Jelang Pilkada, KPU Kebut Pengadaan Surat Suara


Sleman - Pesta demokrasi, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kurang satu bulang lagi. Menjelang pelaksanaan Pilkada di Sleman, Komisi Pemilih Umum ( KPU) Sleman mengebut pengadaan logistik untuk keperluan surat suara.

Adapun logistik yang harus dipersiapkan adalah kelengkapan Tempat Pemungutan Suara (TPS), seperti surat suara. Aswino Wardana selaku Komisioner KPU Sleman Divisi Logistik, Keuangan, Rumah Tangga dan Umum menyampaikan jumlah surat suara yang disiapkan ada 800.191 lembar surat suara yang dicetak oleh pihak ketiga.

"Jumlah 800.191 lembar surat suara tersebut termasuk syarat suara cadangan 2,5 persen dari jumlah pemilih di satu TPS. Selain itu, pihak kami juga mencetak 2.000 surat suara cadangan untuk mengantisipasi jika ada pengulangan pemungutan suara," ungkapnya, Kamis (12/11/2015).

Menurut Aswino pencetakan pengadaan surat suara diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih seminggu. Selanjutnya KPU akan melakukan pendistribusian ke setiap TPS setelah dilakukan pengecekan sebelumnya.

"Pengecekan surat suara tersebut akan dilakulan pensortiran surat suara yang rusak dan memastikan kebutuhan surat suara di masing-masing TPS. Pihak kami akan melibatkan PPK dan PPS dalam pengecekannya," tandas Aswino.

Berbeda dengan penyelenggaran Pilihan legislatif (Pileg) dan Pilihan presiden (Pilpres), dalam pilkada kali ini KPU tidak melibatkan tenaga pelipat. Melainkan pelipatannya dibebankan kepada pihak percetakan yang memenangkan lelang.

Alasan tersebut disampaikan oleh Aswino agar dapat mempercepat proses pengadaan surat suara hingga pendistribusiannya. Dengan hal tersebut, surat suara dapat didistribusikan secara cepat ke masing-masing TPS.

"Kalau menggunakan tenaga pelipat, pihak kami harus menunggu surat suara selesai untuk dicetak, selanjutnya baru bisa dilipat satu per satu. Belum lagi pengecekan yang harus dilakukan. Apalagi bisa menambah biaya buat tukang lipatnya," katanya.

Ketika proses sortir surat suara berlangsung, KPU Sleman akan langsung mempersiapkan logistik lain yang dibutuhkan. Termasuk kotak suara dan bilik pemungutan suara yang akan didistribusikan ke masing-masing TPS di Sleman.

0 Response to "Jelang Pilkada, KPU Kebut Pengadaan Surat Suara"

Post a Comment

Contact Us