MCAI Dorong Kemenkeu Wujudkan Organisasi Pengadaan Yang Lebih Maju dan Modern


Pengadaan.web.id - Pusat LPSE menggelar rapat bersama Millennium Challange Account-Indonesia (MCAI). Pertemuan kali itu merupakan tindak lanjut Program Modernisasi Pengadaan (MP) yang sudah dicanangkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu), bersama Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) dan MCAI sejak awal tahun 2016.

Menurut MCAI, desain organisasi pengadaan modern yang seharusnya dimiliki Kemenkeu adalah wujud organisasi yang sentral (mampu mengkoordinasikan seluruh kegiatan pengadaan), permanen, mandiri (bebas intervensi), strategis, efektif dan efisien, serta berorientasi pada pelanggan.

Program MP yang akan diinisiasi di Kemenkeu akan memasuki fase II, dimana hal tersebut berdasarkan seleksi yang dilaksanakan oleh LKPP. Periode program Modernisasi Pengadaan ini berlangsung selama 2 tahun (2016-2018). Program MP ini dilaksanakan dalam rangka reformasi pengadaan, yaitu penguatan lembaga pengadaan, terwujudnya SDM pengadaan yang profesional, menciptakan peran dan fungsi kelembagaan pengadaan, serta mewujudkan pengadaan yang efisien dan efektif melalui pengelolaan kinerja pengadaan yang sistematis.

Melalui program ini, diharapkan kelembagaan pengadaan di Kemenkeu bukan hanya sebagai supporting unit melainkan menjadi “core function” (unit utama). Dengan demikian, diharapkan pengadaan dapat meningkatkan penghematan dan efisiensi belanja pengadaan barang/jasa dengan tetap menjaga kualitas dalam rangka mendukung pelaksanaan pelayanan publik.

Sebagai informasi, rapat tersebut dihadiri oleh Para Praktisi/Ahli Pengadaan/Procurement Expert MCAI yang dipimpin oleh Sonny Sumarsono, dan Para Pejabat serta Pegawai di lingkungan Pusat LPSE yang dipimpin oleh Plh. Kepala Pusat LPSE Dini Kusumawati.

0 Response to "MCAI Dorong Kemenkeu Wujudkan Organisasi Pengadaan Yang Lebih Maju dan Modern"

Post a Comment

Contact Us