut adalah untuk membantu penggunanya lebih mudah berdiri dan agar tidak tergelincir.


Merek dan Harga Bathtub Terbaru Tahun Ini


Apakah Anda sudah menentukan jenis bathtub yang sesuai dengan keinginan atau kebutuhan dan dengan ukuran bathtub yang paling ideal dengan kamar mandi Anda? Maka sekarang saatnya memilih merk dengan harga yang paling pas dengan isi dompet. Berikut daftarnya:


1. Bathtub Stella

Bathtub merk ini menjadi yang paling murah dalam daftar berikut dengan harga sekitar Rp1.900.000 untuk tipe corner bathtub. Materialnya adalah akrilik berwarna putih bersih dan desain minimalis yang sangat cocok untuk kamar mandi dengan ukuran terbatas. 


2. Bathtub Long Mainstream

Dibanderol dengan harga sekitar Rp2.400.000, bathtub merk ini menjadi salah satu paling laris di pasaran karena kualitasnya yang sudah teruji. Bahannya akrilik dan bergaya futuristik.


3. Terrazo Infinity Gloss Bathtub 

Bathtub merk ini dijual dengan harga sekitar Rp5.000.000 dan tak kalah laris dari beberapa daftar sebelumnya karena desain unik yang ditawarkan oleh bathtub ini. Materialnya sendiri adalah marmer dan diklaim anti jamur sehingga bisa awet dalam jangka panjang.


4. Fusion Bathtub 

Fusion sudah dikenal lama sebagai salah satu produsen bak mandi dan bathtub berkualitas. Sebagai gambaran, salah satu jenisnya yakni long Fusion bathtub onix dijual dengan harga sekitar Rp5.300.000.


5. Simphony Bathtub 

Label harga dari Simphony Bathtub adalah sekitar Rp15.000.000 untuk dimensi paling besar dan yang terbuat dari bahan akrilik berkualitas. Jika Anda mengutamakan daya tahan maka merk inilah salah satu pilihan terbaik.


6. Bulgary Bathtub 

Merk ini menawarkan aneka jenis bathtub dengan ukuran yang beragam mulai dari minimalis hingga super besar yang nyaman untuk berendam. 

Sebagai contoh, tipe corner bathtub dari merk ini bisa Anda bawa pulang dengan merogoh kocek sekitar Rp8.500.000. Ciri khas dari bathtub merk ini adalah modern dan futuristik dengan bahan akrilik premium.


7. Roca Bathtub

Jika yang Anda inginkan adalah bathtub jenis freestanding dengan bentuk oval, maka merk Roca bisa dipertimbangkan. Merk ini dikenal berkualitas tinggi dan sangat mengutamakan visual yang mewah. Tidak heran jika harganya sangat mahal sekitar Rp23.000.000.

Ada banyak ukuran bathtub mulai dari yang cocok untuk kamar mandi paling kecil hingga besar. Bentuknya juga beragam dari persegi panjang, oval, bahkan bulat. Sedangkan untuk harga, Anda bisa memilih Stella bathtub jika ingin yang ramah anggaran, dan bisa memilih Roca jika mengutamakan kualitas.

0 Response to "Ini Ukuran Bathtub yang Nyaman, Jenis, Merek dan Harganya"

Post a Comment