Menghadapai Isu Miring Mengenai Keberadaan ULP, LKPP Lantik Kembali Deputi SDM


Jakarta - Kamis (05/11), Kepala LKPP Agus Prabowo melantik Dharma Nursani sebagai Deputi Bidang Pengembangan dan Pembinaan Sumber Daya Manusia yang baru di rooftop lantai X Gedung LKPP. Jabatan yang telah kosong sejak Juli ini sebelumnya diduduki oleh Agus Prabowo yang kini telah berstatus sebagai kepala LKPP. Pelantikan ini didasari untuk menghadapi isu miring mengenai keberadaan Unit Layanan Pengadaan (ULP) sehingga perlu dilakukan pengarahan SDM agar tidak terjerumus kepada penyelewangan anggaran dan perbuatan melawan hukum lainnya.

Adapun Dharma Nursani sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Hukum, Sistem Informasi, dan Kepegawaian. Ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Pengembangan Profesi di bawah kedeputian PPSDM.

Agus berharap agar kepemimpinan yang baru ini dapat semakin mengembangkan dan menyempurnakan kelembagaan maupun SDM pengadaan. Apalagi saat ini makin banyak isu miring mengenai keberadaan Unit Layanan Pengadaan (ULP). “Banyak ya urusannya. Ada pembenahan ULP; ada jabatan fungsional; ada pelatihan yang harus terus-menerus dikembangkan; dan ada ujian yang integritasnya harus dijaga,” ujarnya.

Menurut Agus, komitmen untuk membangun kelembagaan yang bersih perlu dilakukan, di antaranya menghindari terjadinya konflik kepentingan. Selain itu, pengarahan SDM agar menjadi individu yang profesional juga perlu dilakukan agar tidak terjerumus dalam penyelewengan.

Dalam suasana yang hangat itu, Agus juga mengungkapkan ihwal keinginannya menjadikan pegawai LKPP memiliki sikap dan mental yang tangguh dan tidak terjebak dalam zona nyaman.  Sebagai bentuk teladan, ia juga mengisahkan usaha Kopasus yang harus menyelamatkan diri sendiri pada saat demo pendaratan di Pantai Permisan, Nusakambangan.

“Saya ingin menjelaskan bahwa kehidupan kita, pekerjaan kita ini sering secara tidak sadar membuat kita manja, seperti dimanjakan. Apalagi, bagi orang-orang yang memang dari asalnya sudah manja,” pungkasnya.

0 Response to "Menghadapai Isu Miring Mengenai Keberadaan ULP, LKPP Lantik Kembali Deputi SDM"

Post a Comment

Contact Us