Pemkot Batu Berharap ada Anggaran Pengadaan Peralatan Dinas Pemadam Kebakaran Berstandar Internasional


Pengadaan.web.id - Pemkot Batu berencana menaikan status Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran menjadi Dinas Pemadam Kebakaran Kota Batu, Wali kota Batu Eddy Rumpoko hal ini dianggap perlu karena kini Kota Baru menjadi Kota Wisata tempat berkunjung wisatawan nasional dan bahkan internasional. Oleh karenanya harus memiliki peralatan dan sumber daya manusia (SDM) lengkap berstandar keselamatan.

"Artinya, ya pemadam kebakaran tidak sekedar unit penanganan bencana seadanya, tapi harus lebih dari itu yaitu sesuai aturan standar keselamatan," kata Eddy Rumpoko, Rabu (14/9/2016).

Ia menambahkan bahwa perkembangan pembangunan di Kota Batu dewasa ini yang semakin banyak gedung bertingkat harus diikuti dengan kelengkapan sarana pemadam kebakaran. Diantaranya pemadam kebakaran harus memiliki peralatan mobil tangga untuk menjangkau gedung tinggi. Dengan demikian, upaya pemadaman bila terjadi kebakaran digedung tinggi bisa dilakukan dengan cepat.

"Untuk itu, kami sedang pikirkan pengadaan mobil tangga guna melengkapi sarana pemadam kebakaran," ucap Eddy Rumpoko.

Disamping itu, ungkap Eddy Rumpoko, SDM pemadam kebakaran juga harus ditingkatkan kualitasnya. Mereka harus memiliki ketrampilan dan keahlian teknik memadamkan api sesuai situasi dan kondisi bangunan di Kota Batu. Karena bagaimanapun, sebaik apapun peralatan yang dimiliki pemadam kebakaran apabila SDM kurang berkualitas maka peralatan tidak bisa difungsikan secara maksimal.

"Maka dari itu, Dinas Pemadam Kebakaran nantinya harus terus meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki," ucap Eddy Rumpoko.

Memang, diakui Eddy Rumpoko, apabila Kota Batu memiliki Dinas Pemadam Kebakaran yang berkualitas dengan peralatan lengkap akan menjadi jaminan tersendiri bagi pelaku usaha. Terutama pelaku usaha perhotelan, restoran, obyek wisata, dan sebagainya.

Mereka akan merasa tenang dalam menjalankan usahanya bila Pemerintah memiliki sarana keselamatan yang baik.

"Mudah-mudahan saja, dalam APBD tahun depan kami bisa merealisasikan pengadaan peralatan dinas pemadam kebakaran yang berstandar internasional," tutur Eddy Rumpoko.

0 Response to "Pemkot Batu Berharap ada Anggaran Pengadaan Peralatan Dinas Pemadam Kebakaran Berstandar Internasional"

Post a Comment

Contact Us