Mengenal Susenas untuk Menilai Kesejahteraan Masyarakat di Indonesia

Sejumlah data dibutuhkan untuk perencanaan pembangunan sektoral maupun lintas sektoral. Salah satunya adalah data yang diambil melalui Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas). Data dari Susenas ini dapat digunakan oleh pemerintah dalam merencanakan, monitoring dan evaluasi pembanguanan sosial ekonomi penduduk di Indonesia. 



Agar semakin menguatkan data dari Susenas dan sekaligus memperkaya informasi tentang kehidupan sosial ekonomi penduduk di Indonesia, data Susenas tersebut dapat dihubungkan dengan sejumlah set data lainnya, seperti hasil Survei Potensi Desa (Podes) di tingkat kabupaten, Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di tingkat nasional, dan Survei Tenaga Kerja Nasional (Sakernas) untuk kebutuhan data ketenagakerjaan di Indonesia.

Tujuan dan Manfaat Susenas

Secara umum tujuan pengumpulan data melalui Susenas adalah tersedianya data tentang kesejahteraan rumah tangga sehingga pengguna data atau masyarakat mendapatkan gambaran keadaan sosial ekonomi masyarakat itu sendiri yang mencakup antara lain pendidikan, kesehatan dan kemampuan daya beli. 

Sementara itu manfaat dari susenas adalah sebagai berikut: 

  • Tersedianya data pokok tentang kesejahteraan masyarakat pada tingkat kabupaten/kota, yang mana data tersebut sangat dibutuhkan untuk perencanaan, monitoring dan evaluasi keberhasilan pembangunan; 
  • Tersedianya sejumlah data rinci tentang perumahan dan kesehatan masyarakat hingga pada tingkat propinsi. 
  • Tersedianya data rinci tentang kesejahteraan anggota rumah tangga yang meliputi jenjang pendidikan tiap-tiap anggota rumah tangga, kesehatannya, fertilitas/KB, dan data kependudukan menurut golongan umur, jenis kelamin, dan status perkawinan.
  • Tersedianya data rinci tenang konsumsi pengeluaran rumah tangga dalam bentuk nilai rupiah ataupun kuantitas yang dikonsumsi. 
  • Tersedianya data yang dapat digunakan sebagai dasar memperkirakan pola konsumsi penduduk, kecukupan konsumsi gizi, distribusi pengeluaran dan tingkat kemiskinan pada tingkat nasional.
  • Melalui pemanfaatan data Susenas, dapat diketahui kemajuan program pembangunan dan dilakukan evaluasi secara berkala.

Itulah ulasan mengenai apa itu Susenas dan manfaatnya. Pemerintah dalam hal ini Badan Pusat Statistik (BPS) sebaiknya secara berkesinambungan melakukan survei sekaligus memastikan ketersediaan dan kualitas data Susenas ini yang harus tetap dijaga dan ditingkatkan. 

0 Response to "Mengenal Susenas untuk Menilai Kesejahteraan Masyarakat di Indonesia"

Post a Comment