Yuk Ketahui Jenis Mesin Amplas (Sander), Fungsi, Cara Kerja, dan Harganya

Jenis mesin amplas Sander dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan dengan mekanisme menggerakkannya secara cepat sehingga tekstur objeknya akan lebih halus dari sebelumnya.

Apabila Anda masih menggunakan amplas untuk menghaluskan kayu maka cukup memakan waktu karena sekarang ini sudah ada mesin amplas Sander yang dapat digunakan dengan cepat. Dengan demikian akan membantu Anda menghaluskan tekstur permukaan furniture atau bahan bangunan rumah dengan cepat sehingga lebih efektif dan efisien.



Apa itu Mesin Amplas (Sander)?

Mesin amplas adalah mesin yang digerakkan untuk menghaluskan permukaan benda kayu, beton, dinding, dan logam menggunakan daya listrik sehingga lebih cepat.

Mesin amplas yang satu ini mempunyai material abrasif sehingga dapat meratakan permukaan benda yang tidak rata.

Nah, mesin amplas terdiri dari sepasang drum yang memutar amplas pita sehingga dapat digunakan tukang untuk menghaluskan atau mengamplas permukaan kasar atau yang mengeras dengan sangat efektif. Perputarannya ternyata sangat cepat sehingga cukup sulit digunakan oleh para pemula.


Fungsi Mesin Amplas (Sander)

Ini dia beberapa fungsi dari penggunaan Mesin Sander yang harus Anda ketahui sehingga dapat membantu  pekerjaanmu menjadi cepat selesai.

1. Menghaluskan Permukaan Benda

Pertama, terdapat fungsi mesin Sander seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya yaitu dapat menghaluskan permukaan benda berupa kayu, logam, bahkan dinding yang teksturnya tidak rata sehingga harus diamplas agar terlihat lebih bagus dan rapi.

2. Mengamplas Substrat yang Sangat Kasar

Berikutnya, fungsi mesin Sander juga dapat mengamplas substrat yang sangat kasar dengan cepat. Apabila Anda menggunakan amplas tentu saja sangat membutuhkan waktu cukup banyak dan tenaga yang melelahkan.

3. Mengupas cat saat proses refinishing.

Mesin amplas juga dapat digunakan untuk mengupas cat dalam proses refinishing sehingga hasilnya akan lebih bagus, bahkan terlihat mengkilap sehingga hasil pengecatannya terlihat lebih mewah.

4. Menghaluskan permukaan yang luas.

Saat Anda menggunakan mesin amplas maka dapat menghaluskan permukaan yang luas dengan sangat cepat dibandingkan menggunakan amplas secara manual.


Jenis-Jenis Mesin Amplas (Sander)

Terdapat beberapa jenis mesin Sander yang ada di pasaran, Yuk ketahui jenisnya dalam ulasan di bawah ini.


1. Mesin Amplas Belt Sander


Pertama, terdapat jenis mesin amplas belt sander yang mempunyai material abrasif amplas dari rangkaian drum roll berukuran kecil dengan track sehingga materialnya dapat bergulir mengikuti alur lintasan persegi panjang.

Nah, Belt Sader biasanya digunakan untuk mengamplas abrasif yang kasar. Bahkan, jenis mesin amplas yang satu ini juga cocok digunakan untuk menghilangkan bekas cat di tembok, menghaluskan permukaan kayu, dan mengasah material dan furniture metal.

Saat Anda menggunakan belt Sander maka gunakan bidang yang permukaannya sempit agar tidak menggores bagian disekitarnya.


2. Orbital Sander




Berikutnya, terdapat jenis mesin amplas Orbital Sander yang mempunyai sistem kerja dengan getaran yang naik turun. Cara menggunakannya yaitu dengan meletakkan lembaran abrasif dengan dijepit pada papan orbital untuk bergerak meratakan permukaan tembok dan kayu.

Nah, orbital Sander sendiri sudah mempunyai papan yang bentuknya persegi dan persegi panjang. Jenis mesin yang satu ini cocok digunakan untuk mengamplas atau menghaluskan sudut-sudut kayu/papan, mengamplas dempul yang sudah mengeras dan pernis atau cat yang sudah mengering.. Bahkan, jenis mesin amplas yang satu ini dapat membantu proses finishing untuk pemasangan material abrasif yang cukup sulit.


