Ini Lho Manfaat Terumbu Karang dari Segi Ekologi dan Ekonomi

Ekosistem terumbu karang memberikan manfaat ekologi dan ekonomi bagi kehidupan manusia. Bahkan tidak hanya itu, interaksi yang terjadi antara sesama manusia dalam pemanfaatan terumbu karang juga membentuk suatu nilai budaya. Sebagai contoh, aktivitas upaya konservasi terumbu karang dapat merekatkan hubungan antara anggota masyarakat dan juga antara manusia dengan alam.

Terumbu karang merupakan salah satu ekosistem yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati laut. Manfaat terumbu karang ini sangat banyak dan memiliki peran yang sangat penting yang tidak hanya bermanfaat besar bagi kehidupan di dalamnya, akan tetapi juga bermanfaat bagi kebutuhan manusia.



Nilai Ekologi dan Ekonomi Terumbu Karang


Secara khusus, ekosistem terumbu karang menyediakan berbagai manfaat baik langsung maupun tidak langsung dirasakan oleh masyarakat pesisir. Sebagai contoh, terumbu karang mampu memberikan perlindungan bagi lingkungan pesisir, khususnya dari ancaman erosi akibat gelombang laut yang besar.

Adapun nilai ekologi dan juga ekonomi dari suatu ekosistem terumbu karang adalah sebagai berikut:

1. Melindungi Lingkungan Pesisir dari Erosi

Manfaat terumbu karang dalam segi ekologi yang pertama adalah kemampuannya utnuk membantu melindungi masyarakat pesisir dari gelombang badai dan ancaman erosi akibat adanya gelombang laut. Kedua ancaman tersebut cenderung meningkat ketika terjadi kenaikan permukaan laut. 

2. Penyedia Sumber daya Ikan

Manfaat terumbu karang yang bernilai ekologi selanjutnya adalah sebagai tempat yang sangat produktif untuk pertumbuhan ikan. Ekosistem terumbu karang bermanfaat untuk dijadikan tempat tinggal bagi berbagai jenis ikan dan tumbuhan yang banyak diantaranya memiliki nilai ekonomi tinggi. Berbagai jenis ikan tersebut mencari makan dan berlindung di ekosistem ini.

3. Budidaya Rumput Laut

Keberadaan ekosistem terumbu karang juga dapat dimanfaatkan sebagai aktivitas budidaya rumput laut. Karang-karang yang mengalami kerusakan dan berada di perairan yang dangkal sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat budidaya rumput laut. Karena dalam kondisi alami pun, terumbu karang dapat hidup berdampingan dengan rumput laut.

Kegiatan budidaya rumput laut ini tidak hanya dilakukan di Indonesia, namun di beberapa negara lain seperti Filipina, Tanzania, Zanzibar dan Malaysia juga jamak melakukannya. Bahkan budidaya rumput laut di Indonesia memiliki hubungan yang positif antara konservasi budidaya rumput laut dengan ikan-ikan dari jenis Baronang yang banyak ditemukan berada di antara ekosistem terumbu karang dan lamun. 

Keberadaan aktivitas usaha budidaya rumput laut menjadi salah satu alternatif mata pencaharian bagi masyarakat sehingga mampu meningkatkan perekonomian mereka.

Manfaat Terumbu Karang

Adapun manfaat terumbu karang sangatlah bermacam-macam. Berikut ini adalah manfaat dan fungsi terumbu karang yang mungkin saja dapat memotivasi bagi kita semua untuk selalu menjaga dan melindungi ekosistem ini:

1. Sebagai pariwisata


Terumbu karang menyediakan keanekaragaman hayati berupa beragam jenis biota laut hidup di ekosistem ini. Mereka bernilai sangat tinggi dengan bentuk dan warna yang sangat indah.

Keindahan terumbu karang tersebut, didukung dengan kejernihan airnya membuat kawasan terumbu karang terkenal sebagai tempat rekreasi bagi masyarakat pecinta laut. Beberapa aktivitas pariwisata yang bisa dilakukan di wilayah ekosistem terumbu karang adalah seperti skin diving atau snorkeling, SCUBA dan fotografi.

2. Sebagai budidaya perikanan

Terumbu karang menjadi tempat tinggal bagi ikan-ikan karang yang sangat indah. Karena keindahannya tersebut membuat ikan karang memiliki nilai jual yang sangat mahal. 

Banyak nelayan menangkap ikan di kawasan terumbu karang. Bahkan jumlah tangkapan ikan, kerang dan kepiting dari ekosistem terumbu karang ini secara lestari mencapai 9 juta ton atau sedikitnya 12% dari jumlah panenan ikan di seluruh dunia.

3. Sebagai perlindungan pantai

Manfaat terumbu karang selanjutnya adalah untuk melindungi pantai. Jenis terumbu karang yang memiliki fungsi ini adalah terumbu karang tepi dan penghalang. Kedua jenis ini mampu memecah gelombang alami sehingga kawasan pantai terlindungi dari erosi, banjir pantai, dan peristiwa perusakan lainnya yang diakibatkan oleh fenomena air laut. 

Kawasan terumbu karang ini jangan sampai rusak. Karena jika dirusak, maka diperlukan milyaran rupiah untuk membuat penghalang buatan yang memiliki kekuatan setara dengan terumbu karang.

4. Fungsi biodiversitas

Terumbu karang merupakan ekosistem yang mempunyai produktivitas dan keanekaragaman jenis biota yang tinggi jika dibandingkan ekosistem pesisir dan laut lainnya, dalam unit skala tertentu.

Keanekaragam hidup di ekosistem terumbu karang per unit area lebih banyak spesies dibandingkan dengan wilayah laut dalam. Dalam luas 1 km2 ekosistem terumbu karang mengandung lebih banyak spesies jika dibandingkan dengan luas ukuran 1 km2 di wilayah laut dalam.

Dengan kekayaan ekosistem terumbu karang tersebut menjadikannya sebagai tempat untuk penelitian dan ilmu ekologi, di mana memiliki potensi sebagai bahan obat-obatan,  anti kanker, anti virus, dan penggunaan lainnya sangat tinggi. 

Sekian penjelasan mengenai manfaat terumbu karang bagi ekologi dan ekonomi masyarakat sekitar pesisir. Manfaat terumbu karang dari segi ekologi diantaranya sebagai nutrien bagi biota perairan laut, pelindung fisik bagi biota laut dari ancaman gelombang alami, serta bisa dijadikan sebagai tempat bermain dan asuhan bagi biota laut. Sedangkan manfaat terumbu karang dari segi ekonomi diantaranya dapat dijadikan sebagai tempat habitat dari ikan karang, algae, teripang dan kerang mutiara; sebagai objek wisata; dapat dijadikan sebagai material bahan kontruksi bangunan; dapat dijadikan sebagai penghasil bahan aktif untuk obat-obatan dan kosmetik serta sebagai laboratoium alam untuk penunjang pendidikan dan penelitian.

0 Response to "Ini Lho Manfaat Terumbu Karang dari Segi Ekologi dan Ekonomi"

Post a Comment