7 Pilihan Model Plafon Kamar Tidur dan Bahannya

Keberadaan suatu plafon kamar tidur sangat krusial. Tak heran jika banyak yang mencari plafon kamar tidur berkualitas. Pada dasarnya, Anda bisa memilih berbagai macam plafon sesuai dengan bahan yang digunakan. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. 

Pemilihan dan pemasangan plafon sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan. Termasuk budget yang saat ini Anda miliki. Nah, bagi yang sedang mencari referensi plafon untuk kamar tidur, simak ulasan di bawah ini ya.



Kegunaan Plafon Kamar Tidur

Adapun kegunaan adanya suatu plafon di kamar tidur adalah sebagai berikut. 

  • Sebagai pembatas tinggi sebuah ruangan. 
  • Melindungi ruangan yang ada di bawahnya. 
  • Melindungi ruangan dari tetesan atau rembesan air hujan.
  • Mengatur suhu di dalam kamar agar tidak terlalu dingin atau panas.

Pilihan Jenis Bahan dan Ukuran Plafon Kamar Tidur

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan untuk membangun plafon kamar tidur. Berikut ini adalah urainnya termasuk dengan spesifikasi dan ukurannya.

1. Plafon Triplek

  • Ukuran triplek: 122x244 cm, dengan ketebalan 3, 4, dan 6 mm. 
  • Kelebihan: Pemasangan mudah, stoknya banyak di pasaran, harga murah, dan mudah diganti. 
  • Kekurangan: Mudah rusak terkena rembesan air dan mudah terbakar.

2.GRC Board

  • Ukuran GRC Board: 60x120 cm dan 122x244 cm, dengan ketebalan 4 mm. 
  • Kelebihan: Pengerjaan termasuk mudah, harga murah, ringan, dan lebih tahan rembesan air. 
  • Kekurangan: Seringkali sulit ditemukan di beberapa daerah dan kurang tahan terhadap benturan. 

3. Gypsum

  • Ukuran gypsum: 122x244 cm.
  • Kelebihan: Permukaan lebih rapi dan halus, lebih bernilai estetika. 
  • Kekurangan: Tidak tahan rembesan air, kecuali dengan label water resistance.

4. PVC

  • Ukuran plafon PVC: Panjang 3,4,5,6 meter dengan ketebalan 6-8 mm dan lebarnya 20 cm.
  • Kelebihan: Lebih ringan, lentur, dan tahan lama karena kandungan polymer isosianat di dalamnya. 
  • Kekurangan: Lem kurang rapi, rentan roboh, harga lebih mahal, rentan dimakan tikus, borong rangka.

Model Plafon Kamar Tidur

1. Plafon dengan Aksen Kayu


Siapa sangka, material kayu rupanya bisa menjadi plafon kamar tidur yang dekoratif lho. Pada dasarnya, memang sudah banyak model plafon kayu yang bisa ditemukan. Hal ini karena plafon kayu memang bisa sangat menawan dan berkelas. 

Anda bisa menerapkan plafon dari kayu seperti ini hanya pada bagian langit-langitnya saja. Adapun komponen kayunya sendiri bisa memberikan kesan kontras sekaligus mempesona.

2. Plafon Kamar Tidur Modern


Plafon seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki kamar tidur yang cukup luas. Desain kamar tidur modern akan semakin maksimal dengan penggunaan plafon seperti ini. Pada bagian tengah langit-langit terdapat desain plafon yang terbagi menjadi beberapa bagian. 

Jika dilihat dengan seksama, model plafon ini memang tidak terlalu berlebihan atau dramatis. Anda masih bisa mendapatkan kesan ruangan yang modern sekaligus minimalis. 

Tak heran jika kamar pun nantinya tetap nyaman dan tidak berlebihan. Plafon kamar tidur modern seperti ini lebih disarankan untuk kamar pasangan muda-mudi. 

3. Plafon Minimalis Klasik

Plafon minimalis klasik menjadi salah satu yang paling banyak dipilih dengan aksen tropisnya. Adapun aksen tersebut memang memberikan kesan kamar yang minimalis, klasik, sekaliguns elegan. Mungkin Anda akan sedikit teringat dengan liburan musim panas.

