SBR009 Terbit 27 Januari, Dengan Kupon Sebesar 6,3% Per Tahun

Di bulan Januari ini, Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menawarkan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel kepada masyarakat secara online (e-SBN), yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR009. Sementara untuk kupon yang ditawarkan cukup menggiurkan 6,3% per tahun dengan jatuh tempo 2 tahun (24 bulan). Penjualan SBR009 ini bertujuan untuk memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2020. Penerbitan SBR009 menawarkan kupon minimal yang tidak berubah sampai dengan jatuh tempo, cocok bagi kamu generasi milenial.



Masa penawaran SBR009 ini akan ditawarkan mulai 27 Januari 2020 sampai dengan 13 Februari 2020. Ayo tunggu apalagi, setelah gajian sisihkan untuk berinvestasi pada SBR009 ini.

Baca juga: Jadwal Penerbitan SBN Ritel 2020


Tujuan Penerbitan SBR009


Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan SBR009 ini digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 dan perubahannya (jika ada). Secara khusus, hasil penerbitan SBR009 dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.

Kelebihan Berinvestasi di SBR009


Ada sejumlah kelebihan seputar instrumen obligasi negara ritel ini. Berikut kelebihan berinvestasi di SBR009 tersebut.

  1. Investasi di Surat Berhaga Negara sangat aman, karena pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin 100% oleh Pemerintah. Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.
  2. Salah satu kelebihan yang menarik untuk para milenial, SBR009 adalah instrumen investasi surat berharga negara yang bisa dibeli mulai Rp 1 juta dan maksimum pemesanan Rp3 miliar;
  3. Pada saat diterbitkan (Pasar Perdana), kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN;
  4. Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) yang dibayarkan setiap bulan sampai dengan jatuh tempo;
  5. SBR009 merupakan instrumen investasi yang tidak bisa diperdagangkan sewaktu waktu. Namun pembeli tak perlu khawatir karena jalan keluar berupa early redemption, tanpa dikenakan redemption cost
  6. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi Efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan SBR009 mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak;
  7. Real Time Pemesanan SBR009 akan langsung tersimpan di sistem Kementerian Keuangan dan mendapatkan kuota pemesanan.


Cara Pendaftaran



Layanan Mitra Distribusi (MiDis) dengan Sistem Online adalah sebuah portal investasi Surat Berharga Negara Ritel secara online sebagai bentuk kerja sama dengan Kementerian Keuangan, yang memberikan kemudahan akses bagi calon investor untuk dapat melakukan pemesanan Surat Berharga Negara secara Online, hanya dengan datang ke Kantor MiDis pilihan yang dituju pertama kali untuk melakukan registrasi. Prosedur selangkapnya kami jelaskan dibawah ini.

Proses pemesanan pembelian SBR009 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu:

  1. Calon investor melakukan registrasi/pendaftaran melalui sistem online MiDis.
  2. Calon investor melakukan pemesanan SBR009 melalui sistem elektronik MiDis setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi.
  3. Verified order akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) via sistem elektronik MiDis atau email kepada investor. Billing code digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.
  4. Menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBR009 via sistem elektronik MiDis dan email yang terdaftar.

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN. Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi SBR009 yang dirilis pada tanggal 27 Januari 2020.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR009 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi salah satu dari 24 MiDis yang tersedia.  MiDis tersebut yaitu:


  1. OCBC NISP
  2. DBS
  3. Bahana Sekuritas
  4. Modalku
  5. Maybank
  6. PaninBank
  7. Invisee
  8. Trimegah securities
  9. UOB
  10. Investree
  11. Bareksa
  12. Commonwealth Bank
  13. BNI
  14. Mandiri
  15. Tanamduit
  16. Bank BTN
  17. CIMB Niaga
  18. Permata Bank
  19. HSBC
  20. Mandiri Sekuritas
  21. Danamon
  22. Bank BRI
  23. Danareksa Sekuritas
  24. BCA

Pelajari terlebih dahulu seluruh informasi mengenai penawaran SBR009 secara seksama sebelum Anda melakukan investasi. Keputusan untuk membeli SBR009 ini seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan investasi dan tingkat toleransi Anda terhadap risiko investasi.

0 Response to "SBR009 Terbit 27 Januari, Dengan Kupon Sebesar 6,3% Per Tahun"

Post a Comment