KAK Pengadaan CCTV

Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pengadaan CCTV ini merupakan salah satu dokumen pendukung dalam pengalokasian anggaran untuk pekerjaan belanja modal CCTV di salah satu SKPD lingkungan Pemerintah Daerah. Dokumen KAK sendiri diajukan sebagai salah satu acuan perencana anggaran untuk menguji kelayakan pendanaan bagi kegiatan belanja dimaksud, apakah memang dibutuhkan oleh masyarakat ataukah tidak CCTV di wilayahnya.

Berikut ini Contoh Susunan Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pengadaan CCTV di Pasar Grosir Ikan Muara Angke, semoga bermanfaat.

Latar Belakang

Pasar Ikan Muara Angke merupakan tempat pusat kegiatan pemasaran ikan di DKI Jakarta, dimana ikan yang dijual dapat dalam jumlah kecil (eceran) ataupun besar (grosir). Ikan yang terdapat di Pasar Ikan Muara Angke berasal dari ikan hasil tangkapan laut (TPI Muara Angke dan Muara Baru) ataupun ikan yang berasal dari luar daerah Jakarta (Cilacap, Tuban, Pekalongan, Lampung, Tegal dan lainnya). Sejak tahun 2012 dilaksanakan pembangunan struktur Pasar Grosir Ikan baru pada lahan seluas (102 x 130) m2 yang terletak di sebelah barat pasar grosir ikan lama, dengan tujuan mewujudkan sistem pemasaran ikan yang saniter dan higienis. Untuk menunjang hal tersebut tentunya diperlukan penyediaan sarana dan prasarana pemantauan dan monitoring agar kondisi tetap terjaga sesuai dengan standar yang telah ditentukan. 

 Pada tahun 2014, UPT. PKPP & PPI Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi DKI Jakarta berencana melakukan kegiatan Pengadaan CCTV berupa pengadaan peralatan sekaligus pemasangan instalasinya. Agar dalam pelaksanaan pengadaan CCTV harus benar-benar dilakukan dengan baik dan sesuai dengan apa yang telah direncanakan serta sesuai dengan ketentuan teknis pengadaan aset pemerintah dan prosesnya dapat berlangsung dengan arah yang benar, maka tahap pelaksanaan pengadaan CCTV diserahkan kepada pihak ketiga yaitu Pelaksana Pengadaan Barang. Kontraktor Pelaksana akan melakukan pelaksanaan pengadaan barang yang menyangkut beberapa aspek, antara lain mutu, spesifikasi barang, volume, waktu dan biaya. Disamping itu juga bertanggungjawab atas semua kegiatan selama pelaksanaan berlangsung. Secara kontraktual, Kontraktor Pelaksana bertanggung jawab kepada Kepala UPT. PKPP dan PPI selaku Pengguna Anggaran. Namun dalam kegiatan operasional, Kontraktor Pelaksana akan mendapat bantuan dan bimbingan untuk menetukan arah pengadaan barang dari Pejabat Pembuat Komitmen.

MAKSUD DAN TUJUAN

Mengingat maksud dan tujuan pengadaan CCTV untuk mewujudkan ketertiban pasar ikan dan meningkatkan monitoring kegiatan di lingkungan Pasar Grosir, maka diharapkan pihak pelaksana dapat melaksanakan tanggung jawabnya dengan baik untuk menghasilkan barang yang sesuai spesifikasi dan memadai.

Maksud dari pelaksanaan pekerjaan pengadaan CCTV adalah sesuai dengan yang telah direncanakan dari sisi kualitas, volume, biaya dan ketepatan waktu pelaksanaan pekerjaan, sehingga dicapai pengadaan barang dan kelengkapannya yang sesuai dengan dokumen pengadaan (BQ) yaitu memenuhi syarat-syarat teknis meliputi aspek persyaratan administrasi dan umum, spesifikasi teknis, spesifikasi khusus, gambar/brosur dan rincian volume pekerjaan dan biaya.

