Modernisasi: Syarat dan Ciri Masyarakat Modern, dan Dampak Positif dan Negatifnya

Istilah modernisasi sering disalah artikan sebagai westernisasi. Nyatanya, modernisasi merupakan perubahan di kalangan masyarakat yang bergerak dari keadaan yang bersifat tradisional menuju kepada suatu masyarakat yang modern.

Lalu, apa saja ciri-ciri masyarakat modern? Dan apa saja dampak positif dan negatifnya dari modernisasi ini? Berikut ini ulasannya.



Apa itu Modernisasi?

Modernisasi berasal dari kata modern yang berarti berkemajuan. Jadi, modernisasi adalah perubahan masyarakat dari keadaan tradisional menuju masyarakat berkemajuan yang rasional dalam segala bidang sehingga taraf hidupnya meningkat secara menyeluruh dan merata.

Syarat-syarat Modernisasi

Sebagai bentuk perubahan sosial, berikut ini terdapat syarat-syarat modernisasi, yaitu:

  1. Cara berpikir harus ilmiah (scientific thinking) di mana terdapat lembaga yang mewadahinya dalam lingkup pemerintahan maupun masyarakat.
  2. Terbentuknya sistem administrasi negara dengan birokrasi yang bersih, inovatif, responsif, akuntabel, dan profesional
  3. Terbangunnya metode dan sistem pengumpulan data yang baik dan teratur yang terpusat pada suatu lembaga atau badan tertentu, misalnya telah berdiri Badan Pusat Statistik (BPS).
  4. Tersedianya sarana komunikasi yang baik sehingga penyebaran informasi melalui media massa dapat berjalan dengan baik.
  5. Terbentuknya struktur organisasi yang baik dan ideal baik organisasi di kalangan masyarakat maupun pemerintahan.

Ciri-ciri Masyarakat Modern

Ciri masyarakat modern memiliki jiwa kemanusian dan nilai peradaban yang tinggi dalam pergaulan hidup bermasyarakat. Berikut ini selengkapnya terkait dengan ciri-ciri masyarakat modern yaitu:

  1. Masyarakatnya memiliki sikap untuk dapat menerima hal-hal baru dan terbuka untuk perubahan
  2. Masyarakat yang demokratis sehingga memiliki keberanian untuk mengutarakan opini terhadap suatu kasus yang sedang menjadi isu penting pemerintahan.
  3. Menghargai waktu lebih banyak berorientasi kemasa depan dari pada masa lalu.
  4. Memiliki perencanaan dan pengorganisasian.
  5. Menghargai harkat hidup manusia lain.
  6. Menjunjung tinggi ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Dampak Positif dan Negatif Modernisasi

Dalam sistem bernegara, modernisasi merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari aktivitas teknologi yang tentunya memiliki dampak positif dan negatif, yaitu:

a. Dampak Positif

  1. Cara berpikir masyarakat yang dahulunya irasional menuju masyarakat yang rasional sehingga tercipta perubahan tata nilai dan sikap yang berkemajuan.
  2. Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga memudahkan masyarakat untuk menjalankan aktivitasnya.
  3. Tingkat taraf kehidupan masyarakat akan lebih baik dengan dibukanya sejumlah industri
    berbantuan teknologi yang maju.
  4. Berkurangnya jumlah pengangguran dengan tersedianya alat produksi, alat komunikasi dan transportasi yang canggih di mana memudahkan masyarakat untuk berinovasi dan membuka peluang usaha baru.

b. Dampak Negatif

  1. Terciptanya pola hidup konsumtif akibat dari perkembangan teknologi industri modern yang mampu menghasilkan lebih banyak produk barang atau jasa. Dengan begitu, masyarakat mudah tertarik untuk mengkonsumsi barang dengan varian produk yang ada, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  2. Masyarakat cenderung bersikap individualistik karena sudah merasa dimudahkan dengan teknologi, tanpa membutuhkan bantuan orang lain dalam aktivitasnya.
  3. Gaya hidup masyarakat yang cenderung kebarat-baratan. Nyatanya, tidak semua budaya barat baik dan cocok diterapkan di Indonesia. Contoh budaya negatif yang mulai menggeser budaya asli Indonesia adalah kehidupan bebas remaja, gaya hidup hedon, dan lain sebagainya.
  4. Terjadinya kesenjangan sosial. Hal ini terjadi karena hanya sebagian masyarakat yang mampu mengikuti arus modernisasi dan globalisasi sehingga akan memperdalam jurang pemisah antara individu dengan individu lainnya.

Itulah ulasan mengenai pengertian modernisasi, syarat-syarat dan ciri masyarakat modern, serta dampak positif dan negatif dari modernisasi ini. Modernisasi ditandai dengan masyarakat yang berkemajuan dengan didukung ilmu pengetahuan dan teknologi. Modernisasi membawa perubahan yang cukup besar dalam perkembangan manusia. Misalnya peradaban yang tumbuh di kota-kota besar. Masyarakat modern cenderung memiliki pola hidup sekuler, di mana tidak sedikit dari mereka yang mengalami gangguan-gangguan psikis seperti stres, depresi dan neurosis. Kondisi ini mengharuskan mereka mencari sebuah cara yang efektif mulai dari penyembuhan dengan medis sampai dengan penyembuhan yang berbasiskan spiritual.

1 Response to "Modernisasi: Syarat dan Ciri Masyarakat Modern, dan Dampak Positif dan Negatifnya"