SBR008 Instrumen Investasi untuk Milenial 5 – 19 September 2019

Pemerintah kembali menawarkan instrumen Surat Utang Negara (SUN) ritel kepada masyarakat secara online (e-SBN) dengan tingkat kupon mengambang yaitu Savings Bond Ritel (SBR) seri SBR008. Penjualan SBR008 ini digunakan untuk memperluas basis investor dalam negeri dengan menyediakan alternatif investasi dan mendukung terwujudnya keuangan inklusif serta memenuhi sebagian pembiayaan APBN 2019. Penerbitan SBR008 menawarkan kupon minimal yang tidak berubah sampai dengan jatuh tempo, cocok bagi kamu generasi milenial.



Masa penawaran SBR008 ini akan berlangsung selama 15 hari yakni dari 5 September 2019 hingga 19 September 2019. Adapun pemerintah menargetkan Rp 2 triliun dari penjulan SBR008. 

Tujuan Penerbitan SBR008

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil penerbitan SBR008 ini digunakan untuk pemenuhan target pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2019 dan perubahannya (jika ada). Secara khusus, hasil penerbitan SBR008 dimanfaatkan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan.

Kelebihan Berinvestasi di SBR008

Ada sejumlah kelebihan seputar instrumen obligasi negara ritel ini. Berikut kelebihan berinvestasi di SBR008 tersebut. 

  • Investasi di Surat Berhaga Negara sangat aman, karena pembayaran kupon dan pokok sampai dengan jatuh tempo dijamin 100% oleh Pemerintah. Dasar hukumnya adalah Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2008 tentang Surat Berharga Syariah Negara.
  • Salah satu kelebihan yang menarik untuk para milenial, SBR008 adalah instrumen investasi surat berharga negara yang bisa dibeli mulai Rp 1 juta;
  • Pada saat diterbitkan (Pasar Perdana), kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN;
  • Kupon mengambang dengan jaminan kupon minimal (floor) yang dibayarkan setiap bulan sampai dengan jatuh tempo;
  • SBR008 merupakan instrumen investasi yang tidak bisa diperdagangkan sewaktu waktu. Namun pembeli tak perlu khawatir karena jalan keluar berupa early redemption, tanpa dikenakan redemption cost. Dengan fasiltas ini, investor bisa mencairkan SBR008 hingga 50 persen nilai kupon sebelum jatuh tempo. Biasanya fasiltas ini berlaku untuk investor dengan minimal kepemilikan Rp 2 juta;
  • Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain, antara lain jaminan dalam pengajuan pinjaman pada bank umum, lembaga keuangan lainnya, atau jaminan dalam rangka transaksi Efek. Kebijakan peminjaman atau penjaminan SBR008 mengikuti ketentuan dan persyaratan yang berlaku pada masing-masing pihak;
  • Seperti surat berharga negara lainnya, SBR008 diluncurkan agar pemerintah mendapatkan dana  investasi dari masyarakat. Rencananya uang itu akan digunakan untuk membiayai berbagai proyek pembangunan nasional di APBN 2019;
  • Real Time Pemesanan SBR008 akan langsung tersimpan di sistem Kementerian Keuangan dan mendapatkan kuota pemesanan.

Cara Pendaftaran

Layanan Mitra Distribusi (MiDis) dengan Sistem Online adalah sebuah portal investasi Surat Berharga Negara Ritel secara online sebagai bentuk kerja sama dengan Kementerian Keuangan, yang memberikan kemudahan akses bagi calon investor untuk dapat melakukan pemesanan Surat Berharga Negara secara Online , hanya dengan datang ke Kantor MiDis pilihan yang dituju pertama kali untuk melakukan registrasi. Prosedur selangkapnya kami jelaskan dibawah ini.

Proses pemesanan pembelian SBR008 secara online dilakukan melalui 4 tahap yaitu:

  • Calon investor melakukan registrasi/pendaftaran melalui sistem online MiDis.
  • Calon investor melakukan pemesanan SBR008 melalui sistem elektronik MiDis setelah membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi.
  • Verified order akan mendapatkan kode pembayaran (billing code) via sistem elektronik MiDis atau email kepada investor. Billing code digunakan untuk penyetoran dana sesuai pemesanan.
  • Menerima bukti konfirmasi kepemilikan SBR008 via sistem elektronik MiDis dan email yang terdaftar

Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN. Sebelum melakukan pemesanan pembelian, setiap calon investor kiranya telah memahami Memorandum Informasi SBR007 yang dirilis pada tanggal 5 September 2019.

Masyarakat yang berminat untuk berinvestasi di SBR008 saat ini sudah dapat melakukan registrasi dengan cara menghubungi 20 Mitra Distribusi yang telah ditetapkan melayani pemesanan pembelian secara langsung melalui sistem elektronik (layanan online).

Pelajari terlebih dahulu seluruh informasi mengenai penawaran SBR008 secara seksama sebelum Anda melakukan investasi. Keputusan untuk membeli SBR008 ini seyogyanya disesuaikan dengan kebutuhan investasi dan tingkat toleransi Anda terhadap risiko investasi.

0 Response to "SBR008 Instrumen Investasi untuk Milenial 5 – 19 September 2019"

Post a Comment