Simulasi Soal dan Kunci Jawaban Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa


Pengadaan.web.id - Kisi-kisi soal ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa pemerintah (PBJP) merupakan gambaran dari materi pelajaran yang akan diujikan. Simulasi ujian sertifikasi PBJP ini bisa dipergunakan oleh para calon peserta ujian untuk mempersiapkan diri secara lebih terarah pada materi yang diperkirakan bakal muncul dalam tes ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa LKPP dan juga berguna bagi mereka pejuang CPNS yang akan menghadapi tes seleksi kompetensi bidang (SKB), khususnya yang mengambil formasi pengelola PBJ. Namun, sebelumnya kami akan memberikan beberapa tips persiapan lolos ujian sertifikasi PBJ LKPP dengan diikuti soal dan kunci jawaban ujian sertifikasi Ahli Pengadaan Barang/Jasa. Berikut dibawah ini tips persiapan menghadapai ujian sertifikasi.


Tips Persiapan Ujian Sertifikasi Ahli PBJ
  1. Membaca sampai selesai Perpres No.16/2018 berikut aturan turunannya minimal 1 kali.
  2. Merangkum Perpres 16/2018 terkait pengadaan barang jasa mulai dari perencanaan hingga penyelesaian kontrak. Bila tidak sempat merangkum sendiri, maka bisa membaca materi rangkuman di website Pengadaan.web.id.
  3. Latihan-latihan soal baik secara sendiri-sendiri maupun belajar berkelompok. Cukup banyak tersedia kumpulan soal dan pembahasan terkait ujian sertifikasi pengadaan barang jasa LKPP baik di buku-buku maupun dapat diunduh dari internet. (Dibawah akan kami berikan salah satu contoh soal ujian sertifikasi ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah)
  4. Ujian Sertifikasi bersifat open book, sehingga peserta ujian diperbolehkan untuk membuka buku untuk mencari jawaban namun hanya buku terkait peraturan pengadaan barang jasa dan modul-modul pengadaan barang jasa yang boleh dibawa masuk kedalam ruangan. Latihan soal dan jawabannya tidak diperbolehkan untuk dibawa. Tandailah materi-materi penting dalam buku tersebut agar mudah ditemukan saat dibutuhkan.
  5. Istirahat yang cukup sebelum deadline ujian datang. Jika perlu konsumsi vitamin untuk menghindari sakit menjelang datangnya ujian.
Baca juga: Keuntungan Menjadi Pejabat Fungsional

Berikut ini kami sajikan kumpulan soal-soal materi ujian sertifikasi pengadaan barang/jasa LKPP.


Materi Soal Ujian Sertifikasi PBJ

No
Pertanyaan
B
S
1
Salah satu kegiatan dalam perencanaan pengadaan melalui swakelola ialah konsolidasi Pengadaan Barang/Jasa.
2
Jaminan pemeliharaan pengadaan barang/jasa lainnya dikembalikan 14 (empat belas) hari kerja setelah masa pemeliharaan selesai.
3
Pengadaan 100 laptop seharga Rp 700juta yang telah tercantum dalam katalog elektronik dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen.
4
Pelaksanaan Swakelola tipe IV dilakukan berdasarkan kontrak PPK dengan Pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas).
5
Kuitansi dapat digunakan sebagai bentuk kontrak untuk pengadaan barang senilai Rp 15juta.
6
Pada pelaksanaan pemilihan pengadaan perencanaan pembangunan gedung olahraga di Kabupaten X terdapat tahapan sanggah banding.
7
Pemeriksaan administrasi hasil pekerjaan pengadaan barang melalui e-purchasing paling banyak Rp 200juta dilaksanakan oleh PPHP.
8
Agen pengadaan adalah UKPBJ atau Pelaku Usaha yang melaksanakan sebagian atau seluruh pekerjaan Pengadaan Barang/Jasa yang diberi kepercayaan oleh Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah sebagai pihak pemberi kepercayaan.
9
Pemilihan produk katalog elektronik dilakukan dengan metode tender atau seleksi.
10
Salah satu etika dalam pengadaan barang/jasa ialah tidak saling mempengaruhi baik langsung maupun tidak langsung yang berakibat persaingan usaha tidak sehat.
11
Dalam Kontrak Lumsum pembayaran didasarkan pada tahapan produk yang dihasilkan sesuai dengan kontrak.
12
Salah satu kebijakan Pengadaan Barang/Jasa ialah mendukung pelaksanaan penelitian dan pemanfaatan barang/jasa hasil penelitian.
13
Menyusun sasaran, rencana kegiatan, jadwal pelaksanaan, dan rencana biaya merupakan tugas tim perencana dalam penyelenggaraan swakelola.
14
Pokja Pemilihan menetapkan pemenang pemilihan/Penyedia untuk paket pengadaan barang senilai Rp 145Miliar.
15
Metode dua file digunakan untuk Pengadaan Barang/Pekerjaan Konstruksi/Jasa lainnya yang menggunakan metode evaluasi harga terendah.
16
Pokja Pemilihan/Pejabat Pengadaan wajib dijabat oleh Pengelola Pengadaan Barang/Jasa paling lambat 31 Desember 2020.
17
Pascakulifikasi pada pelaksanaan pemilihan tender pada pengadaan barang dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan evaluasi penawaran dengan menggunakan metode sistem gugur.
18
Tender/Seleksi Internasional dapat dilaksanakan untuk Pengadaan Jasa Konsultansi dengan nilai paling sedikit di atas Rp 50Juta.
19
Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan LKPP memperluas peran serta usaha kecil dengan mencantumkan barang/jasa produksi usaha kecil dalam katalog elektronik.
20
Dalam penyusunan spesifikasi teknis/KAK dimungkinkan penyebutan merek terhadap suku cadang.
21
Penyusunan HPS pada tender pekerjaan terintegrasi tidak menjadi dasar perhitungan besaran kerugian negara.
22
Pada pelaksanaan Swakelola tipe II, PA/KPA menandatangani Kontrak dengan Ketua Tim Pelaksana Swakelola sesuai dengan kesepakatan kerja sama.
23
Pemaketan Pengadaan Barang/Jasa dilakukan salah satunya dengan berorientasi pada kemampuan Pelaku Usaha.
24
Uang muka dapat diberikan untuk persiapan pelaksanaan pekerjaan, paling tinggi 20% dari nilai kontrak untuk Penyedia Jasa Konsultansi.
25
Metode evaluasi Pagu Anggaran hanya digunakan untuk ruang lingkup pekerjaan sederhana yang dapat diuraikan dengan pasti dalam KAK dan penawaran tidak boleh melebihi Pagu Anggaran.

Untuk mendapatkan kumpulan soal dan kunci jawaban ujian sertifikasi ahli pengadaan barang/jasa yang lainnya, sebelumnya Anda harus menyukai/like fanspage facebook kami Berita Pengadaan Realtime. Kemudian kirimkan pesan "Saya Siap Lulus Ujian Sertifikasi PBJ" melalui Fanspage Berita Pengadaan Realtime, dengan begitu Kami akan mengirimkan soal Ujian Sertifikasi PBJ. Nanti, Tim Pengadaan.web.id akan mengirimkan file/dokumen materi ujian sertifikasi PBJ LKPP.