Apa Beda Domain .COM dan Domain .ID? Berikut Penjelasannya

Perdebatan terkait perbedaan domain .COM dan domain .ID merupakan salah satu fenomena klasik yang sampai sekarang masih sering terjadi. Banyak blogger menganggap bahwa ekstensi domain .COM memiliki nilai jual lebih tinggi, sementara di sisi lain tak sedikit yang menganggap bahwa domain .ID memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa didapatkan ketika menggunakan ekstensi domain lain.




Sebenarnya, baik ekstensi domain ID maupun domain .COM keduanya sama-sama memiliki kualitas tinggi. Sebagai Top Level Domain kamu bisa mendapatkan URL website yang lebih pendek dibandingkan memakai subdomain gratisan dari blogspot atau WordPress. Untuk mengetahui ketersediaan domain, kamu bisa cek domain di halaman ini


Lantas, kira-kira ekstensi domain mana sih yang paling sesuai untuk kebutuhan bisnis saat ini? Untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan di atas, kamu bisa membaca pembahasan lengkap terkait perbedaan domain .COM dan domain .ID berikut ini.


Apa Beda Domain .COM dan Domain .ID?


Domain merupakan alamat unik yang bisa memudahkan pengunjung mengakses konten website kita. Sifatnya yang unik membuat nama domain memiliki sifat eksklusif bagi penggunanya. Bagi kamu yang masih bingung menentukan ekstensi mana yang cocok untuk bisnis, ulasan di bawah ini mungkin bisa dijadikan sebagai referensi.

1. Pengelola Ekstensi Domain


Perbedaan pertama antara domain .ID dan domain .COM bisa dilihat dari siapa organisasi dibalik pengelolaannya. Ekstensi domain .ID secara resmi dikelola oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia). 


Sementara itu, ekstensi domain .COM ada dibawah kendali lembaga internasional bernama Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). 


Informasi ini penting diketahui, terutama jika kamu mendapatkan masalah atau ingin melihat kredibilitas perusahaan registrar domain tempat pembelian. 


2. Ketersediaan Domain

Cek Ketersediaan Domain

Saat ini domain .ID memiliki jumlah pengguna yang belum sebanyak domain .COM, sehingga tingkat ketersediaan nama domain bagus masih ada banyak sekali. Ketersediaan nama domain sendiri sangat krusial bagi perusahaan karena bisa menjadi salah satu aset digital untuk membangun branding.


Semakin banyak opsi nama domain yang bisa digunakan tentu akan semakin baik. Terlebih jika kamu bisa mendapatkan nama domain pendek yang mudah diingat oleh calon pelanggan.


3. Hak Kepemilikan

Seperti kita ketahui, domain .ID secara eksklusif merupakan ekstensi domain yang ditujukan khusus untuk warga negara Indonesia. Nama domain ini diharapkan menjadi identitas di dunia digital bahwa website tersebut berasal dan berkedudukan di negara Indonesia.


Di sisi lain, ekstensi domain .COM merupakan tipe domain general yang bersifat komersial sehingga tidak memiliki batasan dalam hal penggunaan. Maka dari itu, tidak heran jika sampai sekarang jumlah pengguna domain .COM jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan domain .ID yang sifat kepemilikannya lebih spesifik.

4. Syarat Dokumen Pembelian

Berbeda dari pembelian ekstensi domain .COM yang tidak membutuhkan persyaratan sama sekali. Beberapa tahun lalu, untuk bisa membeli ekstensi domain .ID perlu kartu identitas (KTP) sebagai syarat registrasi.


Namun, seiring waktu berjalan saat ini proses registrasi ekstensi domain .ID sudah tidak perlu syarat KTP lagi, sehingga bisa lebih bebas dalam mendaftarkan nama domain sesuai kebutuhan.


Meski begitu, untuk penggunaan beberapa ekstensi domain .ID masih perlu syarat dokumen sebagai tanda legalitas kepemilikan. Misalnya ketika kamu ingin menggunakan domain .CO.ID maka dibutuhkan syarat khusus berupa SIUP/NIB, untuk domain .AC.ID perlu dokumen SK Rektor, dan masih banyak lagi. 


5. Efektifitas di Mesin Pencari

Terakhir, perbedaan antara domain .COM dan domain .ID bisa dilihat dari segi penilaian mesin pencari, terutama Google. Jika kamu memakai ekstensi domain .COM secara otomatis maka bot Google akan mengidentifikasi bahwa website bersifat komersial untuk pengguna dari seluruh dunia.


Sementara jika menggunakan domain .ID, maka bot Google akan melihat bahwa konten website kamu secara spesifik ditujukan untuk pengunjung dari Indonesia. Hal ini bisa kamu lihat dengan cara menautkan domain ke Google Search Console, kemudian memilih menu International Targeting > Country.


Kendari belum bisa dibuktikan secara gamblang, namun menggunakan ekstensi domain .ID untuk membangun website dengan target pengunjung spesifik dari Indonesia memang jauh lebih masuk akal. Terutama jika menilik dari rilis resmi algoritma Google Pigeon yang mengutamakan hasil penelusuran berbasis lokasi pengguna.


Itulah beberapa poin perbedaan antara domain .COM dan domain .ID. Jadi, bagaimana? Apakah kamu sudah memiliki keputusan terkait ekstensi mana yang cocok untuk bisnis? Terlepas dari apapun pilihan domain yang digunakan, pemilihan ekstensi domain sendiri tidak bisa lepas dari budget yang kamu miliki. Sebagai informasi, saat ini domain .ID memiliki banderol harga sedikit lebih mahal dari domain .COM sehingga kamu perlu menyiapkan dana ekstra untuk perpanjangan setiap tahun.


Semoga bermanfaat.

0 Response to " Apa Beda Domain .COM dan Domain .ID? Berikut Penjelasannya"

Post a Comment