Fungsi dan Ketentuan Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)

Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond) adalah surat jaminan yang berfungsi untuk menjamin pelaksanaan Pekerjaan Pemeliharaan yang diberikan oleh penyedia Pekerjaan Konstruksi atau Pengadaan Jasa Lainnya guna memperbaiki kerusakan-kerusakan pekerjaan setelah pelaksanaan pekerjaan selesai sesuai dengan yang diperjanjikan dalam kontrak. Jaminan Pemeliharaan ini tidak digunakan dalam Pengadaan Barang dan Jasa Konsultansi.


Jaminan Pemeliharaan ini berlaku mulai dari pekerjaan pemeliharaan sampai dengan 14 (empat belas) hari kerja setelah masa pemeliharaan selesai.

Besaran nilai Jaminan Pemeliharaan sebesar 5%  (lima perseratus) dari nilai Kontrak atau dapat pula berupa uang retensi sebesar 5% dari nilai pekerjaan setelah menyelesaikan 100% atas proyek pekerjaanya (Telah diterbitkan Berita Acara Serah Terima Pekerjaan).

Dalam hal masa pemeliharaan berakhir pada tahun anggaran berikutnya yang menyebabkan retensi tidak dapat dibayarkan, maka uang retensi dapat dibayarkan dengan syarat Penyedia menyampaikan Jaminan Pemeliharaan senilai uang retensi tersebut.

Untuk jaminan pemeliharaan, jaminan yang dicairkan dapat digunakan oleh Pejabat Penandatangan Kontrak untuk melaksanakan perbaikan dalam masa pemeliharaan. Nilai pencairan jaminan paling  tinggi sebesar nilai jaminan.


5 Responses to "Fungsi dan Ketentuan Jaminan Pemeliharaan (Maintenance Bond)"

  1. barangkali butuh jaminan baik bank garansi maupun asuransi untuk jaminan proyek,kita bisa bantu penerbitan tanpa agunan untuk semua jenis jaminan.
    untuk info lebih lanjut 0853-7976-5669
    website https://www.bankgaransi.id

    ReplyDelete
  2. Klu untuk pengadaan barang Tik apakah ada jaminan pemeliharaan????

    ReplyDelete
  3. bagai mana proses pencairan jaminan pemeliharaan... langkah langkah nya

    ReplyDelete
  4. Great things you’ve always shared with us. Just keep writing this kind of posts.The time which was wasted in traveling for tuition now it can be used for studies.Thanks Unterhaltsreinigung Göttingen

    ReplyDelete
  5. Untuk tender saya biasa juga seperti ini. Jika masuk ke proyek kecil sieh ga perlu. Pintu Geser Aluminium

    ReplyDelete