9 Ide Menemukan Nama Cafe yang Unik

Bisnis makanan merupakan sektor bisnis yang cukup diminati oleh masyarakat baik muda maupun tua, khusunya cafe. Hal ini dibuktikan dengan naiknya angka pertumbuhan cafe dari tahun ke tahun di sejumlah daerah di Indonesia.

Seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat dalam menikmati atau mengkonsumsi makanan dan minuman, membawa para pelaku usaha kuliner untuk lebih kreatif dalam menemukan ide-ide baru, khususnya mengenai cafe. Salah satu ide untuk membedakan cafe satu dengan yang lainnya adalah pemilihan nama cafe. Pilihlah nama cafe yang unik dan menarik sehingga membuat orang merasa tertarik untuk mendatanginya.

Sebelum dijabarkan mengenai tips memilih ide nama cafe yang unik, sebaiknya ketahui dahulu apa itu definisi cafe.



Apa itu Cafe Unik?

Kata CafĂ© berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti (minuman) kopi. Kemudian, diserap ke dalam bahasa Indonesia dan berarti sebagai tempat minum kopi dan produk minuman lainnya yang pengunjungnya dihibur dengan musik. Bahkan saat ini Cafe tidak hanya menyediakan minuman, melainkan produk makanan ringan sampai makanan berat juga disediakan untuk para pengunjungnya. 

Unik merupakan segala sesuatu yang sangat jarang dijumpai seseorang atau bisa dikatakan sebagai suatu hal yang spesial atau lain dari pada yang lain, baik itu untuk dinyatakan pada seseorang, suatu bentuk, jenis dan hal sebagainya. 

Keberadaan cafe khususnya di sejumlah kota di Indonesia sudah sangat menjamur dan dapat ditemukan dimana-mana dengan berbagai desain bangunan rumahan, klasik hingga modern. Oleh karena itu cafe perlu memiliki sesuatu ‘pembeda’ yang dapat membuat konsumen mau berkunjung dan membeli produk makanan atau minuman yang dijualnya. Salah satu untuk menciptakannya, kamu dapat menggunakan nama cafe yang unik sebagai daya tarik promosinya.

Tips Memilih Ide Nama Cafe yang Unik



Nama merupakan identitas yang bisa menjadi daya tarik suatu cafe, terutama di tengah persaingan usaha yang semakin ketat. Karena nama cafe tersebut akan membentuk citra merek. Citra merek dari cafe dapat menjadi ukuran keeksisan cafe tersebut di kalangan masyarakat sehingga dapat menarik para konsumen untuk mencobanya.

Penggunaan nama cafe atau coffee shop di Indonesia sebagian besar sudah mengandung nama yang unik dan kreatif sebagai bentuk ciri khas coffee shop tersebut. Dalam menamai usaha cafe, para pelaku bisnis memberikan nama usahanya dengan berbeda-beda. Ada yang menyematkan nama pemiliknya, ada yang meletakkan unsur kedaerahan, ada yang memakai bahasa asing, dan hal-hal lainnya. 

Berikut ini adalah 9 tips memilih nama cafe unik yang bisa kamu terapkan untuk usaha coffee shop-mu.

1. Menggunakan Nama Tokoh

Setelah menemukan kekhasan dari cafe yang akan kamu bangun, selanjutnya kamu bisa memilih nama cafe menggunakan nama seorang tokoh terkenal dan berpengaruh. Harapannya sama, yakni cafemu nantinya juga banyak diminati oleh sejumlah orang atau kalangan. Sebagai contoh nama cafe yang unik dengan melibatkan nama tokoh adalah Cafe Gus Dur, Cafe Jokowi, Cafe Salman, dan lain sebagainya.

2. Menggunakan Bahasa Asing

Kamu dapat membuat nama brand berasal dari bahasa asing. Namun, yang perlu diingat adalah gunakan bahasa asing yang mudah diucapkan dilidah banyak orang. Jangan karena ingin terlihat keren dan modern kemudian menggunakan nama dengan bahasa yang jarang diketahui orang. Atau jika sulit diucapkan, kamu juga bisa kok menggunakan nama cafe yang berasal dari bahasa asing namun ditulis dalam bentuk bahasa Indonesia. Misalnya, Cafe Diskuupi, Bebys Coffee, Start With Coffee, dan lain sebagainya.