3. Random Orbital Sander



Random Orbital Sander berbentuk bulat yang dikenal sebagai tipe mesin amplas standar sehingga dapat digunakan dengan mudah oleh pemula. Dengan demikian jenis material yang akan diamplas juga harus berbentuk papan bulat untuk direkatkan ke mesin menggunakan bahan velcro.

Nah, mesin amplas yang satu ini dapat digerakkan dengan mudah untuk menghaluskan kayu, logam, dan tembok. Bahkan, mesinnya juga dapat digunakan untuk memoles mobil dengan mata poles dari serat polypropylene.


4. Palm Sander



Palm sander adalah jenis mesin amplas yang memiliki bentuk kotak pada bagian bawah, yaitu alat pengamplasannya berbentuk kotak kecil. Bagian amplasnya ini dapat bergerak maju dan mundur atau ke kanan dan ke kiri tergantung dari pengaturannya.

5. Drum Sander



Mesin amplas tipe ini dilengkapi dengan fitur drum yang berfungsi untuk menempatkan sabuk amplas. Mesin drum sander ini bisa digunakan untuk menghaluskan bagian-bagian produk papan kayu yang datar, terlebih untuk benda-benda kayu yang berukuran kecil dan kompleks. 

Ketika digunakan untuk menghaluskan objek-objek kecil atau benda dengan permukannya yang melengkung, drum harus diganti dengan fitur pad lentur.


6. Mouse Sander


Mesin amplas yang terakhir ini sangatlah ringkas. Mesin ini mampu menjangkau ruang-ruang yang sempit, karena memiliki pegangan tiga posisi untuk keserbagunaan saat digunakan untuk bekerja.

Pegangan 3 posisi tersebut memudahkan pengguna untuk mengkontrtolnya pada berbagai pengaplikasiannya. Selain itu, mesin ini memiliki sistem pengumpulan debu yang baik sehingga membantu menjaga ruang kerja tetap bersih.


Harga Mesin Sander atau Mesin Amplas 

Harga mesin amplas Sander sangat bervariasi tergantung dari merknya seperti Bosch, makita, dan Dewalt yang mulai dijual di pasaran dengan harga Rp. 2.500.000 – Rp. 4.000.000. Berbeda dengan merk China yang harganya lebih murah yaitu mulai dari Rp. 800.000 – Rp. 1.500.000.


Keamanan Kerja Ketika Menggunakan Mesin Amplas

Saat Anda menggunakan mesin amplas maka disarankan untuk menggunakan masker dan kacamata kerja yang digunakan untuk menyaring debu pengamplasan agar tidak masuk ke saluran pernafasan. Hal tersebut dikarenakan debu pengamplasannya sangat kecil sehingga dapat mudah masuk ke hidung dengan cepat. 


Anda juga harus menggunakan kacamata kerja agar dapat menghindari mata dari debu pengamplasan agar mata kita tidak mengalami iritasi.


Cara Kerja Mesin Amplas

Apabila Anda ingin mengamplas menggunakan Mesin Sander maka harus memperhatikan langkah-langkah di bawah ini.


1. Pertama, silahkan Anda menentukan jenis mesin amplas sander yang akan digunakan sesuai dengan yang dibutuhkan mulai dari belt sander, orbital sander dan random orbital sander. Selain itu, Anda juga harus memastikan bahwa medan kerjanya sudah memadai seperti daya listrik, penggunaan kabel atau nirkabel.

2. Setelah itu, lanjutkan dengan menentukan jenis material abrasif yang dipasang pada mesin sander sesuai dengan pengerjaan objek kerjanya agar tidak memakan waktu terlalu lama sehingga tidak merusak permukaan benda.

3. Kemudian, Anda harus memastikan mesin dengan posisi off saat menggunakan pemasangan material abrasif.

4. Lanjutkan dengan memasang material abrasif ke mesin sander. Jika semua komponen sudah terpasang maka pastikan semua komponennya sudah terkunci dengan posisi benar.

5. Setelah itu, mesin amplas Sander sudah dapat digunakan.


Itulah penjelasan mengenai jenis-jenis, fungsi, manfaat, dan cara kerja mesin amplas Sander yang harus diketahui. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Yuk Ketahui Jenis Mesin Amplas (Sander), Fungsi, Cara Kerja, dan Harganya"

Post a Comment