Tujuan yang ingin dicapai adalah agar pekerjaan pengadaan dilaksanakan secara matang sehingga mampu mewujudkan barang untuk CCTV sesuai dengan yang diinginkan dan dapat dimanfaatkan secara maksimal.

SASARAN

Pelaksana pihak ketiga pada hakekatnya bertugas melaksanakan dan mewujudkan pengadaan sesuai dengan persyaratan teknis, berdaya guna dan bermanfaat. Oleh sebab itu, dalam proses pengadaan diharapkan selalu berpedoman pada dokumen pengadaan dan berkoordinasi dengan konsultan pengguna (user). Adapun pengadaan ini meliputi alat bantu pembersih lantai pasar.

LOKASI KEGIATAN

Lokasi pengadaan CCTV terletak di Pasar Grosir Ikan Muara Angke, Pelabuhan Perikanan Muara Angke, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan Jakarta Utara.

RUANG LINGKUP PEKERJAAN/SPESIFIKASI TEKNIS

Lingkup Pekerjaan pengadaan pengadaan CCTV adalah perlengkapan sekaligus pemasangannya dengan sepesifikasi barang, sebagai berikut :
  • Main Unit
Indoor Dome IR, Outdoor bullet IR, Optical Zoom + brecket, NVR built in 1 TB SATA HDD with DVD RW & HDMI.
  • Instalation Material & Accecories
Small Material (pipe connector), Switch 8 port 10/100 mpbs PoE, UTP Cable Cat5e @305m/roll SATA HDD 2 TB, UPS 800 VA, PVC Pipe 20 mm for cables, LED TV 32 Inch with HDMI.

  • Services
           IP Camera & Cables Installation & Configuration, NVR Configuration & user training.

PENUTUP
  • Apabila terdapat hal-hal yang belum diatur dalam Kerangka Acuan Kerja (KAK/TOR) ini akan ditetapkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.
  • Apabila terdapat hal-hal yang bertentangan atau berlainan dengan ketentuan pedoman, kebijaksanaan maupun dalam kerangka acuan (TOR) ini akan diteliti dan ditinjau kembali

Demikian Kerangka Acuan Kerja (KAK/TOR) ini untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya

7 Responses to "KAK Pengadaan CCTV"

  1. ok, ini sangat membantu. jadi KAK tuh ga selalu harus berbentuk tabel dll ya ?

    ReplyDelete
  2. The writer has outdone himself this time. It is not at all enough; the website is also utmost perfect. I will never forget to visit your site again and again. Melbourne CCTV systems

    ReplyDelete
  3. I visit your blog regularly and recommend it to all of those who wanted to enhance their knowledge with ease. The style of writing is excellent and also the content is top-notch. Thanks for that shrewdness you provide the readers! Melbourne CCTV

    ReplyDelete
  4. Fabulous post, you have denoted out some fantastic points, I likewise think this s a very wonderful website. I will visit again for more quality contents and also, recommend this site to all. Thanks. spy cam

    ReplyDelete
  5. Outdoor CCTV cameras work by a video transmitter running to a receiver. This will allow the view from the areas it was aimed at, such as in a parking lot, a store counter, or a door entrance. The camera then makes it possible for the surveillance of any person, transaction, and movement by sending a visual signal through the lenses back to the monitor that is connected directly to the system. In some cases, the cameras are remotely operated, while others rely on the surveillance of someone who is sitting in front of the security monitor. Other cameras may record the area then become stored material only viewed if there is a need, such as a theft or intrusion. Exterior CCTV security cameras all need a power source in order to work, even the remote types of cameras. everything you need to know about access control system.

    ReplyDelete
  6. The Outdoor CCTV Camera is essential for Home Security these days, If you are serious about home security then you will at least need a good CCTV System. CCTV is something we have all seen everywhere we go and it's for good reason and more people are choosing CCTV to protect their homes and businesses. กล้องวงจรปิด ip camera

    ReplyDelete
  7. Say you got a nice post. Thanks Again. Will read on...smart alarm system

    ReplyDelete