3. Menggunakan Unsur-Unsur Tradisi atau Budaya Kedaerahan

Banyak pemilihan nama brand – brand cafe unik tersebut yang menggunakan unsur kedaerahan. Nama brand cafe yang menyisipkan nama tradisi suatu daerah disebut dengan indikasi geografis ( IG ). Sebagai contoh, Osing Deles Cafe and Resto, Warkop Gandrung, dan sebagainya.

4. Mengandung Bahasa daerah

Indonesia memiliki bahasa Daerah yang sangat beragam. Bahasa daerah ini bisa menjadi sumber ide nama unik untuk cafe yang akan kamu dirikan. 

Jangan mengira jenis usaha yang menggunakan nama dari bahasa daerah hanya bisa terkenal di dalam daerah itu saja lho. Nama usaha cafe dengan bahasa daerah akan terdengar unik di telinga orang. Sebagai contoh Kedai Kopi Kulo, Kopi Wolu, Kopi Wae, Cafe Kulonuwon, dan lain sebagainya.

5. Mengandung Makna

Kamu bisa memberikan filosofi tersendiri yang unik dengan makna pada pemilihan nama cafe usahamu. Akan tetapi, sebagian orang kadang merasa kebingungan bagaimana cara untuk memilih nama brand cafe yang unik dan memiliki makna tertentu. Jika toko bangunan atau furniture tidak jauh-jauh dengan nama "Berkah" dan "Jaya, tak ada salahnya kamu menyisipkan kata-kata tersebut untuk usaha cafe-mu. 

Sebenarnya, kamu bisa memilih nama yang sekiranya sederhana, namun memiliki makna tersendiri. Jika memungkinkan, pilihlah jenis nama brand cafe yang bermakna luas, hal ini penting untuk diperhatikan, khususnya ketika suatu waktu kamu ingin melakukan ekspansi bisnis.

Sebagai contoh, Kopi Kenangan, Kopi Teman Mikir, Cafe Berkah, Cafe Jaya, dan lain sebagainya.


6. Menggunakan Nama Pemiliknya atau Nama Julukan

Sering kita temui nama-nama usaha yang mengunakan nama pemilik atau julukannya, dan bahkan bisa memakai nama anaknya. Tak terkecuali dengan nama usaha cafe. Misalnya saja Cafe Pak Kumis, Noah Cafe and Resto, dan lain-lain.

7. Menggunakan Tempat Penjualan

Bisnis cafe biasanya menyertakan nama tempat, kota, provinsi atau pulau tempat berdirinya perusahaan. Misalnya Cafe Pejuang Surabaya. Warkop Kalijudan, dan lain sebagainya.

8. Mengkombinasikan dengan Angka

Memilih nama brand cafe dengan melakukan kombinasi antara angka dan huruf merupakan cara unik agar cafe tersebut mudah diingat. 

Jadi nama brand cafe seperti ini akan terlihat lebih fresh, unik dan menarik sehingga masyarakat akan lebih mudah mengingatnya.

Bagi kamu yang masih percaya dengan angka keberuntungan, dapat menjadikan atau meyisipkan angka yang kamu sukai pada nama usaha cafe-mu. Dengan harapan angka keberuntungan tersebut dapat  memberi keberuntungan pada usaha cafe di masa depan. Sebagai contoh, Cafe 5 Waktu, Cafe 1001, dan lain-lain. 

9. Dapatkan Inspirasi dari GoFood atau GrabFood

Sebagai tips tambahan untuk mencari inspirasi kamu dapat menggunakan aplikasi GoFood atau GrabFood. Kamu bisa melakukan searching atau pencarian minuman yang akan kamu cari, nah nanti akan ditampilkan nama-nama cafe yang menjual minuman tersebut. Dari situ, kamu bisa menggunakan teknik ATM, yaitu Amati, Tiru, dan Modifikasi.

Itulah ulasan mengenai tips memilih nama cafe yang unik. Pemberian nama dalam sebuah bisnis sangat dibutuhkan, termasuk usaha coffee shop ini. Pentingnya menciptakan nama cafe yang pertama adalah harus mudah diingat masyarakat, yang kedua nama cafe sebaiknya memperkenalkan produk apa yang hendak dijual, yang ketiga nama cafe yang dibuat harus membedakan dengan usaha bisnis coffee shop lainnya dan yang terakhir nama cafe sebaiknya unik sehingga akan sering dibicarakan oleh masyarakat. 

0 Response to "9 Ide Menemukan Nama Cafe yang Unik"

Post a Comment