Contoh Nota Penjualan

Nota penjualan adalah bagian dari alat tulis kantor yang sangat penting dan wajib dimiliki oleh setiap pemilik toko. Dari usaha kecil sampai usaha berskala besar, bahkan online shop pun membutuhkan nota penjualan/pembelian ini untuk mengendalikan stok barang yang tersedia di toko tersebut.

Sebenarnya nota penjualan ini dapat kamu beli langsung di minimarket atau toko stationery. Namun, nota-nota yang dijual tersebut adalah nota-nota yang tidak memiliki kop nota. Apabila kamu memiliki suatu usaha dan menginginkan nota yang pada bagian kepalanya terdapat logo, nama, alamat serta kontak perusahaan, kamu dapat membuatnya sendiri lho. 

Di bawah ini akan kami berikan contoh nota penjualan/pembelian dan cara membuatnya.



Fungsi Nota Penjualan


Secara umum fungsi dari nota adalah sebagai tanda jual beli secara kontan. Dengan nota penjualan ini, maka pemilik toko dapat melihat produk barang/ jasa apa yang sudah berhasil dijual, berapa harga dan jumlahnya

Nah, selain untuk mengetahui berapa barang/jasa yang berhasil dijual, nota penjualan juga memiliki fungsi penting yang lebih luas lagi, yaitu:

1. Sebagai Catatan Stok Barang

Fungsi penting nota penjualan yang pertama adalah berfungsi untuk mengisi catatan stok barang. Dengan pencatatan stok secara manual, maka ketika ada pembelian, mereka akan merekap dan menghitung kembali barang-barang yang sudah berhasil dijual dengan mencocokan nota penjualan tersebut.

Jika stok produk/barang yang tersisa tidak sesuai dengan buku catatan, maka nota penjualan tersebut dapat digunakan pemilik toko untuk merevisi ketidaksesuaian tersebut.

2. Sebagai Laporan Penjualan atau Alat Monitoring

Fungsi selanjutnya dari nota penjualan adalah sebagai laporan penjualan kepada atasan. Sebagai contoh, saat dilakukan pengecekan stok barang terjadi selisih antara di buku catatan dengan stok asli. Ternyata, terdapat penjualan di nota yang belum dicatat dalam buku.

Fungsi ini juga bisa dinamakan sebagai monitoring. Misalnya, ketika seorang karyawan melaporkan jumlah produk apa saja yang terjual kepada atasannya, tentu saja dia harus menyertakan nota tersebut sebagai bukti.

3. Mencegah Penipuan

Untuk produk-produk barang bergaransi, pemilik toko umumnya menyertakan nota ketika ada pembelian barang. Nota ini bisa difungsikan untuk mencegah penipuan klaim garansi dari pihak customer yang tidak bertanggung jawab. 


Contoh Nota Penjualan Barang dan Cara Membuatnya


Berikut merupakan beberapa contoh nota penjualan produk/barang:




Tertarik untuk membuat nota seperti contoh nota penjualan seperti di atas? 

Untuk membuat nota penjualan, kamu dapat memanfaatkan software Ms. Excel. 

Yang harus diperhatikan saat membuat nota penjualan adalah bagian tabel yang diisi dengan nomor transaksi/nota, tanggal, nama pembeli, nama barang terjual, jumlah banyaknya, harga, dan jumlah harga dan tanda terima.

Lebih mudahnya, silahkan unduh template nota penjualan berikut ini. Dan cukup mengganti logonya, lalu mencetaknya.

Sementara itu untuk ukuran kertas nota, kamu dapat menyesuaikan dengan template tersebut di atas.

0 Response to "Contoh Nota Penjualan"

Post a Comment