Plafon kamar tidur ini bertema klasik karena memiliki konsep mediterania. Tidak hanya itu, tekstur plafon ini putih bersih sehingga membuat ruangan begitu nyaman. Tak heran jika banyak hotel dan restoran berbintang yang menggunakan konsep plafon seperti ini. 

4. Plafon Kamar Tidur Futuristik




Desain plafon kamar tidur berikutnya adalah futuristik nan minimalis. Konsep ini akan memperkenalkan konsep desain sci-fi. 

Untuk desainnya sendiri, pada dasarnya tidak perlu bersusah payah. Anda hanya memerlukan sedikit sentuhan kurva lalu memainkan tinggi rendahnya plafon kamar tidur ini. Desain plafon ini begitu unik sehingga cocok untuk anak-anak naupun dewasa. Agar lebih berkesan, jangan lupa lengkapi dengan rak-rak senada dan storage di dalamnya. 

5. Plafon Kamar Tidur Bayi Lucu



Nah, model plafon yang satu ini disarankan untuk kamar bayi karena karena bentuknya yang lucu dan minimalis. Hal ini karena penggunaan desain yang unik dengan pilihan warna yang menarik sehingga ruangan kamar lebih ceria dan fresh. 

Jika diperlukan tambahkan kipas angin pada bagian-bagian langitnya sehingga bisa mengatasi suhu udara di dalam kamar.

6. Plafon Kamar Tidur Dreamy


Model plafon dengan nuansa dreamy banyak disukai anak perempuan. Bisa juga untuk wanita dewasa yang menyukai kesan feminine. Anda bisa mengatur gaya interior yang dirancang sesuai selera. Selain itu, di bagian plafon juga bisa ditambahkan motif stensil. 

Misalnya motif floral atau bunga-bungaan, polkadot warna-warni, dan motif lainnya sesuai keinginan penghuni ruangan. 

7. Plafon Kamar Tidur Minimalis




Plafon dengan konsep minimalis memang tidak ada matinya. Plafon seperti ini sanga cocok bagi Anda yang menyukai hal-hal simple di dalam ruangan. Jadi, plafon ini tidak akan memberikan kesan berlebihan pada ruangan. 

Bahkan jika ditambahkan lampu LED sekalipun, plafon kamar tidur minimalis seperti ini tetap berkesan elegan dan mewah. Adapun model plafon ini memang lebih bagus dicat berwarna putih atau krem sehingga membuat penghuni kamar betah. 

8. Plafon kamar tidur dengan desain Hamparan Awan


Pada dasarnya, plafon seperti ini menjadi inspirasi plafon untuk kamar anak. Hamparan awan 3D di plafon akan memberikan kesan kreatif dan membuat si kecil betah. Konsep plafon seperti ini memang membutuhkan daya kreatifitas agar tercipta sebuah plafon sekaligus karya seni. 

Untuk merancang plafon seperti ini, bagian langit-langit diisi lalu sisi dinding kamar dicat dengan warna biru. 

Sedangkan bagian dekoratif berbentuk awan bisa ditambahkan dengan beberapa buah lampu sehingga kesan awan lebih terlihat. Plafon kamar tidur dengan hamparan awan seperti ini dijamin membuat si kecil takjub dan betah tidur di kamar. 

Biaya yang Dibutuhkan untuk Plafon Kamar Tidur

Untuk memasang plafon, Anda harus menyiapkan biaya pembelian plafon dan jasa pemasangannya. Adapun harga plafon kamar tidur memang bervariasi tergantung dari bahan yang digunakan. 

Plafon berbahan gypsum dan PVC biasanya dibanderol mulai Rp60.000-Rp100.000 per lembar. Adapun biaya seluruhnya tinggal dikalikan antara luas plafon x harga per meter. 

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk segera memasang plafon kamar tidur? Sesuaikan luas plafon dan bahan yang dibutuhkan. Jika dana terbatas, disarankan untuk memilih plafon dari bahan triplek saja.

0 Response to "7 Pilihan Model Plafon Kamar Tidur dan Bahannya"

Post a Comment