Pengertian Roaming, Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Mengaktifkannya

Istilah roaming atau roaming data masih sering digunakan hingga saat ini. Istilah ini berkaitan erat dengan jaringan internet pada telepon seluler. Roaming adalah istilah yang sangat penting untuk Anda pahami. Ketahui berbagai detail mengenai roaming, seperti pengertian dan fungsinya.

Pahami juga cara mengaktifkan roaming. Dengan memahami semua detail mengenai roaming, Anda akan bisa menggunakan layanan ini saat benar-benar membutuhkannya. Di bawah ini, Anda akan menemukan berbagai informasi mengenai layanan roaming.



Pengertian Roaming Data


Roaming data merupakan suatu layanan yang disediakan oleh berbagai provider internet. Layanan ini memungkinkan para penggunanya agar tetap bisa terhubung ke jaringan internet meskipun pengguna tersebut sedang berada di luar jangkauan provider yang digunakannya.

Provider yang dipakai oleh pengguna ponsel akan terhubung ke provider lainnya yang ada di suatu daerah tertentu. Agar bisa memahami tentang proses roaming dengan lebih jelas, perhatikan contoh berikut ini:

  • Anda merupakan pengguna kartu SIM Z dan setiap hari menggunakan kartu SIM tersebut untuk mengakses internet selama Anda berada di Indonesia. Kartu SIM tersebut bisa menghubungkan Anda ke internet karena Anda berada dalam jangkauannya.
  • Tapi tiba-tiba Anda pergi berlibur ke Brazil dan kartu SIM Z yang selalu Anda gunakan ternyata tidak bisa menemukan sinyal. Hal ini wajar karena saat ini Anda sedang berada di daerah yang tidak terjangkau oleh provider kartu SIM Z yang Anda gunakan.
  • Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan layanan roaming data. Provider seluler yang Anda gunakan di Indonesia akan bekerja sama dengan sebuah provider seluler yang ada di Brazil.
  • Dengan demikian, Anda bisa menggunakan provider seluler yang Anda gunakan setiap hari di Indonesia dan bisa tetap terhubung ke jaringan internet meskipun sedang berlibur ke Brazil.

Jadi Anda tidak perlu beli kartu baru di negara lain, terutama kalau masa liburan Anda di negara tersebut hanya sebentar. Cukup gunakan layanan roaming data yang sudah disediakan oleh provider yang selama ini sudah Anda gunakan di Indonesia.

Memahami pengertian dari istilah roaming data saja belum cukup. Bekali diri Anda dengan berbagai detail lain tentang layanan roaming data, seperti berbagai fungsinya dan cara mengaktifkan layanan yang sangat bermanfaat ini. Temukan informasi lengkap tersebut di bawah ini.

Fungsi Roaming Adalah


Layanan roaming data mempunyai banyak kegunaan atau manfaat bagi para penggunanya. Layanan ini bisa Anda gunakan untuk mengakses internet sehingga bisa tetap eksis di media sosial ketika sedang berada di luar negeri.

Tapi bukan hanya itu saja fungsi dari roaming data. Selain mempermudah para pengguna provider dalam negeri untuk mengakses internet di luar negeri, layanan roaming data juga mempunyai banyak fungsi atau kegunaan yang lainnya, seperti:

  • Memungkinkan pengguna provider dalam negeri untuk mengirim SMS tanpa perlu mengganti nomor HP dengan nomor baru yang dibeli di luar negeri.
  • Provider Indonesia juga tetap bisa digunakan untuk mengirim SMS atau pesan yang berbentuk multimedia.
  • Pengguna provider dalam negeri juga tetap bisa melakukan panggilan telepon dengan menggunakan nomor HP yang sama tanpa harus membeli yang baru di negara yang sedang dikunjungi untuk waktu yang singkat.
  • Melakukan video call dengan menggunakan nomor HP yang dibawa dari negara asal juga tetap bisa dilakukan tanpa perlu membeli nomor HP baru di negara lain.
  • Pengguna provider dalam negeri juga masih bisa menerima SMS di nomor HP yang sama berkat layanan roaming.
  • Panggilan masuk dari orang lain yang ada di negara asal juga bisa diterima oleh pengguna layanan roaming data meskipun sedang berada di negara lain yang jauh dari negara asalnya.

Bahkan ketika pengguna layanan roaming data sedang aktif tapi ponsel sedang ada dalam mode pesawat, maka seluruh panggilan yang masuk ke ponsel tersebut akan otomatis disimpan dengan bentuk voice mail sehingga bisa Anda dengarkan nanti setelah mematikan mode pesawat.

Cara Mengaktifkan Layanan Roaming Data


Cara mengaktifkan layanan roaming data berbeda-beda, tergantung jenis perangkat yang Anda gunakan. Di bawah ini, Anda akan menemukan langkah-langkah yang perlu diikuti untuk mengaktifkan layanan roaming data di dua jenis smartphone yang berbeda.

1. Mengaktifkan layanan roaming data di perangkat Android

Via www.techadvisor.com

Bagi para pengguna Android yang akan bepergian ke negara lain dan perlu memahami cara mengaktifkan layanan roaming data ini, ikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini dengan teliti:

  • Aktifkan smartphone Android Anda kemudian buka menu Settings atau Pengaturan yang sudah pasti ada di setiap perangkat Android. Di menu ini Anda akan menemukan berbagai pilihan pengaturan yang bisa diterapkan.
  • Setelah Settings atau Pengaturan terbuka, cari dan buka menu yang bernama Kartu SIM.
  • Kemudian tap pada pilihan yang berjudul Roaming Data dan aktifkan menu tersebut untuk bisa menggunakannya.

Setelah layanan roaming data ini diaktifkan, lakukan restart smartphone sehingga pengaturan yang baru bisa segera diterapkan dan digunakan. Layanan roaming data bisa langsung digunakan setelah diaktifkan tapi proses restart bisa memastikan bahwa layanan roaming data bisa dipakai dengan lancar.

2. Mengaktifkan layanan roaming data di iPhone


Via support.apple.com

Sebenarnya proses yang satu ini kurang lebih sama dengan proses yang sebelumnya. Hanya saja, pilihan kata yang digunakan di perangkat iPhone sedikit berbeda. Ikuti proses berikut ini:

  • Buka menu Settings yang ada di perangkat iPhone Anda kemudian buka pilihan Cellular Data.
  • Selanjutnya tap pada pilihan yang berjudul Cellular Data Options lalu pastikan Anda mengaktifkan menu yang bernama Data Roaming.

Setelah layanan roaming data berhasil diaktifkan, lakukan restart dan smartphone Anda sudah siap untuk digunakan lagi. Roaming adalah layanan yang sangat berguna kalau Anda sering bepergian ke luar negeri. Pastikan Anda benar-benar memahami layanan yang satu ini.

0 Response to "Pengertian Roaming, Fungsi, Cara Kerja, dan Cara Mengaktifkannya"

Post a Comment